Tekno

QR Art Ratu Elizabeth II, Karya Terbaru Mr D

Jumat, 16 September 2022 - 18:44 | 45.72k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, MALANG – MALANG - Doddy Hernanto atau Mr D membuat karya QR Art Ratu Elizabeth II untuk melengkapi karya-karya yang ada lainnya.

Ratu kerajaan Inggris Raya ini merupakan ratu terlama di dunia. Ratu Elizabeth II tutup usia setelah 70 tahun memimpin Kerajaan Inggris.

Ia akan dimakamkan pada pemakaman kenegaraan yang akan dihelat Senin (19/9/2022) mendatang. Sejumlah pimpinan negara dan tokoh dunia diundang.

Untuk mengenang teladan, karya, dan dedikasi Ratu Elizabeth II, Mr D membuat lukisan modern QR Art Ratu Elizabeth II yang merupakan edisi khusus.

Saya yakin belum ada modern QR Art (Digital) Ratu Elizabeth II seperti ini. Sedangkan QR Art Traditional alias Analog saya simpan untuk pameran berikutnya.

Mengapresiasi dan mempersembahkan karya lukisan ini untuk dedikasi kepada Sang Ratu," tutur Mr D, Jumat (16/9/2022).

QR-Art-Ratu-Elizabeth-II-2.jpg

Ia mengutip sebuah pepatah berbahasa Yunani Latin 'Ars Longa Vita Brevis' yang berarti keterampilan membutuhkan waktu dan hidup ini singkat. Artinya, seni berumur panjang sedangkan umur selalu pendek. Art is long, life is short.

Pepatah ini kata Mr D cocok menggambarkan suasana seni rupa. "Jadi anggap Ratu tidur panjang, karena beritanya masih tetap ada dan pasti dikenang. Ratu ini tidur panjang," katanya.

QR Art menghadirkan berita-berita dan informasi tentang Ratu Elizabeth II. Anda cukup memindai (scan) QR Art Ratu Elizabeth II yang berkoding untuk menemukan jalan lintas seputar sosok Ratu Elizabeth II.

"Semakin hari, bukan semakin berkurang beritanya justru semakin bertambah. Saya anggap dia masih hidup," ungkapnya.

"Ratu suka biru, hijau. Pokoknya warna terang yang menyala," kata Mr D.

Banyak hal indah dan unik tentang Ratu Elizabeth II yang bisa dikenang. Ia memimpin kerajaan Inggris Raya selama 70 tahun dan 214 hari. Ini merupakan pemerintahan terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris sekaligus pemerintahan terlama yang tercatat dari kepala negara wanita mana pun dalam sejarah.

Keluarga Kerajaan Inggris kini memasuki masa berkabung. Dalam beberapa hari mendatang, banyak acara nasional yang akan ditunda. Pertunangan resmi akan dibatalkan dan bendera akan dikibarkan setengah tiang di kediaman kerajaan, gedung-gedung pemerintah, di seluruh pangkalan militer, dan di pos-pos Inggris di luar negeri.

Mr D mengenangnya dengan QR Art edisi khusus. Untuk diketahui, inovasi QR ART ini adalah sebuah bentuk evolusi dari kode batang dan kode QR yang awalnya satu dimensi menjadi dua dimensi. Inovasi QR ART menggabungkan seni analog bahkan digital.

Secara teknis pula masih perlu proses detail berupa retouch sehingga foto tampak artistic dan dinamis.

QR Art dapat dimanfaatkan untuk membangun misi sosial, ekonomi, keamanan digital, de radikalisasi, dan kegiatan pendidikan dan pemerintahan.

QR Art dapat digunakan untuk bertaut dengan web, kartu pembayaran, etoll, menu untuk pesan makanan, ID sesuai dengan kegunanaannya, logo yang dinamis, dll.

Intinya QR Art bisa dihubungkan kemana saja, karena secara tidak langsung akan menjadi jejak rekam digital yang selalu terus bertambah mengikuti berita yang baru dan berita yang lama tetap ada.

"QR Art adalah Ratunya dan Konten adalah Rajanya, yang selalu berpasangan," ungkap Mr D. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES