Tekno

Fitur EPG TV Digital Bantu Orang Tua Memilah Tayangan Anak

Sabtu, 18 Juni 2022 - 06:16 | 161.53k
Ilustrasi - Program Tv Digital. (FOTO: Kominfo RI)
Ilustrasi - Program Tv Digital. (FOTO: Kominfo RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu kelebihan siaran tv digital dibandingkan tv analog, ada pada fitur Electronic Program Guide (EPG). EPG adalah fasilitas dalam siaran TV Digital untuk melihat sinopsis, dan kategori usia yang disarankan untuk anak, remaja, atau dewasa. 

Fitur ini menjadi jendela untuk melihat tayangan apa saja yang akan tersaji di televisi. Jika ada tayangan yang tidak sesuai dengan usia dapat langsung dikunci. Fitur inilah yang bisa digunakan para orang tua untuk menyaring tayangan yang pas untuk anak.

Komisioner Bidang Kelembagaan KPI Pusat, Hardly Stefano Fenelon, mengatakan harapannya ada keragaman konten, semakin banyak program siaran, dan saluran yang ramah anak yang menghibur serta mengandung muatan edukatif. 

“TV Digital, semakin jadi pilihan untuk aktivitas bersama keluarga. Semua manfaat tersebut diatas bisa dirasakan masyarakat bila beralih ke siaran TV Digital,” kata Hardly. 

Seperti yang diketahui, saat ini Migrasi tv analog ke tv digital merupakan program yang sedang dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI). Program peralihan TV analog atau Analog Switch Off (ASO) ke TV digital ini secara bertahap dilakukan di seluruh daerah, dan akan selesai pada 2 November 2022 mendatang. 

Sebagai program baru, banyak masyarakat yang belum memahami tentang tv digital. Secara umum, TV digital bukan tv tabung seperti tv lama. Kebanyakan perangkat tv digital saat ini lebih tipis dan ramping. Namun, tidak semua tv yang tipis dan ramping merupakan perangkat tv digital, oleh karena itu dibutuhkan pemahaman tentang ciri-ciri dan kelebihan mengenali tv digital. 

Proses peralihan dari siaran TV Analog ke siaran TV Digital sudah dimulai. Pada saat 2 November 2022, siaran TV Analog dihentikan untuk sepenuhnya beralih ke siaran TV Digital. Sekarang dengan adanya simulcast, masyarakat sudah bisa menikmati sajian di TV Digital yang bersih gambarnya, jernih suaranya, dan canggih teknologinya. 

Ciri-Ciri TV Digital

Seperti disebutkan sebelumnya, ciri-ciri utama TV digital yaitu sudah bukan lagi tv berbentuk tabung. Sebagian besar TV digital mempunyai desain bentuk yang ramping dan tipis dengan layar yang cukup lebar. Layar TV digital ini menggunakan teknologi layar Liquid-Crystal Display (LCD) atau Light-Emitting Diode (LED).

TV yang mendukung penyiaran tv digital harus mempunyai fitur pencarian siaran digital. Hal ini memudahkan penggunanya untuk mendapatkan siaran tv digital dengan kualitas gambar yang lebih baik. 

Jika Anda sudah memiliki TV LED atau LCD yang mampu menangkap siaran analog maupun digital, tentu Anda tinggal mencari alat pendukung lain yang dapat menghubungkan ke berbagai siaran digital. Alat tersebut yakni Set Top Box (STB) yang memudahkan untuk menangkap siaran tv digital.
 
Ciri-ciri TV digital yang terakhir, yaitu mendukung DVB-T2. TV yang berkemampuan digital biasanya sudah dilengkapi dengan recorder DVB-T2 (Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation). Dengan fitur ini, TV Anda berkemampuan untuk mengirimkan layanan audio, video, dan data ke perangkat tetap, portable, dan seluler dengan mudah.

Kelebihan TV Digital

Setelah memahami ciri-ciri TV digital, berikutnya perlu diketahui berbagai kelebihan TV digital dibanding TV analog. Secara umum, kelebihan TV digital dibanding TV analog adalah cara penangkapan sinyal yang lebih baik.

Kemampuan tersebut membuat TV digital memiliki kelebihan lain, seperti: Kualitas gambar yang lebih jernih dan lebih nyaman dilihat. Tidak ada tampilan buram semut seperti TV analog.

Tv digital mampu menerima siaran TV dalam kondisi bergerak. Sedangkan TV analog biasanya akan membuat gambar dengan bayangan pada layar saat menangkap TV bergerak.
TV digital juga mampu mengurangi efek noise lebih baik. Dengan begitu, tak hanya tampilan gambar yang lebih jernih tetapi suara yang dihasilkan TV digital juga lebih baik dan dapat terdengar dengan jelas.
 
TV digital dapat menangkap dan menampung banyak siaran dalam satu paket. Kemampuan ini didapat dari penggunaan bandwidth pada TV digital yang tidak sebesar TV analog. Dengan begitu, Anda bisa menonton dan menikmati tayangan yang lebih beragam dari berbagai channel.

Berbagai kelebihan TV digital tersebut karena secara teknis, tv digital sudah menggunakan teknologi yang lebih maju dan canggih dibandingkan TV analog. Tentu ini akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk menikmati berbagai tayangan TV dengan tampilan dan suara yang lebih berkualitas.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES