Tekno

Cara Ketahui Chat WhatsApp Sudah Terbaca atau Belum Meski Centang Biru Tidak Aktif

Minggu, 01 Mei 2022 - 05:43 | 129.00k
Cara Ketahui Chat WhatsApp Sudah Terbaca atau Belum Meski Centang Biru Tidak Aktif
Ilustrasi WhatsApp

TIMESINDONESIA, JAKARTA – WhatsApp adalah salah satu aplikasi layanan tukar pesan yang sangat populer di dunia. Kemudahan penggunaan dan fitur-fitur yang tersedia menjadi alasan mengapa banyak orang menggunakan aplikasi ini.

WhatsApp mempunyai fitur yang memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah pesan yang dikirimkan sudah terbaca atau belum, yakni lewat tanda centang biru. Ketika tanda itu muncul di sisi samping kolom chat, maka berarti pesan telah terkirim dan terbaca.

Namun, tidak semua pengguna menyukai fitur ini. Bagi sebagian pengguna, fitur tanda pesan terbaca ini mungkin sedikit mengganggu. Ada beberapa alasan soal kenyamanan pribadi yang membuat fitur tersebut jadi mengganggu. 

Meski demikian, fitur tanda centang biru ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda mematikan fitur tanda pesan terbaca WhatsApp tersebut, maka Anda juga tidak akan mengetahui apakah pesannya telah dibaca oleh penerima atau belum. 

“Tanda centang pada pesan akan tetap berwarna abu-abu, tidak berubah jadi biru, meski penerima sudah membacanya,” demikian ulasan di careercenter.id

Menonaktifkan fitur ini mungkin akan lebih menjaga privasi penerima pesan. Anda tidak akan dapat memantau kapan penerima membaca pesannya. Hanya saja, pada kondisi tertentu, Anda mungkin bakal menginginkan agar pesannya segera dibaca.

Contohnya, ketika Anda dalam kondisi mendesak dan penting, maka Anda akan bertanya-tanya apakah pesan WhatsApp yang dikirimkan sudah dibaca atau belum. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca atau belum saat penerima pesan menonaktifkan centang biru? Perlu Anda ketahui, cara ini tidak berlaku untuk mengetahui status pesan terbaca di kolom obrolan pribadi. Pengirim yang ingin melihat status pesan terbaca tersebut bisa memanfaatkan fitur yang ada di grup WhatsApp.

Begini caranya:

1). Bikin grup WhatsApp dengan mengundang penerima pesan.

2). Pastikan penerima pesan yang ingin diketahui statusnya tergabung juga berada dalam grup tersebut.

3). Coba kirim pesan di grup tersebut.

4). Tunggu hingga beberapa saat, kemudian ketuk dan tahan pesan yang tadi sudah terkirim, kemudian klik opsi “Info”

5). Pada opsi itu, akan tampil seluruh anggota di grup yang telah membaca pesan tersebut.

6). Anda juga akan melihat apakah penerima pesan yang ingin diketahui statusnya telah membaca kiriman di grup tersebut.

Lewat grup WhatsApp, Anda akan bisa melihat informasi status pesan terbaca dari semua penerima, meskipun mereka menonaktifkan fitur centang biru.
Sejauh ini, cara untuk mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca tapi tidak centang biru, hanya dapat dilakukan dengan cara di atas. 

Sementara itu, WhatsApp baru-baru ini menguji fitur baru untuk mempermudah pengguna yang ingin mengirim pesan ke kontak yang belum tersimpan pada ponselnya. Saat ini, apabila pengguna mendapatkan dan mengklik nomor kontak pada pesan WhatsApp, aplikasi akan mengharuskan pengguna menyimpan nomor tersebut lebih dulu.

Fitur yang diuji WhatsApp tersebut akan memangkas proses penyimpanan nomor. Saat pengguna mengklik nomor kontak yang dikirimkan dari WhatsApp, mereka akan mendapatkan pop up yang menampilkan beberapa pilihan.

Opsi tersebut yakni, menambahkan nomor terkait ke daftar kontak, menelepon, atau mengirimkan pesan. Dengan kata lain, Anda dapat melakukan panggilan telepon atau mengirimkan pesan pada nomor kontak meskipun nomor tersebut belum tersimpan ke daftar kontak.

Opsi ini hanya akan muncul jika Anda menerima nomor kontak yang sudah terdaftar di WhatsApp. Namun, jika nomor tersebut tidak terdaftar di WhatsApp, pengguna hanya akan mendapatkan opsi untuk melakukan panggilan atau menyimpan kontak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

KOPI TIMES