Tekno

Cloudflare Down, Berbagai  Layanan API dan Dashboard Alami Gangguan 

Kamis, 02 November 2023 - 22:52 | 128.19k
Cloudflare. (FOTO: Techarp)
Cloudflare. (FOTO: Techarp)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Layanan keamanan web dan performa, Cloudflare, melaporkan adanya gangguan dalam sistem layanannya yang memengaruhi fungsi utama Dashboard dan layanan API Cloudflare, Kamis (2/11/2023) malam.

Menurut informasi dari laman, Cloudflarestatus, gangguan ini terjadi mulai pukul 13:58 UTC. Tim Cloudflare telah mengidentifikasi masalah yang terjadi. Gangguan ini disebabkan oleh hilangnya pasokan listrik yang memengaruhi beberapa pusat data mereka. Untuk mengatasi masalah ini, mereka juga sedang melakukan peralihan ke layanan cadangan. 

Selama proses ini, Cloudflare berkomitmen untuk memberikan pembaruan secara berkala kepada pengguna mereka. 
Mereka juga mengucapkan terima kasih atas kesabaran pelanggan selama proses pemulihan.

Sebelumnya, Tim Cloudflare juga memperbarui situasi pada 13:40 UTC. "Situasi terkini mengindikasikan bahwa gangguan ini berdampak pada sejumlah produk Cloudflare di tingkat data plane / edge," tulis tim Cloudflare.

Kondisi tersebut artinya, fungsi penuh produk tersebut entah sebagian atau sepenuhnya terpengaruh. Produk-produk yang terdampak termasuk Logpush, WARP / Zero Trust device posture, Cloudflare dashboard, Cloudflare API, Stream API, dan Workers API. Sementara itu, beberapa produk lain terdampak di tingkat control plane / core, yang artinya hanya perubahan pada konfigurasi yang ada yang terpengaruh, namun fungsi produk tetap berjalan di tingkat edge. 

Produk-produk ini mencakup Magic Transit, Argo Smart Routing, Workers KV, WAF, Rate Limiting, Rules, WARP / Zero Trust Registration, Waiting Room, Load Balancing and Healthchecks, Cloudflare Pages, Zero Trust Gateway, DNS Authoritative and Secondary, Cloudflare Tunnel, Workers KV namespace operations, dan Magic WAN.

Kemudian, pada pukul 13:18 UTC, tim Cloudflare telah melakukan proses penyelidikan masalah masih berlanjut. Tim Cloudflare terus berupaya untuk mengidentifikasi akar penyebab gangguan ini.

Cloudflare masih terus menginvestigasi masalah yang memengaruhi Cloudflare Dashboard dan API terkait. Gangguan ini berdampak pada layanan yang bergantung pada infrastruktur API Cloudflare, termasuk Alerts, Dashboard functionality, Zero Trust, WARP, Cloudflared, Waiting Room, Gateway, Stream, Magic WAN, API Shield, Pages, dan Workers. 

"Pengguna yang menggunakan Dashboard / Cloudflare API mungkin mengalami kegagalan permintaan dan/atau tampilan pesan kesalahan," tulis tim  Cloudflare.

Tim Cloudflare menyampaikan gangguan ini tidak memengaruhi penyajian berkas yang di-cache melalui Cloudflare CDN atau fitur keamanan lainnya di Cloudflare Edge. Hanya pengguna yang menggunakan Dashboard / Cloudflare APIs yang terdampak oleh kegagalan permintaan dan/atau tampilan pesan kesalahan.

Tim Cloudflare terus berupaya untuk mengatasi masalah ini, dan mereka akan memberikan pembaruan lebih lanjut segera setelah informasi lebih lanjut tersedia. Pengguna diminta bersabar selama proses pemulihan ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES