Tekno

Literary Base: Tempat Pecinta Buku Berkumpul

Kamis, 15 September 2022 - 10:55 | 39.23k
Literary Base: Tempat Pecinta Buku Berkumpul
Gambar beranda Literary Base (FOTO: twitter @literarybase)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengguna twitter yang semakin hari semakin membludak membuat aplikasi berlogo burung ini memiliki banyak fitur menarik yang bisa diakses. Begitu pula dengan base twitter. Beberapa orang mungkin akan mengartikannya secara langsung menggunakan kamus. Namun jangan salah, ‘base’ yang ada di twitter adalah sebuah akun tempat berkumpulnya suatu komunitas atau orang-orang dengan ketertarikan dan hobi yang sama.  Mereka akan memberikan informasi atau membahas sesuatu di dalamnya dengan cara reply atau mengirim pesan.

Meskipun Indonesia dianggap sebagai negara dengan literasi rendah, masih banyak orang yang mencintai buku dan berusaha menyebarkannya kepada banyak orang bahwa buku adalah segudang ilmu yang seharusnya tetap dilestarikan. Beginilah akhirnya literary base bekerja. Base yang sudah didirikan sejak 2018 ini memiliki lebih dari 700 ribu pengikut. Ratusan ribu pengikut itu adalah para pecinta buku yang senang membaca, senang menulis, bahkan senang memberi ulasan terhadap suatu buku.

LITERARY48ac15622ea82e18.jpg

Dengan banyaknya pengikut, apa saja sih yang dibahas di base ini? Yuk simak penjelasannya lebih lanjut.

1. Ulasan

Pengguna di base ini seringkali mengirimkan ulasan tentang buku yang mereka baca dan akan bertukar pendapat di kolom komentar tentang bagaimana pengalaman yang mereka dapat tentang buku tersebut. Sehingga base ini bisa dikatakan sangat membantu bagi pecinta buku yang ingin mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana ulasan pembaca sebelum membelinya.

2. Mutualan

Kamu tidak punya teman sesama pecinta buku? Tenang, base ini adalah jalan keluarnya. Mutualan biasa dilakukan pengguna setia twitter untuk mencari teman baru. Pada dasarnya, mutualan diambil dari bahasa Inggris ‘mutual’ yang artinya saling, bersama, atau timbal balik. Sehingga mutualan di Literary Base adalah jalan cepat bagi seseorang yang ingin memiliki teman pecinta buku. 

3. Publikasi Karya

Kata ‘karya’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti pekerjaan, hasil perbuatan, buatan, ciptaan (terutama hasil karangan). Karya bisa diartikan ke dalam banyak hal. Misalnya penulis yang memiliki karya berupa tulisan fiksi panjang akan dijadikan sebuah novel dan mereka yang mempunyai karya berupa sajak-sajak indah akan menghasilkan puisi.  Sama halnya dengan pecinta buku. Tidak sedikit diantara mereka yang cinta membaca juga suka menulis. Namun, tidak semua orang mempunyai akses untuk menyebarkan tulisannya ke khalayak. Apalagi untuk mereka yang ‘diam-diam’ suka menulis dan ingin berlindung di balik tulisan ‘anonymous writer’ atau penulis tanpa nama, base ini adalah tempat yang tepat untuk mengirimkan karya. Literary Base menyediakan ruang bagi mereka yang ingin menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan, baik itu puisi, cerita pendek, maupun quotes.

4. Jual-Beli

Untuk kalian yang ingin membeli buku tapi kekurangan dana, base ini menyediakan ruang untuk jual-beli preloved book atau buku bekas. Mulai dari novel berbahasa Indonesia, bahasa asing, novel langka, lawas, bahkan novel limited edition pasti ada dalam base ini. Novel akan dijual dengan sistem low price yang pastinya membuat calon pembeli semakin meruah. Meskipun sistem ‘siapa cepat dia dapat’ dilakukan, pecinta buku akan melakukannya demi mendapatkan buku yang ia inginkan, atau mungkin sudah menjadi incaran sejak lama.

Wadah bagi mereka yang mencintai buku akan didapatkan secara lengkap saat tergabung menjadi bagian dari Literary Base. Meskipun gratis, tempat ini memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pengikutnya. Jadi, bagi kamu pecinta buku, menjelajahi base ini akan menjadi penemuan terbaik untukmu! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES