Tekno

Google Pamerkan Inovasi AI di Konferensi Tahunan Google I/O

Rabu, 17 Mei 2023 - 06:43 | 327.82k
Google ilustration.
Google ilustration.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Google baru-baru ini mengadakan konferensi tahunan Google I/O, di mana mereka memamerkan berbagai pengumuman penting terkait AI. Acara ini menandakan komitmen kuat mereka dalam mengintegrasikan AI ke dalam berbagai alat dan layanan di Google.

Integrasi AI Generatif ke Dalam Alat Google

Salah satu pengumuman penting adalah rencana Google untuk mengintegrasikan AI generatif ke dalam berbagai alatnya. Misalnya, "Help Me Write" di Gmail adalah fitur AI yang dirancang untuk membantu pengguna dalam menyusun email dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, Google juga berencana untuk mengintegrasikan AI ke dalam Google Docs dan Google Workspace, memungkinkan pengguna untuk membuat lembaran dan presentasi berdasarkan data mereka sendiri.

Perubahan Besar pada Fungsi Pencarian Google

Google juga mengumumkan perubahan signifikan pada fungsi pencarian mereka. Mereka berencana untuk mengintegrasikan AI percakapan ke dalam hasil pencarian, yang akan menyajikan hasil pencarian yang lebih interaktif dan berbasis percakapan. Selain itu, Google juga memperkenalkan pencarian belanja percakapan, di mana pengguna dapat mendeskripsikan atribut spesifik dari produk yang mereka cari dan AI akan menampilkan hasil yang cocok.

Fitur Baru dan Inovatif dari Google

Google terus menunjukkan inovasi dengan pengembangan beberapa fitur baru. "Magic Editor" adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit foto menggunakan AI, termasuk memindahkan dan menghapus objek, dan mengubah pencahayaan. Selain itu, Google juga mengembangkan penerjemah universal untuk video, yang akan menerjemahkan audio ke dalam berbagai bahasa dan menyinkronkan audio dengan bibir pembicara. Google juga berencana untuk menandai konten yang dihasilkan AI, membantu pengguna membedakan antara konten yang dibuat oleh AI dan manusia.

Model Bahasa Baru dari Google

Google mengumumkan model bahasa baru mereka, Palm 2 llm, yang telah dilatih pada data ilmiah dan 20 bahasa pemrograman. Model ini diharapkan akan membawa peningkatan besar dalam pemrograman dan matematika. Model ini akan diintegrasikan ke dalam Bard, model Google untuk generasi gambar. 

Selain itu, Google juga mengumumkan Med Palm 2, model yang dilatih khusus pada data medis, serta pengembangan Gemini, model dasar baru yang dimaksudkan untuk menjadi lebih kuat dan multi-modal daripada model yang ada.

Google menunjukkan komitmen mereka untuk berinovasi dalam bidang AI dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pengguna mereka. Dengan serangkaian pengumuman baru ini, mereka semakin memantapkan posisi mereka sebagai pemimpin dalam teknologi AI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES