Wisata

Wisata Desa Tirta Agung Bondowoso Masuk 50 Terbaik ADWI 2022

Selasa, 10 Mei 2022 - 18:05 | 129.44k
Tampak wisata Desa Tirta Agung dengan Sawung yang dibangun di atas waduk (FOTO: Instagram @wisata.tirta_agung)
Tampak wisata Desa Tirta Agung dengan Sawung yang dibangun di atas waduk (FOTO: Instagram @wisata.tirta_agung)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOWisata Desa Tirta Agung menjadi salah satu jujukan wisatawan saat berkunjung di Kabupaten Bondowoso. Wisata tersebut berada di Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumberwringin, dan kini berhasil masuk 50 desa wisata terbaik, dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 

Wisata desa tersebut menawarkan berbagai macam wahana, mulai tempat tongkrongan outdoor dengan pemandangan sawah, kolam renang dengan air yang mengalir langsung dari alam, kemudian juga ada sawung yang dibangun di atas waduk yang dipenuhi ikan hias.

Advertisement

Tirta Agung sangat cocok bagi wisatawan yang hendak atau baru turun dari Kawah Ijen. Sebab lokasinya berada di kecamatan yang dilintasi saat  menuju Ijen.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tirta Agung, M Fadil Susanto mengatakan, persiapan untuk ADWI 2022 masih memiliki banyak kekurangan. 

Sebab kata dia, masih dalam keadaan pandemi, dimana sektor pariwisata mengalami keterpurukan, dan sejumlah fasilitas di Tirta Agung masih diperbaiki.

Pihaknya tidak menyangka bisa masuk 50 besar ADWI 2022 dari total peserta sebanyak 3.419 desa wisata. 

Selain itu kata dia, destinasi wisata desa itu baru diresmikan pada 2019 lalu. Belum lagi SDM yang terbatas. 

"Beberapa pekerja di dalamnya hanya berpendidikan SD dan SMP. Bahkan beberapa anak putus sekolah," paparnya.

Menurutnya, Wisata Tirta Agung berawal dari inisiatif para pemuda desa, untuk menggali potensi alam yang ada di desanya. Sebab awalnya hanya merupakan waduk yang tidak  terawat, dan kerap dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

Upaya itu didukung oleh pihak desa, baik untuk pembenahan maupun pengembangannya. Sehingga para pemuda terus melakukan kerja bakti pada awalnya. "Kita kerja bakti membersihkan hingga membuat beberapa gasebo tanpa diupah," imbuh dia.

Saat ini pihaknya masih terus berupaya agar Tirta Agung bisa menjadi 3 desa wisata terbaik se-Indonesia dalam ADWI 2022 tahun ini.

"Bekerja sama persiapan penilaian dewan Juri ADWI 2022 dan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif," paparnya terkait kesiapan Wisata Desa Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES