TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dengan pesatnya perkembangan teknologi, kini banyak orang yang dapat dengan mudah melihat lokasi atau alamat suatu tempat hanya melalui Google Maps.
Seperti yang di lansir Talk, alamat toko dengan review bagus di Google Maps sering dicari.
Advertisement
Ini juga akan memberikan tip atau saran bagi seseorang untuk memilih toko mana yang akan dikunjungi.
Tentu saja, pemilik toko ingin alamat bisnisnya tercantum di Google Maps sehingga calon pelanggan dapat menemukannya dengan mudah nanti.
Memiliki alamat di Google Maps juga akan meningkatkan potensi bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan karena lokasi bisnis mudah ditemukan oleh konsumen, sehingga mudah pula konsumen untuk mencapainya.
Mengapa Bisnis Harus Memiliki Lokasi di Google Maps
Memiliki lokasi di Google Maps akan membawa banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis.
Apa manfaat bisnis menambahkan alamat bisnis di Google Maps? Lihat yang berikut ini:
1. Memudahkan konsumen untuk mencari tempat berbelanja
Saat ini banyak orang yang mengandalkan Google Maps untuk mencari alamat, selain kemudahan dan kemudahan, Google Maps juga dapat memberikan petunjuk arah ke berbagai tempat.
Menurut data Google, saat ini lebih dari 140 juta pengguna aktif menggunakan Google Maps di Indonesia. Jika lokasi bisnis Anda tidak tercantum di Google Maps, kemungkinan calon pelanggan akan kesulitan hingga akhirnya membatalkan kunjungan toko.
Ini juga akan mengurangi penjualan karena konsumen kesulitan menemukan alamat toko.
Oleh karena itu, sangat penting bagi pelaku usaha untuk menambahkan alamat lokasi usaha di Google Maps agar konsumen dapat dengan mudah menemukan lokasi usaha dengan fitur pemilihan rute yang dapat dipilih.
2. Berikan informasi titik lokasi yang lebih akurat
Biasanya, meskipun alamat sudah terdata lengkap, konsumen masih kesulitan menemukan lokasi karena lingkungan rumah yang padat atau jarak jalan yang terlalu jauh.
Sedangkan tempat-tempat yang sudah terdaftar di Google Maps akan mudah ditemukan baik yang berada di kawasan ramai maupun di jalan kecil sekalipun.
Ini karena Google Maps menawarkan fitur Google Street View yang akan memberikan petunjuk arah ke tempat-tempat dengan gambar 360 derajat yang akurat.
Dengan menggunakan fitur ini, calon konsumen juga dapat melihat situasi di sekitar lokasi. Selain itu, fitur Google Street View memungkinkan calon pelanggan menemukan lokasi bisnis dengan landmark yang jelas dan akurat dengan foto. Bahkan calon konsumen pun bisa melihat detail lokasi gang sempit tersebut.
Cara menambahkan Lokasi Bisnis ke Google Maps
Setelah Anda mengetahui mengapa bisnis Anda harus menempatkan lokasi Anda di Google Maps, pelajari cara menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps sebagai berikut:
1. Melalui situs web Google Bisnisku
Google Bisnisku adalah fitur Google Maps yang memudahkan calon pelanggan menemukan informasi tentang bisnis Anda saat menelusuri lokasi.
Berikut cara menambahkan lokasi ke Google Maps:
- Daftar Google Bisnisku.
- Masukkan nama bisnis.
- Tentukan kategori bisnis.
- Nyatakan bahwa pelaku bisnis memang mempunyai lokasi bisnis.
- Masukkan alamat bisnis.
- Tandai lokasi bisnis di Google Maps.
- Nyatakan bahwa pelaku bisnis menyediakan layanan pesan antar atau tidak.
- Tentukan informasi yang ingin ditampilkan.
- Pilih untuk menerima newsletter atau tidak.
- Verifikasi bisnis.
2. Daftar langsung melalui Google Maps
Aplikasi Google Maps juga memfasilitasi pengguna yang ingin menyimpan lokasi langsung. Begini caranya:
- Akses menu di Google Maps.
- Klik menu “Add your business”.
- Kemudian masukkan informasi seputar bisnis yang akan ditampilkan di lokasi bisnis.
Nah itulah beberapa penjelasan tentang cara menambahkan lokasi baru untuk bisnis Anda di Google Maps. Semoga ini bermanfaat. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Khoirul Anwar |
Publisher | : Sholihin Nur |