Tekno

Hebat, Motor Listrik SMKN 1 Seyegan Juara I Nasional PLN-ICE 2022

Jumat, 21 Oktober 2022 - 22:42 | 202.37k
Hebat, Motor Listrik SMKN 1 Seyegan Juara I Nasional PLN-ICE 2022
Sepeda motor listrik Skanesga Electric Vehicle-Retrofit karya siswa SMKN 1 Seyegan. (FOTO: SMKN 1 Seyegan)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTASepeda motor listrik karya SMKN 1 Seyegan menjadi Juara I kategori Konvensi Motor BBM kelistrik sub kategori pelajar dan komunitas pada event 'PLN ICE (Innovation & Competition in Electricity) 2022'. Kegiatan ini diikuti oleh SMK se-Indonesia,Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta komunitas.

Kepala SMKN 1 Seyegan Sleman, Yon Fatkhunal Huda SPd MEng, mengungkapkan dalam acara itu, dari 14 peserta diseleksi menjadi 5 tim terbaik untuk mengikuti tahap final di Jakarta pada 18-20 Oktober 2022.

"Tim SMKN 1 Seyegan menampilkan produk SEV-R atau Skanesga Electric Vehicle-Retrofit program, dengan berbasis motor Yamaha NMAX 155 cc, mengusung 3 buah baterai 72 Volt 20 AH diklaim mempunyai daya maksimal 4KW, mampu mencapai kecepatan 110 km/jam dan menempuh jarak 80 km dengan 1 unit baterai," jelasnya, Jumat (21/10/2022),

Motor-Listrik-2.jpg

SEV-R sebenarnya adalah salah satu unit kegiatan yang dibentuk oleh Kepala Sekolah untuk mewadai segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kendaraan listrik di Kompetensi Keahlian Teknik Ototronik SMKN 1 Seyegan Sleman (Skanesga).

"Alhamdulillah, kami sangat bangga dan selamat kepada Tim SEV-R atas prestasi yang luar biasa ini. Kerja keras 10 siswa dari kompetensi keahlian Teknik Ototronik, Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur serta Teknik Bisnis Sepeda Motor dengan bimbingan dari guru yang kompeten di bidangnya ternyata berbuah prestasi hebat," tuturnya.

Sementara Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Tukiman SPd MT, juga memberikan apresiasinya. "Ini adalah prestasi yang hebat, prestasi ini harus dikabarkan pada masyarakat. Masyarakat harus tahu bahwa SMK di DIY mampu bersaing ditingkat nasional. Masyarakat harus tahu bahwa anak-anak dididik dengan baik, difasilitasi untuk berprestasi, dibentuk karakternya untuk kreatif, inovatif dan percaya diri," ungkapnya.

Untuk selanjutnya sebagai tindaklanjut atas kemenangan ini, sepeda motor listrik SEV-R akan diboyong ke Bali dalam pameran di arena pertemuan G20.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, mengungkapkan PT PLN (Persero) menggelar kompetisi inovasi di sektor kelistrikan dalam PLN ICE (Innovation & Competition in Electricity) tahun 2022 dengan total hadiah & pendanaan Rp 2,5 miliar. Melalui ajang ini PLN ingin menjaring inovasi-inovasi terbaik karya anak bangsa.

Pada tahun ini, gelaran PLN ICE terbagi dalam dua kategori kompetisi. Pertama, kategori kompetisi konversi motor BBM ke listrik. Kedua, kategori desain peralatan dan program bisnis pada bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan yang berbasis listrik (Electrifying Agricultre).

Darmawan Prasodjo berharap adanya kompetisi ini dapat berkontribusi dalam percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle). Selain itu, dengan adanya kompetisi Electrifying Agriculture diharapkan dapat melahirkan inovasi peralatan dan program bisnis yang modern dengan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan produktivitas pada bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan.

Motor-Listrik-3.jpg

“Konversi ini juga salah satu langkah untuk kita semakin mandiri dalam ketahanan energi. Karena berpindah dari energi berbasis impor ke berbasis domestik, hal ini juga dalam rangka untuk mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia serta mengakselerasi tercapainya target Carbon Neutral pada tahun 2060,” ujar Darmawan.

Menurutnya, konsep Electrifying Agriculture adalah perubahan gaya hidup para petani untuk berorientasi ke depan. Dengan begitu, sektor pertanian akan lebih maju, ekonomis dan lebih ramah lingkungan.

"Semoga value dan semangat para petani Indonesia dalam Electrifying Agriculture bisa menyebar ke seluruh Indonesia," harap Darmawan.

“Hasil akhir dari kompetisi ini tidak hanya berupa ide, namun dapat diwujudkan menjadi sebuah produk dan implementasi program bisnis tepat guna. Dengan lahirnya inovasi karya anak bangsa melalui PLN ICE ini diharapkan dapat mendorong gaya hidup elektrifikasi yang lebih ramah lingkungan," jelas Darmawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES