Tekno

Meresahkan! Kemampuan Robot Atlas Boston Dynamics Semakin Canggih

Kamis, 26 Januari 2023 - 05:52 | 108.23k
Atlas saat memegang kayu papan dan menunjukkan kemampuan terbarunya. (Foto: Tangkapan Layar)
Atlas saat memegang kayu papan dan menunjukkan kemampuan terbarunya. (Foto: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Video terbaru yang memamerkan kemampuan robot Atlas Boston Dynamics sudah diluncurkan sejak 6 hari yang lalu. Video ini berjudul "Atlas Gets a Grip" yang mememperlihatkan robot tersebut membantu pekerja konstruksi yang sedang melaksanakan aktifitasnya. 

Atlas merupakan robot humanoid bipedal yang pertama kali dikenalkan pada tanggal 11 Juli 2013. Robot tersebut memiliki tinggi 1,8 meter dan awalnya dirancang untuk membantu petugas SAR melaksanakan tugasnya pada daerah-daerah yang sulit dijangkau manusia. 

Mesin humanoid canggih ini diproduksi oleh Boston Dynamics, perusahaan asal Amerika Serikat. Dana pembuatan mesin humanoid ini pertama kali didapatkan dari Defense Advanced Research Projects Agency atau yang lebih dikenal dengan DARPA. 

Kemampuan Terbaru Atlas

Video berdurasi  1 menit 21 detik ini menunjukkan kemampuan baru mesin humaid canggih tersebut dalam memegang benda. Hal tersebut menggambarkan bagaimana daftar kemampuan besi dengan processor besutan perusahaan AS ini telah berkembang pesat sejak terakhir kali di upgrade setahun lalu.

Video dimulai dengan ditampilkannya seorang pekerja konstruksi berdiri di atas perancah atau lebih dikenal sebagai scaffolding dan memukul-mukul tiang dengan palu. Dia melupakan peralatan tukangnya yang tertinggal di lantai bawah. 

Pria tersebut kemudian mengambil gadget yang digunakannya untuk mengendalikan Atlas dan mengetik perintah agar robot humaid bipedal itu mengambilkan tas peralatan tukangnya. Atlas pun mulai bergerak. 

Atlas dengan kemampuan analisanya membuat jalur ke platform atas dengan menjepit kayu balok dan kemudian mengambil tas milik pria tersebut. Dirinya kemudian bermanuver ke atas perancah lalu melemparkan tas yang dibawanya ke pekerja kontruksi tersebut.

Setiap langkah dari Atlas dalam video tersebut menunjukkan bagaimana mesin canggih ini memamerkan keterampilan baru. Yakni kemampuannya dengan hati-hati menempatkan papan, melempar tas berisi peralatan tukang, atau menjatuhkan balok.

Harga Robot Atlas Boston Dynamics Dipasaran

Dilansir dari Finansialku, harga robot Atlas edisi lama dijual hingga $2 juta atau sekitar Rp30 milyar. Beberapa media menyebutkan biaya yang dikeluarkan untuk membuat mesin humanoid ini sekitar Rp2 milyar.

Namun Techcrunch sempat mengulas kemampuan baru mesin canggih bipedal ini menyebutkan bahwa robot tersebut merupakan barang penelitian yang masih belum ada di pasaran. Jadi harganyapun belum ditentukan oleh pihak Boston Dynamics.

Robot ini sebelumnya sempat digadang-gadang akan menjadi awal kehancuran manusia. Namun perkembangannya hingga saat ini dan kapasitasnya dengan manusia sebagai pemandu dalam pengoperasiannya menghapus semua prasangka buruk tersebut. 

Banyak pula perusahaan teknologi ingin menyaingi mesin canggih ini. Beberapa sudah mencoba membuat mesin canggih dengan kemampuan mirip dengan robot Atlas Boston Dynamics. Namun hanya robot besutan NASA yang mampu meniru kekuatan Atlas dalam memegang benda.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES