Tekno

Poco F6 Mengancam Dominasi Flagship

Kamis, 20 Juni 2024 - 14:34 | 23.47k
Poco F6, menawarkan performa unggulan dengan harga yang jauh lebih terjangkau. (Foto: Poco)
Poco F6, menawarkan performa unggulan dengan harga yang jauh lebih terjangkau. (Foto: Poco)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPoco, sub-brand dari Xiaomi yang terkenal dengan produk berkualitas tinggi namun dengan harga yang sangat kompetitif, kali ini benar-benar membuat pasar smartphone flagship ketar ketir.

Dengan spesifikasi dan fitur yang tak kalah dari ponsel flagship lain, Poco F6 menawarkan performa unggulan dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Poco F6 hadir dengan desain yang sangat modern dan premium. Dengan bodi yang terbuat dari material kaca dan frame aluminium, ponsel ini memberikan kesan elegan dan kokoh.

Di bagian depan, Poco F6 dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran 6,7 inci yang memiliki resolusi 3200 x 1440 piksel. Layar ini juga mendukung refresh rate 120Hz, yang membuat tampilan menjadi sangat mulus dan responsif.

Layar Poco F6 juga dilengkapi dengan teknologi HDR10+ yang memberikan kualitas warna dan kontras yang sangat baik, sehingga sangat nyaman untuk menonton video, bermain game, atau sekadar browsing internet. Desain layar penuh dengan bezel yang sangat tipis dan punch-hole untuk kamera depan memberikan pengalaman visual yang hampir tanpa batas.

Poco-F6-a.jpg

Salah satu kekuatan utama dari Poco F6 adalah performanya yang luar biasa. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang merupakan salah satu chipset terbaru dan tercepat di pasaran. Dipadukan dengan GPU Adreno 740, Poco F6 mampu menjalankan aplikasi dan game berat dengan sangat lancar tanpa lag.

Untuk mendukung performa tersebut, Poco F6 juga dilengkapi dengan RAM LPDDR5X sebesar 12GB dan penyimpanan internal UFS 4.0 hingga 256GB. Kombinasi ini tidak hanya memastikan kinerja yang cepat dan responsif, tetapi juga memberikan ruang penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan berbagai aplikasi, game, dan file media.

Poco F6 tidak hanya unggul dalam hal performa, tetapi juga dalam hal fotografi. Ponsel ini dilengkapi dengan sistem kamera belakang triple yang terdiri dari kamera utama 108MP dengan sensor Sony IMX890, kamera ultra-wide 16MP, dan kamera telefoto 12MP dengan 3x optical zoom.

Sistem kamera ini mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas sangat tinggi, baik dalam kondisi cahaya terang maupun rendah.

Kamera depan Poco F6 juga tidak kalah menarik dengan resolusi 32MP, yang dilengkapi dengan fitur AI Beauty dan Night Mode untuk menghasilkan foto selfie yang jernih dan detail, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Poco F6 hadir dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang cukup besar untuk mendukung aktivitas seharian penuh. Ponsel ini juga mendukung teknologi pengisian daya cepat 67W, yang mampu mengisi baterai dari 0 hingga 100% dalam waktu kurang dari 40 menit. Selain itu, Poco F6 juga mendukung pengisian daya nirkabel 30W dan reverse wireless charging 10W, yang menambah kenyamanan pengguna.

Poco-F6-b.jpg

Selain spesifikasi utama yang sudah disebutkan, Poco F6 juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang membuatnya semakin menarik. Ponsel ini sudah mendukung konektivitas 5G, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3, dan NFC. Poco F6 juga dilengkapi dengan sistem operasi MIUI 15 berbasis Android 13, yang menawarkan antarmuka yang intuitif dan berbagai fitur canggih.

Poco F6 juga memiliki fitur pemindai sidik jari di bawah layar yang responsif dan akurat, serta fitur pengenalan wajah berbasis AI untuk keamanan tambahan. Ponsel ini juga dilengkapi dengan dual stereo speakers yang mendukung Dolby Atmos, memberikan pengalaman audio yang imersif saat menonton video atau bermain game.

Peluncuran Poco F6 ini tentu saja membawa dampak signifikan terhadap pasar smartphone, terutama di segmen flagship. Dengan spesifikasi dan fitur yang setara dengan ponsel flagship lain namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau, Poco F6 menawarkan nilai yang sangat tinggi bagi konsumen.

Berikut ini harga Poco F6 dan Poco F6 Pro di pasar global, sebagaimana dikutip TIMES Indonesia dari GSMArena, Kamis (20/06/2024): 
- Poco F6 (8 GB/256 GB) - 380 dollar AS (sekitar Rp 6,1 juta) 
- Poco F6 (12 GB/512 GB) - 430 dollar AS (sekitar Rp 6,9 juta) 
- Poco F6 Pro (12 GB/256 GB) - 499 dollar AS (sekitar Rp 8 juta) 
- Poco F6 Pro (12 GB/512 GB) - 549 dollar AS (sekitar Rp 8,8 juta) 
- Poco F6 Pro (16 GB/1 TB) - 629 dollar AS (sekitar Rp 10,1 juta)Poco F6 diperkirakan akan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 7.499.000 untuk varian RAM 8GB/128GB, dan Rp 8.499.000 untuk varian RAM 12GB/256GB.

Harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan ponsel flagship lain yang bisa mencapai dua atau tiga kali lipatnya.

Dengan harga yang sangat kompetitif ini, Poco F6 diprediksi akan menarik minat banyak konsumen yang mencari ponsel dengan performa tinggi namun dengan anggaran yang terbatas. Hal ini tentu saja akan memberikan tekanan bagi produsen ponsel flagship lain untuk menyesuaikan strategi harga mereka.

Sejak diperkenalkan, Poco F6 telah mendapatkan sambutan yang sangat positif dari konsumen dan para pengamat industri. Banyak yang memuji Poco F6 sebagai salah satu ponsel terbaik di kelasnya, dengan spesifikasi dan fitur yang luar biasa namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Para pengamat industri juga melihat peluncuran Poco F6 ini sebagai langkah yang sangat cerdas dari Poco dan Xiaomi. Dengan menawarkan ponsel yang berkualitas tinggi namun dengan harga yang terjangkau, Poco tidak hanya memperkuat posisinya di pasar smartphone, tetapi juga meningkatkan daya saingnya terhadap produsen ponsel lain.

Peluncuran Poco F6 telah membawa angin segar di pasar smartphone, khususnya di segmen flagship. Dengan spesifikasi yang sangat kompetitif, desain yang elegan, performa yang luar biasa, dan harga yang terjangkau, Poco F6 menawarkan nilai yang sangat tinggi bagi konsumen.

Poco F6 tidak hanya berhasil mengungguli banyak ponsel flagship lain dalam hal spesifikasi dan fitur, tetapi juga menawarkan solusi bagi konsumen yang mencari ponsel berkualitas tinggi dengan anggaran yang lebih terbatas. Hal ini tentu saja membuat para produsen ponsel flagship lain ketar ketir dan harus segera menyesuaikan strategi mereka untuk tetap bisa bersaing di pasar.

Dengan semua keunggulan yang ditawarkan, Poco F6 layak disebut sebagai salah satu ponsel terbaik yang tersedia saat ini. Peluncuran ini tidak hanya memperkuat posisi Poco sebagai salah satu pemain utama di pasar smartphone, tetapi juga menunjukkan bahwa kualitas tinggi tidak selalu harus datang dengan harga yang tinggi. Bagi konsumen yang mencari ponsel dengan performa dan fitur unggulan namun dengan harga yang lebih terjangkau, Poco F6 adalah pilihan yang sangat tepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES