Tekno

5 Aplikasi Pengukur Detak Jantung untuk Jaga Kesehatan

Sabtu, 07 Januari 2023 - 10:31 | 180.62k
 Aplikasi Pengukur Detak Jantung untuk Jaga Kesehatan
Aplikasi Pengukur Detak Jantung untuk Jaga Kesehatan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sehabis berolah raga detak jantung Anda perlu diukur. Keseimbangan detak jantung akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda setelah berolah raga.

Anda mengetahui detak jantung dengan mudah, bahkan kini tersedia banyak aplikasi pengukur detak jantung di Google Store. 

Berikut adalah beberapa aplikasi pengukur detak jantung yang tersedia dalam bahasa Indonesia:

1. Cardiograph

Cardiograph adalah sebuah aplikasi pengukur deta jantung yang dapat digunakan untuk memantau dan menganalisis detak jantung seseorang. Aplikasi ini biasanya terdapat pada perangkat seluler seperti smartphone atau tablet, dan dapat diunduh melalui toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apple App Store.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus menempatkan jari mereka pada kamera perangkat seluler dan menunggu beberapa detik sampai aplikasi ini dapat menganalisis detak jantung. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan hasil pengukuran detak jantung dalam bentuk grafik yang dapat diinterpretasikan dengan mudah.

Aplikasi Cardiograph dapat memberikan informasi yang berguna bagi orang yang ingin mengetahui kondisi kesehatan jantung mereka atau yang memiliki masalah jantung

2. Heart Rate Monitor

Heart rate monitor adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memantau denyut jantung Anda secara real-time. Aplikasi ini biasanya menggunakan sensor pada ponsel atau smartwatch yang terhubung ke aplikasi melalui Bluetooth, atau menggunakan sensor jantung pada chest strap yang terhubung ke aplikasi melalui koneksi ANT+.

Aplikasi Heart rate monitor, Anda dapat memantau denyut jantung saat berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya, sehingga Anda dapat memahami tingkat intensitas aktivitas yang Anda lakukan dan memantau kondisi kesehatan jantung Anda secara umum.

Beberapa fitur aplikasi ini yang mungkin tersedia pada aplikasi Heart rate monitor adalah:

Monitor denyut jantung secara real-time

Anda dapat melihat denyut jantung Anda saat ini dan melihat bagaimana denyut jantung Anda berubah selama aktivitas di aplikasi ini.

Target heart rate zone

Beberapa aplikasi Heart rate monitor menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk menentukan target zone denyut jantung yang sesuai dengan kebutuhan kondisi kesehatan, sehingga Anda dapat memantau apakah Anda berada di dalam target zone atau tidak saat berolahraga.

Analisis aktivitas

Beberapa aplikasi Heart rate monitor juga menyediakan fitur analisis aktivitas, yang memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana denyut jantung Anda berubah selama aktivitas dan mengetahui berapa lama waktu yang Anda habiskan dalam target heart rate zone.

Laporan kesehatan jantung: Beberapa aplikasi Heart rate monitor juga menyediakan laporan kesehatan jantung yang dapat memberikan informasi tentang denyut jantung Anda dalam jangka waktu tertentu

3. Instant Heart Rate Monitor

Aplikasi Instant Heart Rate Monitor adalah aplikasi yang digunakan untuk memantau dan mengukur denyut jantung seseorang secara real-time. Aplikasi ini biasanya menggunakan kamera ponsel pintar atau sensor jantung yang terdapat pada smartwatch. Juga ada di perangkat fitness tracker untuk mendeteksi dan mengukur denyut jantung seseorang.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda cukup meletakkan jari Anda di atas kamera ponsel atau menempelkan sensor jantung pada pergelangan tangan Anda. Aplikasi akan mengambil beberapa gambar atau mengukur sinyal jantung dan menampilkan hasilnya dalam bentuk grafik atau angka.

Aplikasi Instant Heart Rate Monitor dapat memberikan informasi yang berguna bagi seseorang yang ingin memantau kondisi kesehatan jantungnya, atau bagi atlet yang ingin mengetahui tingkat kelelahan atau kondisi fisik saat melakukan latihan. 

Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam mengontrol stres dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

4. Cardio Trainer

Cardio Trainer adalah aplikasi yang dapat membantu Anda mengatur dan melacak latihan kardio Anda. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengatur jadwal latihan kardio Anda, mencatat jumlah kalori yang terbakar selama latihan, dan menyimpan rekaman latihan Anda sehingga Anda dapat melacak kemajuan Anda dari waktu ke waktu. 

Cardio Trainer juga dapat memberi tahu Anda tentang berbagai jenis latihan kardio yang tersedia dan memberikan saran latihan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Aplikasi ini sangat berguna bagi mereka yang ingin menjaga kondisi fisik dan kesehatan mereka dengan melakukan latihan kardio secara teratur

5. Aplikasi Monitor Denyut Jantung

Aplikasi pengukur detak jantung ini menggunakan kamera ponsel Anda untuk mengukur detak jantung Anda dengan akurasi yang tinggi. Aplikasi ini juga menyediakan grafik dan riwayat detak jantung untuk membantu Anda memantau kondisi jantung Anda.

Disclaimer: Perlu diingat bahwa aplikasi pengukur detak jantung tidak selalu akurat 100 persen. Apalikasi ini juga tidak dapat digunakan sebagai pengganti perangkat medis yang terlatih. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memantau kondisi jantung Anda dengan benar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES