Wisata

Bangkit dari Pandemi, Ekowisata Bowele di Kabupaten Malang Bentuk BUMDes Dadi Mulyo

Rabu, 03 Februari 2021 - 01:12 | 89.50k
Suasana Ekowisata Bowele di Desa Purwodadi yang mengandalkan keindahan alamnya. (FOTO: Mukhli for TIMES Indonesia)
Suasana Ekowisata Bowele di Desa Purwodadi yang mengandalkan keindahan alamnya. (FOTO: Mukhli for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGEkowisata Bowele (Pantai Bolu-Bolu, Wediawu dan Lenggeksono) di Desa Purwodadi, Kabupaten Malang berupaya bangkit dari Pandemi Covid-19, dengan membentuk BUMDes Dadi Mulyo.

Penggiat Wisata sekaligus Sekretaris BUMDes Dadi Mulyo, Mukhlis mengatakan, jumlah wisatawan Ekowisata Bowele belum ada kabar menggembirakan pada masa Pandemi saat ini.

Para-wisatawan-hendak-menaiki-perahu-menuju-Banyu-Anjlok.jpgPara wisatawan hendak menaiki perahu menuju Banyu Anjlok. (FOTO: Mukhlis for TIMES Indonesia)

Belum lagi, kata dia, penutupan yang dilakukan oleh Perhutani sebagai pemilik lahan pantai dan hutan di tempat tersebut. Sehingga, dengan kondisi itu sulit mendatangkan wisatawan.

"Kami belum memiliki BUMDes, maka kami bentuk BUMDes bernama Dadi Mulyo," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Selasa (2/2/2021).

Pengelolaan Pariwisata Lebih Profesional

Lebih lanjut Mukhlis mengatakan, banyak manfaat dibentuk BUMDes Dadi Mulyo tersebut. Sedangkan garis besarnya adalah pengelolaan pariwisata lebih profesional.

"Sebelumnya kami mengelola Ekowisata ini melalui Pokdarwis bersama desa. Harapannya dalam kepengelolaan semakin profesional," kata pria yang juga berprofesi sebagai Guru ini.

Ekowisata-Bowele.jpgSalah seorang wisatawan dari luar negeri yang sedang berkunjung ke Ekowisata Bowele. (FOTO: Mukhlis for TIMES Indonesia)

Menurutnya, BUMDes ini nantinya dapat menggairahkan sektor pariwisata. "Apalagi di sini potensi wisatanya sangat luar biasa. Selain ada air terjun menghadap laut langsung, di sini juga dikenal surfingnya," ungkapnya.

Baru Terbentuk dan Sudah Memiliki Struktural

Masih kata Mukhlis, BUMDes Dadi Mulyo baru dibentuk. "Sudah ada strukturalnya. Saya sebagai sekretarisnya. Dan Direkturnya adalah Bapak Eko Sahroni," sebutnya.

Dia menyebutkan, ada beberapa unit usaha yang berada di BUMDes Dadi Mulyo tersebut. "Ada unit usaha pertanian, peternakan, budidaya, berdagang dan utamanya adalah unit usaha pariwisata," kata pria yang hobi surfing ini.

Dia menyebutkan, BUMDes Dadi Mulyo ini memang baru dibentuk. Tujuannya adalah semakin menggairahkan sektor pariwisata di desa tersebut.

"Sehingga dibutuhkan pembinaan dari DPMD Kabupaten Malang supaya kami lebih siap menjalankan BUMDes ini," kata pria ramah tersebut.

Awal Kebangkitan Ekowisata Bowele

Keberadaan BUMDes ini kata Mukhlis, akan menjadikan tonggak awal kebangkitan Ekowisata Bowele. "Kalau Pandemi telah berakhir, maka BUMDes semakin siap dalam menjalankan tugasnya," tuturnya.

Sedangkan harapan besar dari pembentukan BUMDes Dadi Mulyo ini kata Mukhlis, Ekowisata Bowele di Kabupaten Malang akan semakin berkembang dan tetap bertahan dalam segala kondisi terutama di tengah Pandemi sekarang.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES