Tekno

Cara Crop Video Mudah tanpa Aplikasi

Minggu, 07 April 2024 - 12:56 | 28.47k

TIMESINDONESIA, JAKARTACrop video dapat membantu fokus pada subjek yang penting, memperbaiki komposisi, atau menghilangkan gangguan yang tidak diinginkan. Meski terkesan sulit di awal, tetapi cara crop video online pada artikel ini dapat dilakukan oleh siapa pun, termasuk pemula.

Dalam dunia digital modern, video menjadi salah satu bentuk konten paling populer. Namun, terkadang kita perlu untuk melakukan sedikit penyuntingan pada video agar sesuai kebutuhan. Salah satu teknik penyuntingan yang sering digunakan adalah crop video.

Crop video adalah proses menghapus sebagian dari area gambar video untuk memperoleh sudut pandang yang lebih fokus atau untuk menyesuaikan rasio aspek. Crop video bisa dilakukan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memperbaiki komposisi, memperkuat narasi, hingga mengoptimalkan tampilan video untuk platform media sosial tertentu.

Ada beberapa faktor crop video penting. Faktor-faktor tersebut, antara lain:

●    Perbaikan Komposisi: Terkadang saat merekam, kita tidak selalu mendapatkan framing yang sempurna. Crop video memungkinkan kita untuk memperbaiki komposisi dengan memusatkan perhatian pada objek utama atau menghilangkan gangguan di sekitarnya.

●    Optimasi untuk Platform: Setiap platform media sosial memiliki persyaratan spesifik untuk ukuran dan rasio aspek video. Dengan memotong video secara tepat, Anda dapat memastikan bahwa video Anda akan terlihat terbaik ketika dipublikasikan di platform favorit Anda.

●    Fokus pada Detail Penting: Dalam beberapa kasus, kita mungkin ingin menyoroti detail tertentu dalam video. Dengan memotong bagian yang tidak relevan, Anda dapat mengarahkan perhatian audiens pada hal-hal yang benar-benar penting.

Cara Crop Video Online

Ada banyak video yang tersedia di pasar, dari yang gratis hingga yang berbayar. Namun kali ini, kita akan membahas cara crop video online alias tidak menggunakan aplikasi lewat platform Canva. Agar lebih jelas, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Masuk ke Akun Canva

Buka situs web Canva dan masuk ke akun. Jika belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar secara gratis.

2. Mulai Proyek Baru

Setelah masuk, klik tombol "Buat desain" atau "Buat desain baru" di panel navigasi Canva.

3. Pilih Jenis Desain Video

Setelah memilih untuk membuat desain baru, Anda akan diarahkan ke halaman "Pilih desain" di mana Anda dapat memilih jenis desain yang ingin Anda buat. Pilih opsi "Video" untuk memulai proyek pengeditan video.

4. Impor Video

Setelah Anda memilih jenis desain "Video", Anda akan dibawa ke editor Canva. Di sini, Anda dapat mengimpor video yang ingin Anda crop dengan cara klik tombol "Upload" di panel sisi kiri dan pilih video yang ingin Anda gunakan dari perangkat Anda.

5. Tambahkan Video ke Desain

Setelah video diimpor, seret dan lepaskan video tersebut ke dalam kanvas desain.

6. Crop Video

Setelah video ditambahkan ke kanvas, klik video tersebut untuk memilihnya. Anda akan melihat tombol-tombol pengeditan di bagian atas kanvas. Klik tombol "Edit" yang berbentuk pensil. Kemudian, pilih opsi "Crop" dari menu yang muncul.

7. Atur Area Cropping

Ketika Anda memilih opsi "Crop", kotak pembatas akan muncul di sekitar video. Anda dapat menyeret dan menyesuaikan kotak pembatas ini untuk menentukan area yang ingin Anda potong dari video.

8. Konfirmasi Crop

Setelah puas dengan area cropping, klik tombol "Apply" atau "Selesai" untuk menerapkan crop pada video.

9. Simpan dan Bagikan

Setelah selesai mengedit video, klik tombol "Download" di bagian atas kanan layar untuk menyimpan video yang telah di crop ke perangkat Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah crop video online menggunakan Canva. Pastikan pula untuk memotong video yang bersangkutan secara rapi dan presisi agar enak ditonton. Selamat mencoba!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES