Tekno

Aplikasi Milik Grup Meta Sempat Alami Gangguan, WhatsApp dan Instagram Telah Pulih

Kamis, 04 April 2024 - 09:52 | 32.05k
Ilustrasi WhatsApp.
Ilustrasi WhatsApp.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada dini hari Kamis (4/4/2024), aplikasi milik grup Meta, termasuk WhatsApp, Instagram, dan Facebook, mengalami pemadaman yang mengganggu pengguna di berbagai negara.

Menurut situs pelaporan pemadaman aplikasi Downdetector, pengguna WhatsApp di beberapa negara, termasuk Indonesia, melaporkan kesulitan mengakses aplikasi sekitar pukul 01.16 WIB. Mayoritas keluhan terkait ketidakmampuan mengakses aplikasi (68 persen) dan masalah dalam menerima pesan (26 persen).

Keluhan serupa juga berasal dari pengguna di Malaysia, Singapura, dan Amerika Serikat. Gangguan tidak hanya terjadi pada WhatsApp, tetapi juga pada Facebook. Downdetector mencatat keluhan terkait aplikasi situs web (50 persen), komentar (29 persen), dan unggahan (21 persen).

Instagram juga tidak luput dari gangguan, dengan laporan pada koneksi server (49 persen), aplikasi (31 persen), dan profil (19 persen) di situs Downdetector.

Uji coba oleh TIMES Indonesia sekitar pukul 07.00 menunjukkan bahwa laman feed Instagram sudah dapat diperbarui, dan WhatsApp dapat digunakan kembali seperti biasa.

Warganet mengeluhkan gangguan tersebut melalui platform Twitter, sehingga membuat kedua aplikasi tersebut menjadi trending topic. WhatsApp kemudian mengumumkan melalui akun resminya di Twitter bahwa layanannya sudah kembali normal.

"Dan kami kembali. Selamat berkirim pesan," ujar pernyataan resmi WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp telah menyatakan kesadaran atas gangguan tersebut dan berupaya memperbaikinya secepat mungkin.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES