Tekno

Cara Agar Hp Tidak Cepat Panas, Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini!

Senin, 14 November 2022 - 19:45 | 73.44k
Ilustrasi. (Foto: suatekno)
Ilustrasi. (Foto: suatekno)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cara agar hp tidak cepat panas harus Anda ketahui karena. Biasanya hp yang terlalu lama digunakan akan meningkatkan suhunya. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan hp Anda cepat panas. Hal ini terkadang kurang disadari para pengguna hp.

Padahal ketika hp mulai panas akan membuat baterai cepat habis, membuat hp lambat, dan dapat menyebabkan hp tidak mau merespon. Mungkin Hp Anda panas karena pemakaian berjam-jam terbilang wajar namun. Jika hp cepat panas setelah digunakan sebentar cari tahu penyebabnya.

Cara agar hp tidak cepat panas ini bisa Anda lakukan agar hp yang Anda gunakan tidak cepat panas sehingga membuatnya cepat rusak. Pemakaian hp dalam kondisi panas tentunya sangat berbahaya karena. Bisa saja hal ini akan menyebabkan hp meledak.

Karena itu, Anda harus mengetahui penyebab hp panas agar bisa langsung mencari solusi untuk mengatasinya apalagi hp panas tidak baik. Penyebab ini dapat Anda cermati setelah mendapatkan informasi menarik seputar gadget yang bermanfaat hanya di kawangadget.com.  Anda tentunya akan mendapatkan sumber informasi lain yang bisa mengatasi berbagai kendala di ponsel, seperti permasalahan yang satu ini.

Bagaimana Cara Agar Hp Tidak Cepat Panas? Simak!

Selain digunakan terlalu lama, penyebab hp cepat panas juga bisa terjadi karena sinyal seluler yang terlalu lemah atau baterai Anda yang bermasalah. Pasti Anda juga sering mengalami ketika sedang berada di lingkungan yang panas, suhu hp juga akan ikut mengalami peningkatan.

Biasanya penggunaan aplikasi yang terlalu besar dalam jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan hp meningkat suhunya. Penggunaan charger yang bukan aslinya juga bisa membuat hp Anda cepat panas karena itu, hindari hal ini agar tidak merusak hp.

Jika masalah hp panas ini dibiarkan bisa jadi justru malah membuat hp Anda cepat mengalami kerusakan sehingga Anda harus segera mengatasinya. Untuk mengatasi permasalahan hp panas, Anda bisa melakukan beberapa cara mudah yang pastinya tidak akan membuat Anda kesulitan.

Hp yang mudah panas memang menjadi hal wajib yang harus segera Anda atasi setelah Anda sudah mengetahui penyebab pastinya. Nah, lebih jelasnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah hp panas.

Batasi Penggunaan Smartphone

Cara agar hp tidak cepat panas yang pertama sebaiknya Anda membatasi penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan. Karena secara tidak langsung penggunaan smartphone yang terlalu lama dapat menyebabkan smartphone menjadi cepat panas.

Misalnya ketika Anda sedang bermain game atau berselancar di media sosial dalam waktu yang cukup lama pasti hp akan terasa panas. Jika suhu hp sudah mulai panas, ada baiknya Anda mengistirahatkannya sebentar agar suhu hp kembali normal dan tidak panas lagi.

Jika Anda bermain game secara offline Anda bisa mengaktifkan mode pesawat hal ini dapat mengurangi peningkatan suhu hp Anda. Atau Anda juga bisa memanfaatkan fitur hemat baterai untuk mengatasi masalah hp yang cepat panas sehingga baterai hp juga lebih awet.

Cari Jaringan Internet yang Stabil

Cara agar hp tidak cepat panas selanjutnya ada baiknya jika Anda mencari jaringan internet yang bisa stabil. Karena, penyebab hp cepat panas ini biasanya juga dipengaruhi oleh jaringan internet yang kurang stabil sehingga hp bekerja lebih keras untuk mencari sinyal.

Hal ini akan menyebabkan smartphone Anda akan cepat panas karena hp bekerja lebih keras, sebaiknya pilih jaringan internet yang stabil. Atau jika perlu Anda mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu hingga suhu hp kembali normal dan sinyal kembali stabil.

Jaringan internet yang kurang stabil memang sering menyebabkan smartphone Android meningkat suhunya dan membuatnya jadi lebih panas. Karena itu, sebaiknya Anda memperhatikan jaringan sinyal agar hp tidak bekerja terlalu keras dan menyebabkannya cepat panas.

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara agar hp tidak cepat panas sebaiknya Anda menutup beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan terutama aplikasi berat. Karena, secara tidak langsung aplikasi-aplikasi berat yang sedang berjalan ini dapat membuat smartphone Anda cepat panas.

Anda bisa mematikan semua aplikasi yang sedang berjalan sehingga smartphone Anda akan bekerja lebih cepat dan lebih ringan. Karena, tidak bisa dipungkiri banyaknya aplikasi yang berjalan ini dapat menyebabkan smartphone bekerja jauh lebih berat.

Sehingga dapat membuat smartphone Anda cepat panas apalagi jika semua aplikasi yang sedang berjalan tersebut terlalu besar ukurannya. Untuk itu, Anda bisa membuka beberapa aplikasi penting yang akan Anda gunakan saja agar tidak terlalu membebani smartphone.

Bersihkan File Sampah

Cara agar hp tidak cepat panas Anda juga bisa mengatasinya dengan rutin membersihkan file sampah pada smartphone. Karena, seiring berjalannya waktu file sampah pada hp Anda akan semakin menumpuk jika tidak dibersihkan hal ini lah yang membuat kinerja hp semakin berat.

Dengan membersihkan semua file sampah ini smartphone Anda akan jauh lebih ringan dan kinerjanya juga semakin optimal. Jika hp kinerjanya ringan tentunya juga akan membuat baterainya cepat awet dan tidak akan membuat hp cepat panas.

Untuk itu sebaiknya Anda rutin membersihkan smartphone dengan menggunakan aplikasi atau menghapus beberapa file yang tidak digunakan. Sekarang ini sudah banyak aplikasi pembersih hp yang bisa Anda download melalui Google Play Store.

Ganti Baterai Hp

Cara agar hp tidak cepat panas selanjutnya Anda bisa mengganti baterai hp karena baterai juga bisa membuat hp cepat panas. Sebaiknya Anda memeriksa kondisi baterai terlebih dahulu pastikan keadaan baterai menggembung atau tidak.

Anda bisa menggantinya ketika baterai cepat habis setelah di charger atau baterai yang Anda gunakan sudah mengembung. Anda bisa membeli baterai sesuai dengan tipe smartphone yang Anda gunakan pastikan baterai tersebut dalam kondisi baik.

Hindari Penggunaan di Bawah Sinar Matahari

Cara agar hp tidak cepat panas ada baiknya jika Anda menghindari penggunaan hp di bawah sinar matahari langsung. Karena, hal ini dapat menyebabkan smartphone yang Anda gunakan tersebut cepat mengalami panas dan meningkat suhunya.

Disarankan untuk menggunakannya dalam tempat yang teduh agar suhu hp tidak cepat meningkat dan membuat baterai Anda cepat habis. Terik matahari yang panas jika terkena hp bisa langsung mempengaruhi suhu hp dan membuatnya jadi cepat panas sehingga baterai juga cepat habis.

Atur Kecerahan Layar

Kecerahan layar juga bisa berpengaruh terhadap peningkatan suhu pada smartphone Anda untuk itu sebaiknya perhatikan kecerahan layar. Sebaiknya penggunaan kecerahan layar ini tidak terlalu tinggi agar tidak membuat hp Anda cepat panas sesuaikan kecerahan dengan tempat Anda.

Cara agar hp tidak cepat panas dengan mengatur kecerahan layar juga bisa Anda gunakan terutama ketika sedang berada di luar ruangan. Karena, jika Anda menggunakan kecerahan layar yang terlalu tinggi bisa membuat kinerja smartphone lebih berat dan membuatnya jadi cepat panas. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES