Tekno

5 Aplikasi Pengukur Ruangan Otomatis, Bikin Kerja Anda Lebih Mudah

Selasa, 27 Desember 2022 - 06:13 | 1.73m
Ilustrasi - Aplikasi pengukur ruangan otomatis (Foto: tga-fachplane)
Ilustrasi - Aplikasi pengukur ruangan otomatis (Foto: tga-fachplane)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kerja dengan teknologi kian mudah dan efisien. Kerja desain ruangan misalnya, kini TIMES Lovers bisa menggunakan aplikasi pengukur ruangan otomatis.

Aplikasi ini dapat membantu Anda mengukur panjang, lebar, dan tinggi ruangan secara otomatis dengan menggunakan smartphone atau perangkat lain yang dilengkapi dengan kamera.

Aplikasi ini bisa sangat berguna ketika Anda perlu mengukur ruangan untuk mendapatkan estimasi biaya renovasi atau membeli perabotan rumah tangga. 

5 Aplikasi Pengukur Ruangan Otomatis

Berikut lima aplikasi pengukur ruangan otomatis yang dapat kalian gunakan untuk membantu bekerja agar lebih efektif dan efisien. 

1. Magicplan

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengukur ruangan dengan menggambar rencana 2D atau 3D dengan menggunakan kamera smartphone. Kamu juga bisa menambahkan item-item seperti pintu, jendela, dan perabotan lain ke dalam rencana kamu.

2. RoomScan

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengukur ruangan dengan menempatkan smartphone di sudut-sudut ruangan dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi. Aplikasi ini akan membuat rencana 2D secara otomatis.

3.  AR Measure

Aplikasi ini menggunakan teknologi augmented reality (AR) untuk membantu kamu mengukur panjang, lebar, dan tinggi ruangan dengan menempatkan smartphone di depan objek yang ingin kamu ukur.

4. Measure

Aplikasi ini merupakan aplikasi pengukur ruangan otomatis yang tersedia di perangkat Android dan iOS.  Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengukur panjang, lebar, dan tinggi ruangan dengan menempatkan smartphone di depan objek yang ingin kamu ukur.

5. Smart Measure

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengukur panjang, lebar, dan tinggi ruangan dengan menempatkan smartphone di depan objek yang ingin kamu ukur. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengukur jarak antara dua titik dan membantu kamu menghitung luas ruangan dengan menggunakan rumus-rumus geometri sederhana.

Nah, jangan lupa TIMES Lovers, sebelum menggunakan aplikasi pengukur ruangan otomatis, pastikan bahwa smartphone atau perangkat yang Anda gunakan sudah dilengkapi dengan fitur AR atau teknologi pengukuran jarak yang tepat. Jika tidak, maka aplikasi tersebut mungkin tidak akan bekerja dengan baik atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Cara menggunakan aplikasi pengukur ruangan otomatis

Untuk menggunakan aplikasi pengukur ruangan, pertama-tama kamu harus memastikan bahwa kamu telah mengunduh aplikasi tersebut ke perangkat Anda. Banyak aplikasi pengukur ruangan tersedia di toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apple App Store. 

Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda dan ikuti langkah-langkah berikut:

1). Pastikan bahwa perangkat kamu terhubung ke internet dan memiliki akses ke GPS (untuk membantu menentukan posisi Anda).

2). Buka aplikasi pengukur ruangan dan ikuti instruksi yang diberikan untuk memulai pengukuran. Biasanya, kamu akan diminta untuk menempatkan perangkat di titik awal pengukuran dan mengarahkannya ke titik lain di ruangan.

3). Tekan tombol pengukur atau ikuti instruksi yang diberikan di layar untuk memulai pengukuran.

4). Pindahkan perangkat kamu ke titik selanjutnya yang ingin kamu ukur dan tekan tombol pengukur lagi. Ulangi proses ini sampai kamu selesai mengukur semua titik yang kamu inginkan.

5). Setelah selesai mengukur, aplikasi akan menampilkan hasil pengukuran di layar, termasuk panjang, lebar, dan tinggi ruangan.

Perlu diperhatikan pula bahwa ada beberapa aplikasi pengukur ruangan otomatis juga menyediakan fitur tambahan seperti penyimpanan hasil pengukuran dan pembuatan peta ruangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES