Tekno

Boston Dynamics Hadirkan Robot Atlas Listrik

Sabtu, 20 April 2024 - 02:33 | 111.84k
Atlas Listrik terbaru. (FOTO: Boston Dynamics)
Atlas Listrik terbaru. (FOTO: Boston Dynamics)

TIMESINDONESIA, JAKARTABoston Dynamics, yang terkenal dengan eksplorasi batas-batas teknologi robotik, kembali mencatat pencapaian luar biasa dengan memperkenalkan karya terbarunya yakni robot Atlas listrik. Dibangun atas dasar penelitian yang telah berlangsung puluhan tahun, iterasi terbaru Atlas ini mewakili tonggak penting dalam evolusi robot humanoid.

Atlas listrik menandai peralihan dari pendahulunya, Atlas hidrolik, karena Boston Dynamics mengadopsi desain yang sepenuhnya listrik yang ditujukan untuk aplikasi dunia nyata. Transisi ini mencerminkan dedikasi perusahaan untuk memberikan robot mobile yang sangat mampu dan serbaguna yang mengatasi tantangan industri kontemporer. 

Dilansir dari dari laman resmi mereka, robot ini dilengkapi dengan sistem kontrol canggih dan perangkat keras terkini. Atlas listrik memiliki daya, keseimbangan, dan kegesitan yang tak tertandingi, menetapkan standar baru untuk robot humanoid.

Teknologi ini menjanjikan kekuatan dan kegesitan yang superior dibandingkan pendahulunya. Dengan rentang gerakan yang lebih luas dan kemampuan yang ditingkatkan dalam mengangkat dan memanuver objek berat, iterasi baru ini membuka pintu untuk tugas manipulasi yang beragam di berbagai lingkungan. 

Selain itu, Boston Dynamics mengeksplorasi variasi gripper inovatif untuk memenuhi kebutuhan manipulasi yang berkembang dari pelanggan di berbagai industri.

Boston Dynamics Hadirkan Robot Atlas Listrik

Boston Dynamics memanfaatkan Atlas untuk mengeksplorasi potensi tanpa batas dari faktor bentuk humanoid. Dengan memanfaatkan seluruh tubuh robot, Atlas menunjukkan gerakan yang anggun, cepat, dan tepat. 

Kecanggihan tersebut memperlihatkan komitmen perusahaan untuk mengembangkan robot dengan mobilitas, persepsi, dan kecerdasan yang diperlukan untuk integrasi luas dalam kehidupan kita.

Untuk mensukseskan langkah ini, Boston Dynamics telah bermitra dengan Hyundai. Hyundai berperan sebagai investor utama dalam proyek tersebut, untuk memimpin generasi berikutnya dari kemampuan manufaktur otomotif. 

Kolaborasi ini tidak hanya memfasilitasi pengujian dan penyempurnaan aplikasi Atlas, tetapi juga menjadi langkah krusial menuju integrasi robot humanoid ke dalam berbagai industri.

Untuk sementara waktu, robot listrik tersebut akan menjalani pengujian dan iterasi yang ketat dalam kolaborasi dengan mitra inovatif seperti Hyundai. Proses iteratif ini memastikan bahwa Atlas berkembang menjadi solusi praktis dan bernilai tambah untuk beragam industri.

Ekosistem Komprehensif untuk Kesuksesan

Boston Dynamics mengakui bahwa solusi komersial yang sukses melampaui kemampuan perangkat keras semata. Untuk mendukung penempatan skala robot mobile otonom, perusahaan menekankan pentingnya pengembangan ekosistem komprehensif. 

Ini termasuk membangun infrastruktur yang tangguh, memastikan partisipasi karyawan, mengoptimalkan konektivitas, menyempurnakan alur kerja, mematuhi standar keamanan, dan menyelaraskan proses operasional. 

Dengan memanfaatkan pengalaman luas mereka, terutama dengan robot Spot, Boston Dynamics bertujuan untuk memfasilitasi transformasi digital yang lancar bagi organisasi yang mengintegrasikan robot humanoid ke dalam operasi mereka.

Atlas listrik mewakili pencapaian baru dalam robot humanoid oleh Boston Dynamics. Melangkah dari batasan desain konvensional, Atlas mewujudkan kekuatan, keluwesan, dan kegesitan melebihi kemampuan manusia. 

Pendekatan yang diperbarui ini memungkinkan Atlas untuk unggul dalam menangani tugas-tugas rutin, berbahaya, dan membutuhkan fisik yang melelahkan di berbagai industri.

Robot Atlas listrik menandai pergeseran paradigma dalam robotik humanoid, siap untuk merevolusi berbagai industri melalui kemampuan dan fleksibilitas tak tertandingi. Pendekatan holistik Boston Dynamics, yang meliputi perangkat keras mutakhir, perangkat lunak canggih, dan kemitraan strategis, menegaskan kembali komitmen mereka untuk mendorong dampak nyata dengan solusi robotik inovatif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES