Bukan Lagi Google, TikTok Makin Populer sebagai Sumber Informasi Gen Z
TIMESINDONESIA, JAKARTA – TikTok, platform media sosial video pendek, semakin populer sebagai sumber informasi dan berita untuk Gen Z. Kepopuler ini membuat posisi Google sebagai tempat mencari informasi dan berita semakin menurut. Hal ini tercermin dari hasil survei Pew Research Center yang menunjukkan bahwa 43 persen pengguna TikTok yang disurvei mengaku secara rutin mencari informasi dan berita dari TikTok. Angka ini meningkat dari 22 persen pada survei serupa pada tahun 2022.
Survei Pew Research Center yang dikutip dari Reuters pada Kamis (16/11/2023), menunjukkan bahwa setengah dari penduduk Amerika Serikat usia dewasa mendapatkan berita dari media sosial. Facebook adalah platform media sosial paling populer sebagai sumber berita, yaitu digunakan oleh 30 persen penduduk AS. Platform terbesar kedua adalah YouTube (26 persen), Instagram (16 persen), dan TikTok (14 persen).
Advertisement
Kecenderungan Gen Z untuk mencari berita lewat TikTok dan media sosial lain sebelumnya telah terungkap dalam penelitian oleh Morning Consult. Laporan dari firma riset Morning Consult menyebutkan adanya pertumbuhan signifikan pada TikTok. Hingga Februari 2023, 14 persen Gen Z mengaku mencari informasi melalui TikTok. Pengguna Google pada anak muda tercatat mencapai 39 persen.
Konten Visual Semakin Diminati Gen Z
Ada beberapa faktor yang menyebabkan TikTok makin populer sebagai sumber informasi dan berita untuk Gen Z. Pertama, Gen Z terbiasa mengonsumsi informasi dalam format visual. TikTok menyajikan informasi dalam bentuk video pendek yang mudah dipahami dan diingat.
Kedua, TikTok memiliki algoritma yang sangat baik dalam memberikan rekomendasi konten yang relevan dengan minat pengguna. Hal ini membuat pengguna TikTok lebih mudah menemukan informasi yang mereka cari.
Ketiga, TikTok memiliki komunitas yang aktif dan kreatif. Banyak pengguna TikTok yang membuat konten informatif dan menarik tentang berbagai macam topik.
Media Online Harus Adaptasi
Berdasarkan hasil survei tersebut, popularitas TikTok sebagai sumber informasi dan berita untuk Gen Z diperkirakan akan terus meningkat di masa depan. Hal ini akan menjadi tantangan bagi media tradisional, seperti media berita online dan televisi, untuk menarik perhatian Gen Z.
Untuk mengatasi tantangan ini, media tradisional perlu berinovasi untuk menyajikan informasi dalam format yang lebih menarik dan relevan dengan minat Gen Z. Media tradisional juga perlu membangun komunitas yang aktif dan kreatif untuk menjangkau Gen Z.
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Imadudin Muhammad |
Publisher | : Rizal Dani |