Wisata

Goa Komodo Sambut Wisatawan Jawa Timur Park 2 Kota Batu

Minggu, 02 Juni 2019 - 21:52 | 270.03k
Dua komodo yang akan menyambut wisatawan di JTP 2 nanti saat libur lebaran. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Dua komodo yang akan menyambut wisatawan di JTP 2 nanti saat libur lebaran. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUGoa Komodo, satu  wahana di Secret Zoo, Jawa Timur Park 2, Kota Batu akan  menyambut kehadiran para wisatawan yang datang di musim liburan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Di Goa Komodo ini wisatawan bisa mengamati tingkah laku hewan yang diyakini peninggalan zaman purbakala ini.

Sedikitnya dua ekor Biawak Raksasa dihadirkan di Goa Komodo. Pengunjung tidak perlu jauh-jauh datang ke Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melihat Komodo.

Komodo-Dragon-2.jpg

Pengunjung juga bisa melihat teknologi yang digunakan oleh Jatim Park 2 untuk menciptakan suasana yang sama dengan Pulau Komodo.

"Dua ekor komodo ini adalah titipan BKSDA pada bulan Juni 2017 dan menjadi koleksi kita pada tahun 2018," ujar Kepala Dokter Hewan, Jawa Timur Park 2, Drh Prista Dwi Restanti.

Komodo-Dragon-3.jpg

Saat diserahkan komodo ini berumur 2 tahun dengan panjang 70 cm dan sekarang sudah berumur 5 tahun dengan panjang kurang lebih 2 meter.

Menurut Prista, jenis kelamin dua ekor komodo ini belum diketahui. "Jenis kelamin belum bisa kita tentukan, kemungkinan jantan-jantan," katanya.

Perkembangan tubuh Komodo ini yang membuat Jatim Park 2 memutuskan untuk menggunakan kandang yang besar untuk dua komodo ini.

Komodo-Dragon-4.jpg

Kandang ini didesain sedemikian rupa hingga menyerupai habibat aslinya. Tujuannya untuk menjaga suhu ruangan sama dengan aslinya.

"Kita taruh lampu khusus, lampu Uv, fungsinya untuk menjaga panas, biasanya mereka kan hidupnya di pantai, sedangkan di sini suhu ya kan, dibawah 20 derajat kalau siang bisa lebih dari 25 derajat, tapi kalau di habitat aslinya, bisa 30 derajat hingga 35 derajat, kita sesuaikan," kata Prista.

Selain menggunakan lampu, atap kandang didesain bisa buka tutup, sehingga ketika matahari terik, komodo bisa menerima sinar matahari langsung.

Komodo-Dragon-5.jpg

Kandang ini direncanakan untuk perkawinan komodo dengan Zoo lain, saat ini, di usia 5 tahun Komodo sudah mulai memasuki masa reproduksi namun juga tergantung kondisi tubuh.

Goa Komodo, wahana terbaru di Secret Zoo, Jawa Timur Park 2, Kota Batu akan menyambut kehadiran para wisatawan yang datang di musim liburan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES