Tekno

Yuk Bikin Game dengan Unity, Mesin Permainan Semua Platform

Kamis, 02 Maret 2023 - 13:44 | 136.57k
Ilustrasi membuat game dengan Unity. (Foto: Unity.com)
Ilustrasi membuat game dengan Unity. (Foto: Unity.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Unity adalah sebuah engine permainan video populer serta banyak digunakan di seluruh dunia. "Menggunakan Unity, pengembang permainan dapat membuat permainan video dengan kualitas sangat tinggi untuk platform apa pun, termasuk PC, konsol, ponsel, dan VR," jelas Timothy Peter Ratag, Manajer MetaTIMES saat dihubungi melalui pesan singkat.

Langkah-Langkah Bikin Game dengan Unity

Berikut langkah-langkah yang bisa digunakan untuk membuat game dengan Unity. 

Langkah Pertama: Menginstal Unity

Sebelum menginstal Unity, komputer kita harus memenuhi spesifikasi minimal berikut:

OS: Windows 7 SP1+, macOS 10.12+, Ubuntu 16.04+
CPU: 64-bit Intel atau AMD prosesor
RAM: 4 GB
Grafis: kartu grafis dengan dukungan DX10 (shader model 4.0)
Ruang penyimpanan: 3 GB

Namun, untuk mengoperasikan Unity dengan baik dan efisien, disarankan untuk memenuhi spesifikasi rekomendasi berikut:

OS: Windows 10, macOS 10.15+
CPU: 64-bit Intel i5 atau i7 prosesor, atau AMD Ryzen 5 atau 7 prosesor
RAM: 8 GB atau lebih
Grafis: kartu grafis dengan dukungan DX11 (shader model 5.0) atau lebih baik, 2 GB VRAM atau lebih
Ruang penyimpanan: SSD dengan minimal 20 GB ruang kosong untuk instalasi Unity

"Perlu diingat bahwa spesifikasi ini mungkin berbeda tergantung pada jenis proyek game yang akan dibuat dan platform yang akan ditargetkan," tambah Timmy, sapaan akrabnya.

Jika pengembangan game dilakukan menggunakan grafis kompleks atau menggunakan VR, pengembang memerlukan spesifikasi lebih tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa spesifikasi sistem sesuai rekomendasi oleh platform yang ditargetkan.

Setelah melakukan pengecekkan spesifikasi komputer, kita bisa langsung mengunjungi web Unity kemudian mengunduh aplikasi Unity. Setelah mengunduh Unity, ikuti instruksi instalasi untuk menginstal Unity di komputer.

Langkah Kedua: Membuat Proyek Baru

Setelah menginstal Unity, buka Unity kemudian buat proyek baru. Setelah membuat proyek baru, akan muncul antarmuka pengembangan Unity. Di sini, kita dapat menambahkan objek baru ke proyek, menambahkan skrip, dan mengedit scene game.

Langkah Ketiga: Membuat Objek

Setelah membuat proyek baru, kita bisa mulai membuat objek baru untuk digunakan dalam game. Selanjutnya, kita membuat objek menggunakan editor objek Unity atau mengimpor objek dari sumber eksternal seperti Maya ataupun Blender.

Langkah Keempat: Menambahkan Skrip

Setelah membuat objek, kita dapat menambahkan skrip ke objek tersebut. Skrip adalah instruksi berupa kode pada objek perilaku dalam game tersebut. "Pada penulisan skrip, kita dapat menggunakan bahasa C# atau JavaScript," tambah Timmy.

Langkah Kelima: Mengedit Scene

Setelah menambahkan objek juga skrip ke proyek, kita dapat mulai mengedit scene game. Scene adalah tampilan permainan video yang akan dilihat oleh pemain serta menyesuaikan tampilan scene serta menambahkan efek khusus seperti cahaya atau bayangan.

Langkah Keenam: Membangun Game

Setelah selesai mengedit scene game, pengembang bisa memulai membangun game. Membangun game adalah proses mengambil semua aset game lalu menggabungkannya menjadi satu file game kemudian dapat dijalankan di platform yang dipilih.

Kesimpulan

Untuk membuat game dengan Unity, pengembang harus menguasai dasar-dasar pemrograman, memiliki kreativitas, dan dedikasi yang kuat.

"Dalam mengembangkan game dengan Unity, ada banyak sumber daya juga tutorial, tersedia secara online untuk membantu belajar lebih banyak tentang teknik-teknik pengembangan game dengan Unity," jelas Timmy. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES