Tekno

5 Aplikasi Chat Berbayar Keamanan Tinggi, Pas Bagi Perusahaan

Jumat, 06 Januari 2023 - 01:28 | 574.86k
Aplikasi Chat Berbayar Keamanan Tinggi. (foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa)
Aplikasi Chat Berbayar Keamanan Tinggi. (foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAplikasi komunikasi atau aplikasi chat bertebaran di jagat maya. Semuanya menawarkan fitur tinggi untuk memberikan penggunanya kenyamanan dalam komunikasi. 

Namun tingkat keamanan dan privacy, aplikasi chat berbayar masih menjadi kebutuhan pengguna dalam berkomunikasi private.

Aplikasi Chat Berbayar dengan Keamanan Tinggi

Berikut adalah lima aplikasi chat dengan menawarkan paket berbayar dan memiliki fitur keamanan dan privasi kuat untuk membantu melindungi dari penyadapan:

1. Signal Private Messenger

Signal Private Messenger adalah aplikasi chat pesan teks dan panggilan suara, dengan fitur penekankan privasi dan keamanan. Aplikasi chat ini dibuat oleh Open Whisper Systems dan tersedia untuk perangkat Android, iOS, dan desktop. Aplikasi chat Signal menggunakan enkripsi untuk mengamankan pesan melalui jaringannya, sehingga hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca pesan tersebut.

Signal juga menawarkan beberapa fitur keamanan tambahan, seperti:

End-to-end encryption

Semua pesan aplikasi chat Signal dienkripsi secara end-to-end, sehingga hanya pengirim dan penerima yang dapat membacanya. Ini berarti bahwa bahkan Signal sendiri tidak dapat membaca pesan yang dikirim melalui jaringannya.

Verified identities

Aplikasi chat Signal menawarkan fitur verifikasi identitas yang memungkinkan pengguna untuk memverifikasi bahwa pengirim pesan benar-benar adalah orang yang mereka kirimi pesan. Ini membantu mencegah serangan man-in-the-middle yang dapat menyebabkan orang salah menerima pesan yang dikirim kepada orang lain.

Disappearing messages

Aplikasi Signal menawarkan fitur pesan yang hilang, memungkinkan pengguna untuk menentukan waktu setelahnya pesan akan hilang secara otomatis dari perangkat penerima. Ini berguna untuk menghapus pesan setelah digunakan.

Message expiration

Selain fitur pesan hilang, aplikasi chat Signal juga menawarkan fitur kadaluarsa pesan. Fitur aplikasi pesan ini memungkinkan pengguna untuk menentukan waktu setelahnya pesan tidak dapat lagi dibaca oleh penerima. Ini berguna untuk mencegah pesan agar tidak diinginkan terus terbaca oleh orang lain setelah Anda mengirimnya.

Aplikasi chat Signal juga menawarkan fitur panggilan suara aman dan dienkripsi, serta fitur pesan grup aman untuk mengirim pesan ke beberapa orang sekaligus. Aplikasi chat ini tersedia secara gratis dan tidak menampilkan iklan

2. Threema Work

Threema Work merupakan aplikasi komunikasi aman dan terpercaya untuk penggunaan di perusahaan dan organisasi.

Aplikasi chat ini menawarkan enkripsi end-to-end yang kuat, sehingga hanya pengirim dan penerima dapat membaca pesan. Selain itu, Threema Work juga tidak menyimpan data pengguna di server, sehingga tidak ada risiko data pengguna bocor atau dicuri oleh pihak ketiga.

Aplikasi chat Threema Work juga memiliki fitur-fitur untuk penggunaan di organisasi, seperti grup dan kanal khusus untuk berkomunikasi dengan anggota organisasi lainnya. 

Selain itu, aplikasi chat Threema Work juga memiliki integrasi dengan aplikasi lain, seperti Microsoft 365 dan Google Calendar. Fitur aplikasi chat ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengatur jadwal mereka secara efisien.

Aplikasi chat Threema Work juga dapat digunakan di skala besar, dengan dukungan untuk penggunaan oleh ribuan pengguna dalam satu organisasi. Aplikasi chat ini tersedia untuk Android, iOS, dan desktop (Windows, macOS, Linux), sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi chat ini dari berbagai perangkat.

3. Wickr Pro

Wickr Pro adalah aplikasi chat dengan fitur-fitur yang dirancang untuk kebutuhan bisnis. Aplikasi chat ini menyediakan pesan teks, panggilan suara, dan video, serta fitur-fitur lain yang berguna bagi para profesional. 

Salah satu keunggulan utama Wickr Pro adalah keamanan yang tinggi, dengan enkripsi yang kuat dan sistem autentikasi yang ketat untuk memastikan bahwa hanya orang yang diberi izin yang dapat mengakses pesan-pesan yang terkirim.

Selain itu, aplikasi chat Wickr Pro juga menyediakan fitur-fitur yang membantu para profesional dalam mengelola komunikasi dan bekerja secara efisien, seperti fitur kelompok yang memungkinkan para pengguna untuk berkolaborasi dengan tim mereka. 

Aplikasi chat ini memiliki fitur scheduling yang membantu para pengguna untuk mengelola jadwal mereka dengan lebih efisien, dan fitur lain seperti integrasi dengan aplikasi chat lain, dukungan untuk perangkat mobile dan desktop, dan banyak lagi.

Semua fitur ini, aplikasi chat Wickr Pro menjadi pilihan yang tepat bagi para profesional yang ingin mengelola komunikasi mereka dengan lebih efisien dan aman

4. Dust Plus

Dust adalah aplikasi chat dengan menawarkan enkripsi end-to-end dan memungkinkan pengguna untuk menetapkan tanggal kadaluarsa untuk pesan mereka. Tersedia di perangkat Android dan iOS, dan memiliki paket berbayar disebut "Dust Plus" . Paket aplikasi chat ini mencakup fitur tambahan seperti kemampuan untuk membatalkan pengiriman pesan.

Dust Plus edisi berbayar adalah aplikasi chat yang menyediakan layanan pesan teks dan panggilan suara yang aman dan terenkripsi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur seperti grup chat, pesan broadcast, dan pesan self-destruct. 

Selain itu, aplikasi chat Dust Plus juga memiliki fitur keamanan chat yang canggih seperti enkripsi end-to-end untuk memastikan bahwa pesan tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS.

Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Dust Plus beragam. Seperti:

End-to-end encryption

Aplikasi chat Dust Plus menggunakan enkripsi end-to-end untuk memastikan keamanan pesan dan panggilan yang Anda kirim atau terima. Ini berarti bahwa hanya orang yang bersangkutan yang dapat membaca atau mendengar pesan atau panggilan tersebut, dan tidak ada pihak ketiga yang dapat mengaksesnya.

Grup chat

Dust Plus memungkinkan Anda untuk membuat grup chat dengan orang-orang yang Anda pilih. Anda dapat mengirim pesan teks atau panggilan suara ke grup tersebut, dan semua anggota grup akan dapat mengaksesnya.

Pesan broadcast

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan ke beberapa orang sekaligus, tanpa perlu membuat grup chat. Anda dapat memilih kontak-kontak yang akan menerima pesan tersebut, dan pesan akan dikirim ke semua kontak tersebut secara individual.

Pesan self-destruct

Dust Plus juga menyediakan fitur pesan self-destruct, yang memungkinkan Anda untuk mengatur waktu kapan pesan akan dihapus secara otomatis setelah dibaca oleh penerima. Ini berguna untuk menjaga privasi Anda dan mencegah pesan Anda dari disimpan atau dibagikan dengan orang lain.

Keamanan yang canggih

Selain enkripsi end-to-end, Dust Plus juga menyediakan fitur keamanan chat lainnya seperti verifikasi dua faktor untuk memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses akun Anda. Aplikasi ini juga menyediakan opsi untuk mengunci aplikasi dengan pin atau pola.

5. Confide Secure Messenger Plus

Confide Secure Messenger Plus adalah sebuah aplikasi pesan yang menawarkan fitur keamanan tinggi dan privasi yang dapat membantu Anda mengirim pesan teks dan media secara aman. Aplikasi chat ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS, dan memungkinkan Anda untuk mengirim pesan yang hanya dapat dibaca satu kali (self-destructing messages) dan mengenkripsi pesan yang Anda kirim secara end-to-end.

Confide Secure Messenger Plus menawarkan fitur-fitur seperti:

Pengiriman pesan teks yang terkenkripsi secara end-to-end

Pesan yang Anda kirim hanya dapat dibaca oleh penerima, tidak ada yang bisa mengakses pesan tersebut selama proses pengiriman.

Pesan yang hanya dapat dibaca satu kali

Pesan yang Anda kirim akan terhapus secara otomatis setelah dibaca oleh penerima. Ini membantu menjaga privasi Anda dan memastikan bahwa pesan tidak akan tersebar luas.

Notifikasi "Screenshot Blocking"

Aplikasi chat ini akan memberi tahu Anda jika seseorang mencoba mengambil screenshot pesan yang Anda kirim, sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi privasi Anda.

Dukungan untuk pesan media

Anda dapat mengirim file audio, video, dan gambar melalui aplikasi chat ini.

Dukungan untuk grup

Anda dapat membuat grup dan berkirim pesan ke sekelompok orang dalam satu waktu.

Pemblokiran panggilan masuk

Anda dapat memblokir panggilan masuk yang tidak diinginkan dalam aplikasi chat ini.

Semua aplikasi chat di atas merupakan  aplikasi chat berbayar. Artinya Anda harus membayar sejumlah biaya untuk menggunakan fitur-fitur tambahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Namun, aplikasi chat ini juga menawarkan versi gratis yang memungkinkan Anda mencoba fitur-fitur dasar sebelum memutuskan untuk membeli versi berbayar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES