Tekno

Jangan Khawatir, Inilah Kemampuan yang Tidak Bisa Aplikasi ChatGPT Lakukan

Minggu, 26 Februari 2023 - 12:16 | 96.59k
ChatGPT. (FOTO: Leon Neal/Getty Images)
ChatGPT. (FOTO: Leon Neal/Getty Images)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aplikasi ChatGPT dengan segala kemampuannya memang mampu mendistrubsi semua hal yang berkaitan dengan akses secara teknis. Sehingga secara akumulasi semua pekerjaan yang berhubungan dengan teknis memang sangat terancam untuk bisa digerakkan dan diambil oleh sepenuhnya oleh open AI.

Aspek tersebut tentunya bisa dilihat dari berbagai aspek penting pekerjaan kasar saat ini. Misalnya mengenai pekerjaan data entry, sebelumnya pekerjaan ini memang membutuhkan konsentrasi cukup maksimal dan hanya bisa dikerjakan oleh ahli yang cukup teliti dalam meghitung semua akses data.

Akan tetapi dengan hadirnya Aplikasi ChatGPT maka hal tersebut bisa diakumulasikan secara cepat dan mudah. Apalagi dengan beberapa pertimbangan perhitungan cukup detail serta mampu diterapkan secara maksimal terhadap semua akses data dari kecenderungan paling mudah hingga paling sulit.

Selain itu masih ada banyak lagi kemampuan dari aplikasi ini sehingga bisa memberikan ancaman serius kepada semua pengguan atau bahkan pekerja. Apalagi jika pengguna masih berada dalam pekerjaan secara teknis, maka tidak menutup kemungkinan akan tergerus oleh kemampuan dari chat bot ini dalam waktu dekat.

Akan tetapi kesempurnaan teknologi Aplikasi ChatGPT jika dilihat lebih detail tentu masih memiliki beberapa kelemahan. Sehingga membuka peluang besar kepada semua pengguna untuk bisa mengontrol chatbot ini secara maksimal dan tentunya tetap menguasai pasar pekerjaan.

Kemampuan Yang Tidak Dimiliki Oleh Aplikasi ChatGPT

Berikut ini adalah beberapa aspek penting terkait kemampuan apa saja yang tidak bisa dimiliki oleh Aplikasi ChatGPT saat ini. sehingga masih bisa menjadi pertimbangan menarik untuk pengguna kuasai.

1. Problem Solving

Kemampuan pertama yang tidak bisa dimiliki oleh Aplikasi ChatGPT adalah problem solving. Pemecahan masalah merupakan sebuah soft skill mengenai proses pikiran untuk memahami suatu medan tantangan dalam bekerja dengan tujuan untuk menemukan solusi terbaik.

Tujuan dari kemampuan ini tentu utuk menemukan solusi yang tepat dari sebuah permasalahan. Namun, efektifitasnya bisa bergantung pada kompleksitas masalahnya, pemecahan masalah tersebut mungkin melibatkan penggunaan kemampuan yang menantang, seperti perhitungan khusus dengan berbagai latihan berpikir kritis.

Skill ini akan berguna bagi pengguna apabila harus menghadapi masalah dalam banyak hal, mulai dari bisnis yang rumit sehingga bisa menemukan solusi yang inovatif. Dan secara akumulasi kemampuan ini belum bisa dilakukan oleh Aplikasi ChatGPT.

2. Inovasi

Kemampuan selanjutnya yang tidak bisa dilakukan oleh kecerdasan buatan dari Ai ini adalah menghasilkan inovasi. Kualitas inovasi memang dibutuhkan oleh beberapa pihak dan bahkan perusahaan untuk memecahkan masalah atau mengatasi semua kebuntuan akibat banyak hal.

Menjadi pribadi yang inovatif merupakan kemampuan salah satu paling dicari saat ini. Sejatinya pengertian inovatif sangat erat kaitannya dengan kemampuan untuk menemukan solusi atau cara baru yang diperlukan oleh perusahaan atau bahkan pengembangan diri, sehingga sangat tentu hal ini tidak bisa dilakukan oleh  Aplikasi ChatGPT.

Pada masa dan era digital seperti saat ini, perubahan di segala bidang sangat cepat terjadi. Maka dari itu, kemampuan inovatif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas diri dan perusahaan agar terus berkembang, khususnya dengan beberapa ancaman serius seperti adanya open AI.

3. Kreatifitas

Kemampuan selanjutnya yang juga sangat tidak mungkin dikerjakan oleh Aplikasi ChatGPT adalah kreatifitas. Kemampuan untuk bisa memberikan beberapa peluang besar terkait kreatifitas ini bisa memberikan pertimbangan tersendiri bagi ketahanan dalam persaingan jangka panjang di masa depan.

Pada dasarnya kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta. Dan secara khusus merupakan kemampuan untuk menggunakan daya imajinasinya dan sejumlah kemungkinan secara akumulasi untuk menghadirkan beberapa aspek  interaksi sehingga menghasilkan ide atau gagasan yang bermanfaat.

Suatu kreativitas dapat mewujudkan ide cemerlang dan seringkali belum pernah terpikirkan oleh banyak prang. Kemampuan ini dapat berguna untuk banyak hal, dan paling banyak dibutuhkan tentu untuk menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi.

Menghadapai semua aspek kehidupan atau bahkan persaingan pekerjaan saat ini maka setiap personal wajib untuk lebih kreatif, sebab jika hanya berpaku pada satu keahlian saja, maka akan cenderung sangat monoton dan tentunya secara basic kemampuan tersebut telah dikuasai oleh chatGPT. Oleh sebab itulah maka kuncinya harus pada kemampuan kreatifitas.

4. Komunikasi

Komunikasi merupakan kemampuan yang secara akumulasi juga tidak bisa dikuasai oleh Aplikasi chatGPT. Meski memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan pengguna secara langsung dengan banyak hal, akan tetapi dalam beberapa aspek komunikasi tentunya Ai masih terbatas.

Misalnya Di dalam dunia kerja, kemampuan komunikasi sangat penting sebagai bentuk menjaga dan merawat hubungan antara pekerja dan karyawan secara umum, sehingga suatu pekerjaan yang berhubungan dengan tujuan perusahaan bisa direalisasikan dengan baik melalui sistem komunikasi berkualitas.

Bahkan kemampuan komunikasi harus dimiliki oleh seorang manajer atau pimpinan perusahaan sebab dengan komunikasi yang baik maka pemimpin perusahaan memiliki kesempatan besar untuk mengontrol pekerjaan secara penuh. Oleh sebab itulah maka kemampuan ini sangat jauh untuk dikuasi oleh Aplikasi chatGPT.

5. Kemampuan Diplomasi

Kemampuan terakhir yang tidak mungkin dikuasai Aplikasi chatGPT saat ini adalah diplomasi. Sebab secara dasar kualitas diplomasi ini merupakan keahlian yang hanya bisa berkembang dengan oleh pikir panjang dengan pertimbangan sangat matang, dan hal ini tentu tidak ada dalam chatbot open Ai ini.

Diplomatic skill merupakan sekumpulan kemampuan yang dapat membantu untuk menjaga hubungan secara interpersonal. Misalnya dalam dunia kerja, baik di sebuah perusahaan atau menjalankan bisnis pribadi, maka kamu perlu menguasai skill diplomasi untuk menjaga dan merangkau banyak pihak.

Adanya kemampuan ini tentu bertujuan  untuk menyeimbangkan kebutuhanmu dan orang yang bekerja sama denganmu. Bahkan semua dilakukan dengan prinsip untuk juga menghindari permasalahan lebih besar.

Semua kemampuan diatas saat ini masih sangat jauh untuk dikuasai oleh  Aplikasi chatGPT. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES