Wisata

Kisah Dibalik Koleksi Motor Museum Motor Klasik SMK NMC Malang

Minggu, 06 Juni 2021 - 00:22 | 122.57k
Salah satu pengunjung saat melihat Suzuki A 100 milik Museum Motor Klasik SMK NMC, Kota Malang yang diberikan oleh Rano Karno. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Salah satu pengunjung saat melihat Suzuki A 100 milik Museum Motor Klasik SMK NMC, Kota Malang yang diberikan oleh Rano Karno. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ada hal unik dari ratusan koleksi yang dimiliki oleh Museum Motor Klasik SMK National Media Center (NMC) yang berada di Jl Simoang Candi Panggung No 13, Tunggulwulung, Lowokwaru, Kota Malang.

Koleksi pertama yang menjadi perhatian khusus, yakni Suzuki A 100 keluaran tahun 1973 dengan mesin 2-tak 98cc yang menjadi motor sport pertama Suzuki di Indonesia.

Pengelola Museum Motor Klasik SMK NMC, Azhar Arkho mengatakan, Suzuki A 100 yang dimiliki museumnya merupakan pemberian dari salah satu aktor legendaris di Indonesia, yakni Rano Karno.

Rano Karno yang juga merupakan anggota komisi 10 DPR RI, memberikannya secara cuma-cuma dan mendatangkan motor tersebut secara langsung dikendarai oleh adiknya, yakni Nurli Karno dari Jakarta hingga sampai di Kota Malang.

"Kita datangkan dari Jakarta sana, dari rumah pak Rano. Kemudian di bawa oleh pak Nurli Karno ke Malang dengan didampingi oleh satu mekanik yang mengendarai motor sendiri," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (5/6/2021).

Suzuki-A-100-milik-Museum-Motor-Klasik-SMK-NMC-2.jpgKoleksi Motor CB100 yang digunakan oleh pada film Dilan 1990 yang dimiliki Museum Motor Klasik SMK NMC, Kota Malang. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Setelah datang di Kota Malang, Arkho pun merasa kaget bahwa motor klasik yang dimana menjadi salah satu dari sekian banyak koleksi Rano Karno tersebut ternyata masih kuat.

"Bahkan sampai Malang ketemu saya, pak Nurli membawa motor itu ke Kopi Taji. Disana kan treknya menanjak sekali dan berkelok-kelok. Saya tahu sendiri itu masih kuat, layak pakai dan surat-suratnya hidup semua," ungkapnya.

Selain memberikan motor klasik tersebut, Rano Karno sendiri juga berencana bakal menjadi tamu ke hormatan untuk membuka Grand Opening secara resmi dari Museum Motor Klasik SMK NMC, Kota Malang yang direncanakan pada akhir Juni 2021 ini.

Selain itu, terdapat juga motor yang identik dengan pemeran Dilan 1990, yakni CB 100 yang juga pastinya dimiliki oleh Museum Motor Klasik SMK NMC, Kota Malang. Honda CB 100 yang menjadi salah satu terlaris di era tahun 70'an tersebut terpampang jelas di Museum Motor Klasik SMK NMC yang bisa dijadikan spot foto yang bagus.

"Untuk menarik pengunjung umum, kita punya motor Dilan ini yang memang sama persis seperti yang dipakai Dilan didalam filmnya. Jadi menarik untuk menjadi spot foto," katanya.

Sementara itu, tak hanya motor Suzuki A 100 pemberian Rano Karno dan motor Dilan CB 100 saja. Museum tersebut juga memiliki beberapa koleksi motor klasik dengan harga yang fantastis. Seperti halnya motor berjenis vespa Douglas keluaran 1949 hingga 1965, yang diproduksi di tanah Britania dan juga Vespa SS90 keluaran 1965. yang kabarnya hanya ada 5.000 unit saja di dunia.

"Bisa dikatakan kedua ini harganya fantastis dan memang sangat langkah sekali. SS90 itu pernah tembus Rp1 miliar dan Douglass ini juga menjadi master peace kita yang memang sudah sangat susah ditemui dan nilainya bisa diatas SS90," pungkas Pengelola Museum Motor Klasik SMK NMC.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES