Tekno

Beasiswa AI Google Dibuka: Ini Peluang, Syarat, dan Cara Daftarnya

Sabtu, 08 Juni 2024 - 11:01 | 26.89k
Ilustrasi. (Foto: Akademi AI Indonesia)
Ilustrasi. (Foto: Akademi AI Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Google baru saja mengumumkan beasiswa pelatihan kecerdasan buatan (AI) bagi 10.000 pelajar Indonesia. Program Beasiswa AI Google ini hadir melalui Sertifikat Google Karier (Google Career Certificates) bekerja sama dengan Digital Talent Scholarship Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Telkom Indonesia. 

Dilansir TIMES Indonesia dari halaman Google, program ini untuk membekali tenaga kerja dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di era AI. Akses ke pelatihan AI sangat penting untuk menghadapi peluang dan tantangan yang dibawa oleh teknologi ini. 
 
"Program ini komprehensif, mencakup pengajaran oleh para ahli, bimbingan yang dipersonalisasi, dan sertifikasi yang diakui industri," ucap Director Government Affairs and Public Policy Google Indonesia, Putri Alam.

Hal itu ia disampaikan dalam acara Google AI untuk Indonesia Emas 2045 di Jakarta, Senin, 3 Juni 2024.

Syarat dan Cara Mendaftar Beasiswa AI Google

Pada laman Sertifikat Google Karier, tercantum bahwa program ini tidak membutuhkan banyak syarat. Peserta tidak perlu memiliki pengalaman sebelumnya dan bisa belajar dengan jadwal yang fleksibel. 

Namun, belum ada syarat khusus untuk penerima beasiswa. Hanya disebutkan bahwa 10.000 beasiswa ini ditujukan bagi pelajar.

Langkah-Langkah Mendaftar Beasiswa AI Google:

  • Kunjungi website digitalent.kominfo.go.id.
  • Pilih pelatihan yang diminati.
  • Klik tombol "Daftar Sekarang" pada halaman detail pelatihan.
  • Lengkapi formulir pendaftaran dengan benar.
  • Baca ketentuan pelatihan dan checklist pada pernyataan jika telah menyetujui.
  • Klik tombol "Submit Pendaftaran".

Syarat Pendaftaran Beasiswa AI Google

  1. Email aktif.
  2. Nama lengkap sesuai KTP.
  3. NIK.
  4. Nomor HP aktif.
  5. Data pribadi lengkap sesuai form pendaftaran.
  6. Kerja Sama dengan Asian Venture Philanthropy Network

Selain beasiswa, Google juga meluncurkan AI Opportunity Fund: Asia-Pacific senilai US$15 juta (Rp 243 miliar) yang didukung oleh Google.org. Dana ini ditujukan untuk mengembangkan keterampilan di bidang AI dan mendukung pekerja serta pencari kerja dari komunitas yang kurang terlayani di seluruh Asia-Pasifik.

Google bekerja sama dengan jaringan investor sosial Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) dan didukung oleh Asian Development Bank. Dana ini akan mengundang proposal dari organisasi dampak sosial yang dapat membantu menjangkau orang-orang yang paling membutuhkan pelatihan AI. 

Organisasi terpilih akan menerima dukungan AI dalam bahasa lokal untuk memberikan pelatihan langsung ke komunitas masing-masing. Beasiswa AI Google ini menjadi peluang emas bagi para pelajar Indonesia untuk mengasah keterampilan di bidang teknologi terkini. 

Dengan dukungan penuh dari Google dan kemitraan dengan Kominfo serta Telkom Indonesia, program ini diharapkan mampu mencetak tenaga kerja yang siap menghadapi era AI. Bagi pelajar yang berminat Beasiswa AI Google, segera daftarkan diri dan manfaatkan kesempatan ini untuk masa depan yang lebih cerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES