Tekno

Membuat Video Youtube Ala Gamer Profesional Dengan Filmora

Selasa, 12 September 2023 - 16:09 | 106.73k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – YouTube telah menjadi salah satu platform utama bagi para gamers untuk berbagi pengalaman mereka dalam bermain game dengan audiens global. Bagi seorang YouTuber game, kualitas video dan presentasi yang menarik adalah kunci utama untuk membangun basis penggemar yang besar.

Salah satu aspek penting dari video YouTube ala gamer profesional adalah pengeditan video yang kreatif dan menarik. Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri khas dari YouTuber game dalam edit video, termasuk teknik-teknik seperti split screen, green screen, capture screen, transkripsi suara, dan penggunaan skrip. Selain itu, kita juga akan menjelaskan mengapa Wondershare Filmora merupakan perangkat lunak yang sangat cocok untuk menciptakan video-game yang profesional dan menarik.

Ciri Khas Pengeditan Video YouTuber Game

  1. Split Screen dengan Green Screen: Salah satu ciri khas dari video-game YouTuber adalah penggunaan teknik split screen, di mana tampilan presenter dan tampilan game dapat ditampilkan bersamaan dalam satu layar. Teknik ini sering menggunakan green screen untuk memungkinkan presenter berinteraksi dengan latar belakang yang dapat diganti-ganti sesuai dengan game yang sedang dimainkan.
  2. Capture Screen: Penggunaan capture screen merupakan langkah penting dalam membuat video-game. YouTuber game akan merekam layar saat mereka bermain game, dan kemudian mengedit rekaman tersebut untuk menampilkan momen-momen penting, strategi permainan, atau aksi-aksi menarik lainnya.
  3. Transkripsi Suara: Dalam banyak video-game, suara dan komentar dari YouTuber game memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi dan hiburan kepada penonton. Oleh karena itu, seringkali transkripsi suara ditambahkan dalam video untuk memastikan bahwa audiens dapat mengikuti percakapan dengan lebih baik, terutama jika bahasa yang digunakan tidak sepenuhnya dimengerti.
  4. Tutorial Game dengan Skrip: Video tutorial game adalah salah satu jenis konten yang populer di platform YouTube. Dalam pembuatan tutorial game, skrip yang telah dipersiapkan sebelumnya sangat membantu YouTuber dalam menyampaikan informasi dengan jelas dan terstruktur.

Profil Wondershare Filmora dan Perusahaan Pengembangnya

Wondershare Filmora adalah perangkat lunak video editor untuk windows dan mac yang populer dan serbaguna yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para kreator konten, termasuk YouTuber game profesional. Dengan antarmuka yang intuitif dan fitur-fitur kreatif, Filmora video editor memungkinkan pengguna untuk membuat video berkualitas tinggi dengan mudah. Perangkat lunak ini menawarkan berbagai alat pengeditan, efek visual, transisi, dan dukungan untuk berbagai format video.

Wondershare Technology Co., Ltd. adalah perusahaan teknologi global yang mengembangkan berbagai perangkat lunak kreatif, utilitas, dan layanan online untuk memfasilitasi produktivitas dan kreativitas penggunanya. Berbasis di Shenzhen, China, perusahaan ini didirikan pada tahun 2003 dan telah menjadi salah satu pemimpin di bidang perangkat lunak kreatif dan utilitas.

Perjalanan pengembangan Wondershare Filmora dimulai pada tahun 2015 ketika perangkat lunak ini pertama kali diperkenalkan ke pasar. Dari versi pertamanya hingga versi 12 pada tahun 2023, Filmora mengalami perkembangan yang signifikan dalam hal fitur dan kinerja. Pada awalnya, Filmora telah menawarkan alat edit video yang mudah digunakan namun efektif bagi pengguna yang tidak memiliki latar belakang profesional di bidang pengeditan video. Seiring waktu, perangkat lunak ini terus berkembang dengan penambahan fitur-fitur canggih, efek kreatif, dan alat-alat pengeditan yang lebih kuat.

Wondershare Technology Co., Ltd. terus mengambil umpan balik dari pengguna dan mengimplementasikan pembaruan serta peningkatan berdasarkan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi. Dalam beberapa tahun terakhir, Filmora telah menghadirkan dukungan untuk video berkualitas tinggi, termasuk resolusi 4K, serta fitur-fitur seperti AI image, Text-to-Speech, dan Speech-to-Text yang relevan bagi kreator konten, termasuk YouTuber game profesional. Dengan pendekatan ini, Filmora terus berupaya memberikan solusi editing video yang sesuai dengan tuntutan dan tren konten terbaru.

Profil perusahaan dan perkembangan Filmora ini akan menjadi latar belakang penting bagi pembaca yang ingin memahami lebih dalam tentang asal usul perangkat lunak ini dan bagaimana ia menjadi pilihan yang ideal untuk para YouTuber game dalam membuat video berkualitas tinggi.

Layout/Interface yang Sederhana dan Drag & Drop

Salah satu keunggulan utama Wondershare Filmora adalah antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Khususnya untuk YouTuber pemula yang ingin membuat video game, antarmuka yang intuitif ini sangat membantu dalam proses edit video. Interface Filmora dirancang dengan tampilan yang jelas dan efisien, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menemukan dan menggunakan berbagai fitur tanpa perlu pengetahuan teknis yang mendalam.

Drag & drop adalah fitur yang menjadi keunggulan dalam antarmuka Filmora. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan elemen-elemen seperti gambar, video, teks, efek, dan transisi hanya dengan menarik dan melepaskannya ke dalam timeline pengeditan. Ini sangat cocok untuk YouTuber game pemula yang mungkin belum memiliki pengalaman luas dalam pengeditan video. Dengan cara ini, proses pengeditan menjadi lebih visual dan interaktif, serta memungkinkan eksperimen kreatif tanpa harus belajar kode atau teknik rumit.

Fitur Unggulan

Sebagai seorang YouTuber game, Anda pasti ingin menghadirkan konten yang menarik dan berkualitas tinggi agar dapat menarik perhatian penonton Anda. Untuk mencapai itu, Anda perlu mengandalkan alat yang kuat dan fleksibel dalam proses edit video. Inilah mengapa Wondershare Filmora video editor menjadi pilihan yang sangat cocok bagi YouTuber game pemula maupun berpengalaman.

Dengan antarmuka yang intuitif dan fitur-fitur yang disusun dengan baik, Filmora memudahkan Anda untuk membuat video-game yang profesional. Fitur-fitur ini dirancang untuk membantu Anda menggabungkan elemen-elemen yang diperlukan dalam video-game, seperti merekam layar, mengganti latar belakang dengan teknologi green screen, menambahkan teks, suara narasi, serta efek-efek yang menciptakan daya tarik visual yang menarik.

Dalam dunia YouTube game, visual dan presentasi adalah kunci. Filmora memiliki berbagai alat yang memungkinkan Anda menghasilkan video yang memukau dengan berbagai elemen yang dapat disesuaikan sesuai gaya Anda. Dari penghapusan latar belakang hingga penggunaan teknologi green screen, Filmora menawarkan beragam fitur yang memperluas kreativitas Anda dalam menghasilkan konten game yang unik dan menarik.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi berbagai fitur utama yang ditawarkan oleh Filmora dan bagaimana fitur-fitur tersebut dapat diterapkan dalam konteks video-game. Mari kita selangkah lebih dekat untuk mengungkap keajaiban pengeditan video yang dapat Anda capai dengan bantuan perangkat lunak ini.

Remove Background

Fitur “Remove Background” dalam Wondershare Filmora adalah alat yang sangat berharga bagi para YouTuber pemula yang ingin menciptakan video berkualitas tinggi dalam genre game. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghilangkan latar belakang dari rekaman video mereka, sehingga presenter atau pemain game dapat dengan mudah dipisahkan dari latar belakang asli.

Bagi YouTuber game, ini adalah langkah penting dalam menghasilkan tampilan profesional. Saat menjelaskan permainan atau bermain game, menghilangkan latar belakang dapat memberikan kesan yang lebih fokus pada permainan itu sendiri, tanpa distraksi dari lingkungan sekitarnya. Para pemula dalam dunia konten game seringkali tidak memiliki studio perekaman canggih, jadi fitur ini membantu mereka mencapai estetika visual yang lebih baik.

Green Screen (chroma keying)

Green screen, juga dikenal sebagai chroma keying, adalah teknik dalam dunia produksi video di mana latar belakang berwarna hijau (atau kadang-kadang biru) digunakan sebagai latar yang dapat dihapus secara digital. Teknik ini memungkinkan editor video untuk menghapus latar belakang hijau dan menggantinya dengan gambar atau video lain, seperti tampilan permainan yang sedang dimainkan oleh seorang YouTuber game. Green screen memungkinkan kreativitas tanpa batas dalam pembuatan video dengan memberikan fleksibilitas untuk menempatkan presenter di berbagai latar belakang yang sesuai dengan tema permainan atau konten.

chroma.jpg

Para YouTuber game profesional sering memanfaatkan teknik green screen dalam video mereka. Dengan menggunakan green screen, mereka dapat merekam diri mereka sendiri saat berbicara atau bereaksi terhadap permainan yang sedang dimainkan, dan kemudian menghapus latar belakang hijau tersebut. Dalam proses pengeditan, latar belakang hijau akan diganti dengan tampilan game yang sesuai. Hasilnya adalah video yang terlihat seperti presenter berada dalam permainan itu sendiri, menciptakan pengalaman yang lebih imersif bagi penonton.

Text-to-Speech: Membuat Narasi Tanpa Merekam Suara Sendiri

Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh youtuber pemula adalah pembuatan narasi atau komentar dalam video mereka. Terkadang, mereka mungkin tidak merasa nyaman atau percaya diri untuk merekam suara mereka sendiri. Inilah di mana fitur Text-to-Speech (TTS) dari Wondershare Filmora menjadi sangat berharga.

Text-to-Speech adalah teknologi yang mengubah teks tertulis menjadi suara yang dapat didengar. Dalam konteks pembuatan video YouTube, ini berarti Anda dapat mengonversi script atau narasi yang telah Anda siapkan menjadi suara yang terdengar dalam video Anda. Teknologi ini semakin canggih seiring waktu, sehingga suara yang dihasilkan terdengar lebih alami dan menarik.

Bagi youtuber pemula yang mungkin belum siap untuk merekam suara mereka sendiri, Text-to-Speech adalah solusi yang sangat berguna. Anda dapat menulis skrip atau narasi untuk video tutorial game Anda, dan kemudian mengonversinya menjadi suara menggunakan fitur TTS Filmora. Ini tidak hanya menghemat waktu dalam produksi, tetapi juga memberi Anda kemampuan untuk menyajikan narasi dengan gaya dan nada yang sesuai dengan konten Anda.

Speech-to-Text: Meningkatkan Keseruan dengan Transkripsi Otomatis

Speech-to-Text adalah fitur penting dalam Filmora yang memberikan nilai tambah signifikan bagi YouTuber game. Dengan fitur ini, Anda dapat mengubah percakapan dan suara dalam video gameplay menjadi teks secara otomatis. Bagi YouTuber pemula, fitur ini terbukti sangat berguna karena memungkinkan mereka untuk menciptakan transkripsi dari suara dalam video mereka tanpa perlu mengetiknya secara manual.

Speech-to-Text.jpg

Mengapa fitur ini penting? Bayangkan membuat video gameplay yang penuh aksi dan dialog antara karakter dalam permainan. Dengan Speech-to-Text, dialog tersebut dapat dengan mudah diubah menjadi teks yang bisa ditampilkan di layar. Ini memberikan dimensi baru pada video Anda, seperti yang kita lihat pada video Mylhya yang sering menggunakan teknik ini.

Bagaimana fitur ini berfungsi? Filmora video editor menggunakan teknologi pengenalan suara canggih untuk mengartikan suara dalam video ke dalam teks. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan teks yang sesuai dengan gaya dan tema video Anda. Dengan menghadirkan transkripsi suara ke dalam video, Anda memberikan penonton peluang untuk mengikuti dengan lebih baik apa yang terjadi dalam permainan, bahkan jika mereka tidak dapat mendengar dengan jelas.

Dengan Speech-to-Text, video gameplay Anda bisa menjadi lebih inklusif, mudah dimengerti, dan lebih menarik. Penggunaannya yang sederhana dan otomatis menjadikan ini sebagai alat yang kuat untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik video Anda. Jadi, jika Anda ingin menjadikan gameplay Anda lebih seru dan informatif, fitur ini adalah tambahan yang tak boleh dilewatkan dalam perangkat lunak Filmora.

Screen Recorder: Merekam Permainan yang Sedang Dimainkan

Salah satu fitur utama yang sangat berguna dalam Wondershare Filmora adalah Screen Recorder. Screen Recorder adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk merekam layar komputer mereka secara langsung. Bagi seorang YouTuber game, fitur ini memiliki manfaat besar karena memungkinkan mereka merekam permainan yang sedang dimainkan dengan mudah dan menghasilkan konten berkualitas tinggi. Dalam konteks pembuatan video YouTube ala gamer profesional, Screen Recorder memungkinkan Anda untuk:

  • Merekam Permainan: Anda dapat merekam permainan yang sedang Anda mainkan dengan kualitas tinggi dan mengabadikan momen-momen menarik dalam permainan.
  • Pembuatan Tutorial Game: Anda dapat membuat tutorial game yang interaktif dengan merekam langkah-langkah permainan dan memberikan penjelasan tentang strategi atau trik yang Anda gunakan.
  • Demonstrasi Gameplay: Anda dapat menghadirkan pengalaman bermain game secara langsung kepada penonton dengan merekam permainan secara keseluruhan.

Penggunaan Screen Recorder dalam Wondershare Filmora sangatlah intuitif. Anda dapat mengatur area yang akan direkam, memilih resolusi video, dan menambahkan audio komentar sesuai kebutuhan Anda. Setelah merekam, hasil rekaman dapat langsung diedit dan dimasukkan ke dalam proyek video Anda.

Split Screen

Salah satu elemen penting dari video YouTube ala gamer profesional adalah tampilan layar terbagi, atau yang lebih dikenal sebagai “Split Screen”. Teknik ini memungkinkan para YouTuber game untuk menampilkan dua atau lebih tampilan video secara bersamaan dalam satu frame. Biasanya, tampilan ini membagi layar antara presenter (YouTuber) dan tampilan permainan (gameplay) dalam proporsi yang sesuai.

Split-Screen.jpg

Dalam konteks edit video di PC, penggunaan Split Screen memungkinkan para YouTuber game untuk menggabungkan rekaman layar permainan yang tengah dimainkan dengan rekaman presenter yang sedang membawakan atau memainkan permainan tersebut dengan lebih mudah. Hasilnya, penonton dapat secara simultan melihat reaksi presenter dan aksi dalam permainan yang dimainkan.

Sebagai contoh, mari lihat video-video dari kanal YouTube Windah Basudara. Dalam video-video mereka, Split Screen digunakan dengan cerdas untuk menampilkan reaksi wajah presenter di salah satu sudut layar, sementara tampilan permainan di bagian lainnya. Teknik ini memberikan dimensi tambahan pada pengalaman menonton, memungkinkan penonton untuk lebih terhubung dengan presenter serta lebih memahami konteks aksi dalam permainan.

Wondershare Filmora video editor memahami pentingnya teknik Split Screen ini dalam pengeditan video YouTube ala gamer profesional. Dengan antarmuka yang intuitif, pengguna dapat dengan mudah menciptakan tampilan layar terbagi dengan menempatkan rekaman presenter dan permainan di berbagai bagian layar. Fitur ini memungkinkan para YouTuber pemula untuk dengan cepat menghasilkan video dengan estetika yang menarik dan profesional.

Dengan menggunakan teknik Split Screen, para YouTuber game dapat menciptakan pengalaman menonton yang lebih kaya dan interaktif, menggabungkan reaksi presenter dengan aksi dalam permainan. Dalam kombinasi dengan fitur-fitur lain dari Wondershare Filmora, pengguna dapat dengan mudah menghasilkan video-gameplay yang profesional dan menarik.

AI Image: Meningkatkan Kreativitas Visual

Salah satu aspek penting dalam konten YouTube adalah tampilan visual yang menarik. Dalam hal ini, Wondershare Filmora memiliki fitur yang disebut AI Image yang dapat memberikan sentuhan kreatif pada video Anda. Fitur ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menghasilkan gambar dari teks yang Anda input. Bagaimana cara ini berfungsi?

Misalkan Anda ingin membuat cover menarik atau sekadar tampilan intro untuk video gaming Anda. Dengan AI Image, Anda dapat mengetikkan kata atau kalimat tertentu yang menggambarkan tema video Anda, misalnya nama game yang sedang Anda ulas atau slogan yang relevan. Setelah itu, Filmora akan mengubah teks ini menjadi gambar visual yang unik dan sesuai dengan gaya gaming Anda.

Mengapa fitur AI Image ini sangat berharga, terutama bagi para pemula dalam dunia konten kreatif? Pertama-tama, untuk menciptakan desain visual yang menarik, tidak selalu diperlukan keahlian mendalam dalam grafis. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan gambar kreatif tanpa harus mengandalkan keterampilan desain yang rumit. Ini sangat membantu para gamer pemula yang mungkin lebih fokus pada pengalaman bermain daripada desain grafis.

Tidak hanya dalam pembuatan cover, fitur AI Image juga bisa diterapkan dalam pembuatan screen intro video gaming. Anda bisa membuat gambar yang mencerminkan suasana permainan atau bahkan menggambarkan karakter dari game yang Anda ulas. Ini memberikan sentuhan personal dan profesional pada video Anda.

Dengan AI Image, kreativitas visual Anda tidak terbatas oleh keterampilan desain grafis. Anda dapat dengan mudah menambahkan elemen visual yang menarik dan sesuai dengan tema video gaming Anda, yang pada akhirnya akan memikat penonton Anda.

Efek & Plugin: Meningkatkan Daya Tarik Video Anda

Efek dan plugin merupakan komponen penting dalam proses edit video yang dapat memberikan sentuhan kreatif dan meningkatkan daya tarik visual dari video Anda. Dalam konteks pembuatan video YouTube ala gamer profesional, Efek & Plugin dalam Wondershare Filmora dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan kualitas visual dan menambahkan elemen menarik dalam video-game Anda.

Filmora menyediakan beragam efek visual yang bisa diaplikasikan pada video Anda. Ini mencakup efek transisi yang halus untuk menghubungkan antara adegan-adegan dalam video Anda, efek filter untuk memberikan tampilan khas atau mood tertentu, dan efek lain seperti slow motion, tampilan ganda, dan masih banyak lagi. Dalam konteks video game, Anda bisa memanfaatkan efek-efek ini untuk membuat transisi antara scene-gameplay dan scene-presenter lebih mulus dan menarik.

Suara yang baik sangat penting dalam video game, dan Filmora memungkinkan Anda untuk menambahkan efek audio seperti efek suara khusus, musik latar, dan pengeditan audio dasar. Anda dapat menyesuaikan efek audio ini agar sesuai dengan permainan yang ditampilkan, menciptakan atmosfir yang lebih mendalam, atau menonjolkan momen-momen tertentu dalam gameplay Anda.

Harga Berlangganan: Pilihan yang Fleksibel untuk Setiap Youtuber Game

Salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan oleh setiap YouTuber adalah opsi berlangganan perangkat lunak yang mereka gunakan. Dalam hal ini, Wondershare Filmora menyajikan beberapa pilihan berlangganan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran pengguna. Dengan berbagai pilihan harga yang ditawarkan, YouTuber pemula hingga profesional dapat memilih paket yang paling cocok untuk mereka.

  1. Paket Tiga Bulan: Dengan harga awal sebesar Rp780,000, paket ini menawarkan durasi berlangganan selama tiga bulan. Namun, dalam tawaran khusus, Anda dapat mendapatkan diskon besar sehingga harga berlangganan hanya menjadi Rp310,000 untuk tiga bulan penggunaan. Ini adalah pilihan yang ideal bagi mereka yang ingin mencoba Filmora untuk jangka pendek atau membutuhkan solusi sementara.
  2. Paket Tahunan: Paket ini merupakan pilihan populer di kalangan para YouTuber. Dengan harga awal Rp1,594,000 per tahun, Anda bisa mendapatkan diskon istimewa sehingga biaya berlangganan hanya Rp596,000 per tahun. Ini adalah pilihan yang sangat menguntungkan, terutama bagi mereka yang ingin berkomitmen untuk mengembangkan kanal YouTube mereka dalam jangka panjang.
  3. Paket Perpetual: Bagi Anda yang ingin memiliki akses tanpa batas, paket perpetual adalah opsi yang tepat. Dengan harga awal Rp2,489,000, Filmora video editor menawarkan diskon signifikan, menjadikan biaya berlangganan hanya Rp1,099,000. Dengan paket ini, Anda dapat terus menggunakan Filmora tanpa batasan waktu, memberi fleksibilitas yang sangat dibutuhkan oleh YouTuber game yang ingin eksperimen dengan kreativitas mereka.

Dengan berbagai pilihan paket berlangganan ini, Filmora memberikan fleksibilitas untuk semua jenis YouTuber game, mulai dari yang baru memulai hingga yang sudah berpengalaman. Dengan biaya yang terjangkau dan diskon menarik, pengguna dapat memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka dalam mengembangkan konten gaming yang menarik dan berkualitas.

Kebutuhan Sistem

Windows:

  1. Sistem Operasi yang Didukung: Windows 7/Windows 8.1/Windows 10/Windows 11 (Sistem Operasi 64 bit).
  2. Prosesor: Intel i3 atau prosesor multicore yang lebih baik, dengan kecepatan 2GHz atau lebih tinggi. (Prosesor Intel Generasi ke-6 atau yang lebih baru disarankan untuk Video HD dan 4K).
  3. RAM: 4 GB RAM (8GB diperlukan untuk Video HD dan 4K).
  4. Grafis: Intel HD Graphics 5000 atau yang lebih baru; NVIDIA GeForce GTX 700 atau yang lebih baru; AMD Radeon R5 atau yang lebih baru.
  5. 2 GB vRAM (4GB diperlukan untuk Video HD dan 4K).
  6. Ruang Disk: Minimal 10GB ruang hard-disk kosong untuk instalasi (Solid State Disk (SSD) direkomendasikan untuk pengeditan Video HD dan 4K).
  7. Koneksi Internet: Koneksi internet diperlukan untuk registrasi perangkat lunak dan akses ke layanan online seperti Filmstock.

Mac:

  1. Sistem Operasi: macOS V13 (Ventura), macOS V12 (Monterey), macOS v11 (Big Sur), macOS v10.15 (Catalina), macOS v10.14 (Mojave).
  2. Jika Anda menggunakan macOS X 10.12 hingga 10.13.
  3. Prosesor: Intel i5 atau prosesor multicore yang lebih baik, dengan kecepatan 2GHz atau lebih tinggi. (Prosesor Intel Generasi ke-6 atau yang lebih baru disarankan untuk Video HD dan 4K, juga kompatibel dengan chip Apple M1/M2).
  4. RAM: 8 GB RAM (16GB diperlukan untuk Video HD dan 4K).
  5. Grafis: Intel HD Graphics 5000 atau yang lebih baru; NVIDIA GeForce GTX 700 atau yang lebih baru; AMD Radeon R5 atau yang lebih baru.
  6. 2 GB vRAM (4GB diperlukan untuk Video HD dan 4K).
  7. Ruang Disk: Minimal 10GB ruang hard-disk kosong untuk instalasi (Solid State Disk (SSD) direkomendasikan untuk edit Video di PC dengan format HD dan 4K).
  8. Koneksi Internet: Koneksi internet diperlukan untuk registrasi perangkat lunak dan akses ke layanan online seperti Filmstock.

Dengan memenuhi persyaratan sistem ini, Anda dapat menjalankan Wondershare Filmora dengan lancar pada komputer Windows atau Mac Anda. Pastikan komputer Anda sesuai dengan spesifikasi yang disebutkan di atas agar Anda dapat mengoptimalkan pengalaman edit video di PC Anda.

Kelebihan (Pro):

  1. Antarmuka Sederhana dan Drag-and-Drop: Layout/interface Filmora yang sederhana sangat cocok untuk youtuber pemula. Pengguna dapat dengan mudah menemukan alat dan efek yang mereka butuhkan dan langsung mengatur elemen-elemen video dengan metode drag-and-drop.
  2. Fitur Remove Background: Fitur ini memungkinkan youtuber game pemula untuk menghapus latar belakang saat merekam video mereka dan menggantinya dengan tampilan permainan. Ini membantu dalam membuat video yang lebih fokus pada permainan tanpa gangguan latar belakang yang tidak relevan.
  3. Penggunaan Green Screen: Wondershare Filmora mendukung penggunaan green screen, memungkinkan youtuber game untuk mengganti latar belakang hijau dengan tampilan permainan yang sedang dimainkan, memberikan tampilan yang lebih profesional.
  4. Text-to-Speech dan Speech-to-Text: Fitur ini sangat berguna untuk youtuber game yang ingin memberikan narasi atau transkripsi suara dalam video mereka. Dengan Text-to-Speech, youtuber dapat membuat narasi dari script tanpa perlu merekam suara sendiri. Sedangkan Speech-to-Text membantu dalam membuat video lebih menarik dengan transkripsi otomatis dari suara.
  5. Screen Recorder: Filmora dilengkapi dengan perekam layar yang memungkinkan youtuber game untuk merekam permainan yang sedang dimainkan, sehingga mereka dapat berbagi gameplay secara langsung.
  6. Split Screen: Fitur Split Screen memungkinkan youtuber untuk menggabungkan rekaman layar permainan dengan rekaman presenter, menciptakan tampilan seperti youtuber game profesional dengan video presenter di pojok layar.
  7. AI Image Creation: Kemampuan untuk menghasilkan gambar dari teks membantu dalam membuat cover atau elemen-elemen kreatif lainnya yang meningkatkan daya tarik visual video.
  8. Banyak Efek dan Plugin: Filmora menawarkan berbagai efek dan plugin yang memungkinkan youtuber game untuk menambahkan sentuhan kreatif ke dalam video mereka, meningkatkan kualitas visual secara keseluruhan.

Kekurangan (Kontra):

  1. Biaya Tambahan untuk Efek dan Plugin: Meskipun Filmora menyediakan berbagai efek dan plugin, beberapa di antaranya mungkin memerlukan pembelian tambahan di luar biaya berlangganan, yang dapat meningkatkan biaya secara keseluruhan.
  2. Durasi Terbatas pada Fitur Teks-ke-Suara dan Suara-ke-Teks: Durasi terbatas pada fitur text-to-speech dan speech-to-text yang disediakan sebagai bonus dalam paket dapat menjadi keterbatasan, terutama untuk proyek video yang lebih panjang.

Dengan mempertimbangkan pro dan kontra di atas, Wondershare Filmora video editor adalah pilihan yang baik untuk youtuber game pemula yang ingin menghasilkan konten berkualitas dengan fitur-fitur yang memudahkan proses pengeditan video dan menambahkan elemen kreatif. Meskipun ada beberapa keterbatasan terkait biaya tambahan dan durasi fitur bonus, fitur utama Filmora masih memberikan nilai yang signifikan bagi youtuber game dalam proses produksi video mereka.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES