Tekno

Rahasia Sukses Customer Support Bisnis Anda: Zoho Desk vs Zendesk, Pilih Mana?

Jumat, 16 Februari 2024 - 18:02 | 38.74k
Ilustrasi (foto: zoho.com)
Ilustrasi (foto: zoho.com)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di dunia software customer service, dua raksasa saling berhadapan adalah Zoho Desk dan Zendesk. 

Keduanya menawarkan fitur-fitur yang mengesankan dan memiliki pengguna setia, membuat banyak bisnis bertanya-tanya, "Siapa yang terbaik?". 

Advertisement

Zoho Desk dan Zendesk menawarkan serangkaian fitur yang dirancang untuk meningkatkan kinerja customer service. 

Zoho Desk populer karena keterjangkauan harga dan fungsionalitasnya yang lengkap, sedangkan Zendesk dikenal baik oleh perusahaan besar berkocek tebal dan memiliki integrasi serta antarmuka yang ramah pengguna.

Perbandingan Harga dan Fitur

Dalam tulisan ini, kami akan membahas perbandingan detail antara Zoho Desk dan Zendesk untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat dalam memilih customer service software.

1. Harga

Dalam memilih software customer service dan help desk, harga tentu menjadi faktor penting. Zoho Desk dianggap lebih unggul dari sisi harga lantaran menyediakan versi gratis bagi mereka yang ingin menjajal ketangguhannya. 

Sedangkan, versi berbayar Zoho Desk dimulai hanya dari harga Rp96 ribuan per pengguna. Untuk menikmati semua fitur Zoho Desk, pengguna hanya dibanderol sekitar Rp552 ribu. 

Kompetitornya, Zendesk, tidak memiliki versi gratis dan harga termahalnya mencapai lebih dari Rp1.800.000,-.  

Zoho Desk sendiri mengklaim bahwa penggunanya dapat mengirit anggaran hingga 65% ketimbang menggunakan Zendesk.

2. Ticketing

Keduanya menawarkan sistem tiket yang kuat, tapi menurut banyak ulasan software bisnis, Zoho Desk lebih unggul dalam hal variasi (ticket, tugas, masalah) dan manajemen ticket. 

Di sisi lain, Zendesk terkenal dalam kustomisasi ticketing mereka, terutama untuk kebutuhan perusahaan super besar yang memiliki proses help desk dan customer service lebih rumit.

3. Otomasi 

Keduanya bisa mengotomatiskan alur kerja customer service, tapi Zia, asisten bertenaga AI (Artificial Intelligence) milik Zoho Desk menjadi nilai tambah dengan kemampuan prediktif dan analisis sentimennya yang akurat. 

Zendesk memiliki fitur penetapan otomatis (auto-assign) yang memungkinkan ticket ditugaskan ke agen customer support yang sedang kosong. Namun, menurut beberapa laporan, ia terkadang gagal membaginya dengan rata. 

4. Pelaporan & Analisis

Sebagian besar fitur pelaporan penting yang membantu Anda melacak metrik customer service tidak ada di Zendesk. Fitur tersebut tersedia melalui aplikasi lain dan Anda harus menggunakan Paket Professional atau yang lebih tinggi untuk menggunakan add-on tersebut. 

Di sisi lain, Zoho Desk menyediakan sejumlah laporan dan dasbor bawaan yang lengkap, ditambah lagi dengan dukungan AI untuk menyajikan data yang lebih akurat telah menambah sentuhan unik di customer support software ini.

5. Layanan Omnichannel

Zendesk membatasi saluran customer support Anda hanya pada email dan media sosial. Sedangkan untuk menawarkan dukungan melalui telepon, obrolan langsung, dan saluran pesan instan bagi pelanggan, Anda diharuskan membeli aplikasi tambahan.

Zoho Desk membantu Anda memberikan pengalaman omnichannel lengkap kepada pelanggan dengan email, obrolan langsung, telepon, media sosial, formulir web, dan pesan instan. 

Anda dapat melihat interaksi dari semua saluran Anda di satu tempat, atau dari modul khusus untuk obrolan langsung, pesan instan, dan media sosial, yang berarti agen Anda lebih siap untuk menawarkan respons instan dan personal.

6. Integrasi

Sebenarnya, kedua software customer service ini terintegrasi dengan aplikasi populer lainnya, tetapi Zoho Desk dinilai lebih unggul karena Zoho sendiri telah memiliki ekosistem software bisnis yang terbilang lengkap.

Untuk berurusan dengan tim sales misalnya. Pengguna dapat mengintegrasikan Zoho Desk dengan Zoho CRM. Begitu juga untuk urusan marketing, pembayaran, hingga pelatihan tim customer service. Semua dapat dilakukan di ekosistem Zoho.

Kesimpulan

Bukan hal mudah dalam memilih software untuk tim customer service Anda. Dari komparasi di atas, Anda tentu lebih mudah memilihnya. Jika Anda ingin membuktikannya sendiri, coba gratis Zoho Desk di sini!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES