Tekno

WhatsApp Perkenalkan Fitur "Saluran" untuk Sumber Informasi Terpilih

Kamis, 14 September 2023 - 04:36 | 339.03k
Update WhatsApp secara berkala membuat beberapa jenis smartphone tidak lagi bisa support aplikasi WhatsApp. (Foto: iStock)
Update WhatsApp secara berkala membuat beberapa jenis smartphone tidak lagi bisa support aplikasi WhatsApp. (Foto: iStock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWhatsApp telah meluncurkan fitur terbaru yang disebut "Saluran," yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi dari sumber yang mereka pilih, daripada hanya mengandalkan pesan terusan (forward) dari berbagai kontak dan grup yang mungkin belum tentu akurat.

Fitur ini diumumkan secara resmi oleh WhatsApp dalam acara press briefing di Jakarta hari ini, menghadirkan pendekatan yang lebih pribadi dan terpercaya dalam mengakses informasi.

Manajer Kebijakan Publik WhatsApp, Esther Samboh, menjelaskan dalam virtual press briefing, "Kami percaya di WhatsApp bahwa Saluran ini adalah cara yang lebih privat untuk menerima informasi dari saluran-saluran yang ingin kita ikuti, baik itu organisasi maupun individu, karena ini dipisahkan dari percakapan pribadi."

Saluran merupakan wadah sederhana dan aman bagi pengguna untuk menerima informasi penting langsung melalui WhatsApp. Ada ribuan saluran yang tersedia dan dapat diikuti oleh pengguna, termasuk individu seperti artis, musisi, tokoh masyarakat, serta organisasi seperti tim olahraga, platform hiburan, dan lembaga pemerintah. Konten yang disajikan juga beragam, mulai dari foto dan video hingga dokumen.

Fitur Saluran akan dapat diakses melalui tab "Pembaruan," di mana pengguna dapat melihat status mereka serta saluran yang mereka ikuti.

Saluran ini dilengkapi dengan tingkat privasi tinggi untuk melindungi informasi pribadi admin dan pengikut saluran. Admin saluran tidak akan menampilkan nomor telepon atau foto profil pengguna kepada pengikut, dan nomor telepon pengguna juga tidak akan dibagikan kepada admin atau pengikut lainnya.

Pengguna tidak dapat menulis komentar di saluran yang diikuti, tetapi mereka dapat memberikan reaksi menggunakan emoji. Untuk menemukan saluran, pengguna dapat menggunakan fitur pencarian atau memfilter berdasarkan aktivitas, kebaruan, atau popularitas saluran.

Saat ini, hanya mitra-mitra yang bekerja sama dengan Meta atau WhatsApp yang dapat membuat Saluran. Namun, di masa depan, rencananya akan ada kemungkinan bagi siapa pun untuk membuat saluran di platform perpesanan ini.

Fitur Saluran akan tersedia secara bertahap mulai malam ini. Pengguna diharapkan untuk memperbarui WhatsApp mereka ke versi terbaru agar dapat mengakses fitur yang baru ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES