Tekno

ASUS ExpertBook B6 Flip (B6602F), Laptop Core i9 dan Nvidia Quadro RTX

Senin, 12 Juni 2023 - 10:40 | 138.04k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – ASUS, sebuah perusahaan teknologi terkemuka, kembali memamerkan inovasi terbarunya di pasar laptop bisnis di Indonesia. Produk terbaru yang diperkenalkan adalah ASUS ExpertBook B6 Flip (B6602F), sebuah laptop convertible 2-in-1 yang ditujukan khusus untuk segmen workstation yang berbasis NVIDIA® Quadro® RTX. Peluncuran produk ini melengkapi dan memperkaya portofolio laptop bisnis yang ditawarkan oleh ASUS.

Sebagai pelopor dalam bidang teknologi, ASUS berkomitmen untuk terus menciptakan produk-produk inovatif yang mendukung perkembangan teknologi masa depan. ExpertBook B6 Flip (B6602F) menjadi representasi dari komitmen tersebut. Sebagai produk terkini dalam lini Expert series, laptop ini merupakan mobile workstation pertama yang dilengkapi dengan layar flippable. Fitur ini dirancang khusus untuk memfasilitasi kegiatan CAD modelling, menjadikannya perangkat penting dalam pergerakan teknologi saat ini.

ExpertBook B6 Flip hadir dengan desain layar yang dapat diputar hingga 360°, menjadikannya solusi yang ideal bagi para profesional seperti arsitek dan insinyur, serta perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Laptop ini mendukung solusi perangkat lunak seperti 3ds Max®, MicroStation®, dan Vectorworks®, yang memungkinkannya untuk dioperasikan di komputer dengan spesifikasi khusus. Fitur-fitur ini mampu memberikan tingkat fleksibilitas dan kenyamanan yang tinggi bagi penggunanya.

Dengan kekuatan luar biasa yang terkandung dalam laptop ringan dan fleksibel ini, ExpertBook B6 Flip dapat dengan lancar menangani tugas-tugas yang kompleks di berbagai sektor kreatifLaptop ini dapat membantu pengguna untuk mewujudkan konsep desain dan menawarkan solusi untuk berbagai industri.

ExpertBook B6 Flip juga mendukung software Building Information Modeling (BIM) seperti ArchiCAD, yang memungkinkan transformasi dari sketsa 2D ke 3D modelling dan melakukan pencetakan menggunakan alat seperti Creo® dan Solidworks®. Selain itu, dapat juga menangani aplikasi yang intensif dalam pengolahan data, sehingga pengguna dapat memperoleh insight yang lebih dalam dan membuat keputusan yang tepat. 

Sejalan dengan komitmen ASUS untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan, ExpertBook B6 Flip menggunakan material yang ramah lingkungan sepanjang siklus produknya. Penggunaan kemasan ramah lingkungan dan material kertas bersertifikat FSC di seluruh bagian paket penjualan laptop ini adalah bukti dari komitmen tersebut.

ASUS-ExpertBook-B6-Flip---V3-2.jpg

Komponen Kelas Tertinggi untuk Laptop

ExpertBook B6 Flip diciptakan sebagai perangkat dengan kapabilitas komputasi yang sangat hebat. Laptop ini menggabungkan CPU Intel® Core™ i9-12950HX Processor, grafis NVIDIA® RTX®, memori dual channel DDR5-4800MHz hingga 128GB, dan storage ultra cepat berbasis M.2 yang mampu menampung data hingga 4TB. Susunan perangkat keras ini memungkinkan performa optimal dalam berbagai aplikasi, termasuk desain 3D dan machine learning.

Industri Arsitektur, Teknik, dan Konstruksi (AEC) diperkirakan akan berkembang pesat dalam waktu dekat. Meskipun demikian, proyek dalam industri ini sering kali kompleks dan menantang untuk dikelola dan dieksekusi. Berdasarkan penelitian, lebih dari setengah dari para pemimpin industri AEC menilai bahwa tantangan terbesar yang mereka hadapi adalah menarik dan mempertahankan talenta dalam tim mereka.

Penelitian juga menunjukkan bahwa dalam era Construction 4.0 dan Industri 4.0, teknologi menjadi faktor penentu penting. Dengan implementasi teknologi yang tepat, diperkirakan industri AEC global dapat menghemat hingga sekitar 950 juta dolar AS pada tahun 2025 mendatang.

Dalam situasi ini, pemimpin industri AEC dituntut untuk bisa menentukan perangkat digital mana yang layak untuk diinvestasikan. Di sinilah peran dari perangkat bertenaga seperti ExpertBook B6 Flip menjadi penting.

Namun, tantangan berikutnya adalah memastikan bahwa workstation berkinerja tinggi seperti ini tetap dapat beroperasi maksimal. Biasanya, komponen performa tinggi ini menghasilkan panas yang berlebih dan memerlukan sistem pendinginan yang hebat. Biasanya, hal ini berarti tingkat kebisingan yang lebih tinggi. Untuk mengatasi ini, ASUS melengkapi ExpertBook B6 Flip (B6602) dengan teknologi pendinginan inovatif untuk menyejukkan prosesor Intel dan grafis NVIDIA. 

Dua komponen utama ini mengonsumsi daya hingga 135 watt (55 CPU dan 80W GPU). Berkat sistem pendinginan inovatif, kedua komponen tersebut dapat bekerja tanpa penurunan performa. Dengan dukungan NVIDIA Max-P Dynamic Boost, pengguna bahkan dapat meningkatkan performa grafis laptop ini lebih jauh. Di saat yang sama, kipas dengan 98 blade, tiga heatpipe, dan tujuh sensor cerdas akan menjaga suara tetap di bawah 40dbA dalam mode Standar, sehingga pengguna dapat tetap fokus bekerja tanpa terganggu oleh kebisingan.

ASUS-ExpertBook-B6-Flip---V3-3.jpg

Khusus untuk Rendering, Pemodelan 3D dan Artificial Intelligence

ExpertBook B6 Flip, lebih dari sekadar laptop profesional, merupakan alat yang diperkaya oleh grafis kelas profesional NVIDIA RTX A2000. Arsitektur teknologi NVIDIA Ampere™ dalam laptop ini meningkatkan produktivitas pengguna, memungkinkan berbagai tugas seperti rendering video, produksi animasi dan model 3D, serta desain grafis dilakukan dengan lancar dan efisien.

NVIDIA Ampere™ menyediakan berbagai fitur teknologi canggih. Fitur-fitur ini mencakup ray-tracing dan Tensor core yang mendukung sparsity, teknologi AI dengan resolusi super DLSS 2.0, serta streaming multiprocessor. Gabungan dari semua fitur ini memberikan peningkatan performa yang signifikan, memungkinkan GPU ini untuk menghasilkan grafis ray-traced yang sangat realistis dan memanfaatkan kemampuan AI.

Dalam konteks aplikasi profesional untuk arsitektur, teknik, dan konstruksi, seperti Revit®, 3dsMax® dan Maya®, ExpertBook B6 Flip dapat menjalankan mereka dengan sangat lancar. Performa ini menjadi keuntungan besar bagi profesional di bidang-bidang tersebut, memberi mereka kemampuan untuk mengolah data dan menciptakan desain dengan kecepatan dan efisiensi yang lebih besar.

Laptop ini juga sangat kompatibel dengan aplikasi desain produk dan manufaktur seperti Creo®, SolidWorks®, atau Microstation®. Penggunaan aplikasi-aplikasi ini pada ExpertBook B6 Flip memungkinkan pengguna untuk melakukan render dengan sangat mulus, sehingga menghasilkan hasil kerja yang optimal.

Selain itu, aplikasi kreatif dan media, seperti Adobe® Premiere®, yang biasanya membutuhkan sumber daya yang besar, dapat dijalankan dengan bebas hambatan pada ExpertBook B6 Flip. Hal ini menunjukkan bahwa laptop ini tidak hanya dirancang untuk profesional teknis, tetapi juga untuk profesional kreatif yang membutuhkan sumber daya komputasi yang tinggi.

ASUS-ExpertBook-B6-Flip---V3-4.jpg

Perlindungan Keamanan Data Tingkat Tinggi

Keamanan menjadi perhatian utama di sektor Architecture, Engineering, and Construction (AEC). Industri ini sering kali menghadapi risiko keamanan karena kerap menangani data proyek yang sangat rahasia dan transmisi informasi dalam jumlah besar, baik secara internal maupun eksternal. Oleh karena itu, perlindungan digital kelas atas sangat penting untuk melindungi properti intelektual dan data finansial yang sensitif.

ExpertBook B6 Flip hadir untuk menawarkan solusi keamanan tersebut. Dengan platform Intel vPro Enterprise dan sistem operasi Windows 11 Pro, workstation ini tidak hanya menawarkan produktivitas yang lebih tinggi, tetapi juga keamanan yang tangguh. Keunggulan ini memungkinkan proses pengambilan keputusan dan pengiriman informasi menjadi lebih lancar, serta penyelesaian proyek dapat dilakukan dengan lebih cepat.

ExpertBook B6 Flip dilengkapi dengan sistem pengamanan berlapis yang sangat ideal untuk digunakan di lingkungan pemerintahan dan industri finansial. Di dalamnya terdapat storage berbasis TCG Opal SSD yang mendukung enkripsi diri untuk mencegah akses yang tidak berwenang ke data, serta chip TPM 2.0 untuk mengamankan informasi otentikasi seperti password atau kunci enkripsi.

Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan pembaca kartu pintar yang memudahkan autentifikasi dua faktor. Autentifikasi ini melibatkan password dan kartu dengan chip nirkabel untuk proses login. Fasilitas ini meningkatkan tingkat keamanan laptop dengan verifikasi ganda.

Untuk peningkatan keamanan lebih lanjut, ExpertBook B6 Flip dilengkapi dengan kamera inframerah yang memudahkan login melalui sistem Windows Hello. Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan autentikasi, sekaligus mempertahankan tingkat keamanan yang tinggi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES