Tekno

Tesla Bot Diperbarui: Robot Canggih Berfitur Tinggi dengan Visi Futuristik Elon Musk

Minggu, 21 Mei 2023 - 07:38 | 357.96k
Robot Humanoid yang dikenalkan Tesla dengan harga di bawah 300 juta. (Foto: The Verge)
Robot Humanoid yang dikenalkan Tesla dengan harga di bawah 300 juta. (Foto: The Verge)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tesla, perusahaan teknologi terkemuka di dunia, baru-baru ini kembali memamerkan kemajuan signifikan dalam pengembangan robot humanoid nya, yang dikenal sebagai Tesla Bot. Sejak pertama kali dipamerkan kepada publik tahun lalu di Tesla AI Day, robot futuristik ini telah menerima serangkaian upgrade fisik dan kemampuan yang luar biasa.

Dilansir dari The Verge, dalam acara rapat pemegang saham yang diadakan baru-baru ini, Elon Musk, CEO Tesla, memperkenalkan video terbaru tentang kemampuan Tesla Bot. Menurut laporan The Verge, video tersebut baru saja disusun malam sebelum acara tersebut.

Pada debutnya, Tesla Bot hanya menampilkan prototipe dengan komponen internal terlihat, tanpa casing eksternal. Robot tersebut berjalan perlahan dan hati-hati di atas panggung, sementara unit yang lebih lengkap diperlihatkan harus dibantu berdiri dengan stand dan hanya mampu melambaikan tangan ke penonton.

Namun, kini Tesla Bot terlihat lebih lengkap dan lebih mandiri. Salah satu contoh kemajuan ini adalah kemampuan baru Tesla Bot untuk mengangkat objek dari satu wadah dan menempatkannya di wadah lain.

Video tersebut juga menampilkan beberapa update lainnya, termasuk kontrol torsi motor, kemampuan penemuan dan penghafalan lingkungan, manipulasi objek, dan pelatihan AI dari gerakan manusia.

Selain fitur-fitur ini, Tesla Bot juga memiliki spesifikasi lain seperti baterai yang mampu bertahan sepanjang hari, dukungan untuk jaringan Wi-Fi dan LTE, dan kapasitas mengangkat beban hingga 9 kilogram. Tidak ketinggalan, robot ini juga dilengkapi dengan teknologi Autopilot canggih yang menjadi ciri khas Tesla.

Meski tampak semakin mendekati visi Musk untuk masa depan robotika, masih belum jelas kapan Tesla akan memulai produksi massal robot ini. Musk berencana menjual Tesla Bot dengan harga sekitar USD 20.000 atau sekitar Rp 298 jutaan.

Sebagai penutup, penting untuk mencatat bahwa Tesla terus berinovasi dan mendorong batas teknologi dengan Tesla Bot. Perusahaan ini berdedikasi untuk menciptakan robot humanoid yang mampu berfungsi secara otomatis dan membantu memudahkan kehidupan manusia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES