Wisata

Selain Pemandangan Laut, Pantai Tiris Indramayu Menyimpan Sisi Mistis Sumur Gaib

Minggu, 05 September 2021 - 15:43 | 223.35k
Pantai Tiris Indramayu. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Pantai Tiris Indramayu. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Objek wisata Pantai Tiris (Paris) di Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, menyimpan keindahan alam pantai yang memukau. Selain itu, ternyata pantai ini juga menyimpan sisi mistis yang menjadi daya tarik wisatawan, yakni adanya sumur gaib.

Dari cerita yang beredar dari masyarakat maupun para pedagang di kawasan pantai, di Pantai Tiris terdapat sumur gaib yang tak bisa dilihat oleh mata biasa. Sehingga, orang tersebut konon harus mempunyai semacam ilmu kebatinan untuk bisa melihat sumur tersebut.

Advertisement

Karena keberadaan sumur gaib tersebut, pantai ini juga kerap dinamakan Sumur Tiris.  Karena itulah, banyak juga yang datang ke pantai ini, demi bisa melihat sumur yang dimaksud, selain pemandangan alam pantai dan laut yang disuguhkan.

Menurut salah seorang warga setempat, Mashudi (55), lokasi persis sumur tersebut tidak diketahui, karena tidak bisa dilihat oleh orang biasa. Maka dari itu, dinamakan sukur gaib, karena tak bisa dilihat.

"Lokasi persisnya gak ada yang tahu, tapi ada di sana," jelasnya, Minggu (5/9/2021).

Mashudi melanjutkan, sumur itu hanya akan muncul jika ada seseorang yang dalam kondisi darurat. Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, pernah ada nelayan yang tengah melaut dan nyaris meninggal karena kelaparan.

Nelayan itu lalu menepi di Pantai Tiris, dalam kondisi sudah sangat lemas, sumur gaib tersebut tiba-tiba muncul di hadapan nelayan tersebut. Dari dalam sumur, terdapat mata air yang sangat jernih dan buah-buahan yang melimpah.

"Setelah nelayan itu kenyang, sumur gaib itu hilang kembali dengan sendirinya," ujarnya.

Menurut Mashudi, konon buah-buahan tersebut asli dan bisa membuat kenyang. Hanya saja, buah tersebut tapi tidak bisa dibawa pulang. Karena jika dibawa pulang buah itu akan berubah menjadi batu.

"Sampai sekarang gak ada yang tahu persisnya di mana lokasi sumur ghaib di Pantai Tiris itu karena gak ada yang bisa lihat langsung," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES