Tekno

Lindungi Kekayaan Indonesia Lewat QR Art

Sabtu, 14 Mei 2022 - 16:32 | 70.99k
Lindungi Kekayaan Indonesia Lewat QR Art
Karya QR Code Mr D One Finger.(Foto: Dok Mr D One Finger)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seniman analog digital Indonesia, Doddy Hernanto atau Mr D One Finger akan menampilkan karya terbarunya pada QR Art Exhibition 2022. Pameran ini sekaligus menjadi pembuka dan pertama di dunia dengan menampilkan karya QR Art.

Sejak berhasil mendapatkan sertifikat HKI tahun 2021 sebagai jejak rekam digital, Mr D terus bersemangat dalam berkarya. Saat ini, ia telah menghasilkan 171 karya seni QR Art yang nanti akan dipamerkan langsung di 5 kota besar. Mulai dari Surabaya, Malang, Semarang, Bali, dan Jakarta.

"Pemeran tahun ini menjadi ajang untuk edukasi seni QR Art, sekaligus menampilkan kekayaan Indonesia," kata Mr D One Finger, Sabtu (14/5/2022).

Mr D One Finger mengatakan karya yang akan ditampilkan dalam pameran ini antara lain, tokoh pahlawan, tokoh nasional, dan hewan-hewan dilindungi. Salah satu karya yang ditampilkan yakni Burung Rangkong Badak dari Kalimantan.

qr.jpg

"Burung Rangkong Badak ini kekayaan alam Indonesia yang sudah hampir punah, dan harus kita lindungi," kata Mr D One Finger.

Mr D One Finger juga menjelaskan inovasi QR Art terinspirasi dari penemuan barcode Norman Joseph Woodland dan Masahiro Hara menyempurnakan menjadi QR Code, pada tahun 1994.

Dari kedua penemuan itu,

Doddy Hernanto menemukan ide briliannya menyuguhkan QR Art yang tidak bisa ditiru oleh siapapun sehingga karya ini menjadi eksklusif bagi penggunanya,karena QR Art adalah gabungan antara analog dan digital dengan balutan seni.

"QR Art ini adalah one piece, yang tidak bisa ditiru. Semua karya tetap berbeda, tergantung codingnya," kata Mr D One Finger.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES