Wisata

Menanti Sepotong Senja di Pantai Duta Probolinggo di Bulan Ramadan

Selasa, 27 April 2021 - 11:38 | 86.74k
Sejumlah pengunjung Pantai Duta di Paiton Kabupaten Probolinggo, sedang menikmati senja atau Sunset.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)
Sejumlah pengunjung Pantai Duta di Paiton Kabupaten Probolinggo, sedang menikmati senja atau Sunset.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Momen Ramadan merupakan yang paling dinanti untuk menikmati suasana pantai di kala sore hari. Pada Ramadan 1442 H ini, di obyek wisata Pantai Duta, di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, ramai oleh pengunjung yang menantikan keindahan senja.

Para pengunjung pantai ini antusias menunggu datangnya senja, sambil menunggu berkumandangnya azan Maghrib untuk berbua puasa. Senin (26/4/2021) sore hari, keberadaan Pantai Duta begitu tampak ramai oleg pengunjung. Mereka menanti senja tiba.

Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis, yakni keindahan laut. Adanya rimbunan pepohonan cemara yang masih hijau, pohon baku mangrove tampak mengelilingi pantau, serta hamparan pasir laut yang masih bersih menambah keistimewaan Pantai Duta.

Pantai Duta Probolinggo a

Kala matahari mulai terbenam di ufuk barat, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya panorama sunset di sore hari.

Selain itu, jika beruntung, pengunjung Pantai Duta juga bisa melihat penampakan hiu tul-tul di perairan utara Jawa ini. Biasanya, mereka muncul sesaat yang tidak diketahui waktunya, ketika kondisi air laut sedang tenang.

Untuk masuk ke pantai ini, pihak pengelola hanya menarik biaya retribusi parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor, sementara untuk mobil sebesar Rp 5000.

Tita Priani, seorang pengunjung asal Magetan, mengatakan meski dirinya sudah tiga kali berkunjung ke pantai Duta, ia tidak bosannya menikmati Sunset dan panorama di pantai tersebut. Dirinya bersama teman-temannya sudah dan keluarganya sudah tiga kali berkunjung.

“Tidak bosen meski berulang kali ketempat wisata ini. Keindahan pantai Duta memberikan pengalaman yang sangat mengesankan. Saya sengaja datang di bulan Ramadan ini, dan memang mau bernuka puasa di pantai ini,” kata Tita, yang masih berstatus mahasiswi tersebut.

 “Saya kira ini pantai yang unik, selain bisa menikmati sunset, kita juga menikmati keindahan pohon cemara. Karena jarang sekali di pantai ada pohon cemaranya, bersama keluarga sambil menikmati keindahan pantai, kita bisa bersantai di bawah pohon cemara,” kata Erfan, seorang pengunjung lainnya.

Pantai Duta sudah dibuka sejak awal tahun 2014 lalu oleh warga Randu Tatah, dan terus memantik perhatian para wisatawan lokal maupun luar daerah dari tahun ke tahun. Hingga kini, Pantai Duta Probolinggo ini menjadi salah satu favorit pengungjung untuk menikmati dan menanti senja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES