Wisata

Meresapi Keindahan Alam Pantai Tiga Warna di Kabupaten Malang

Sabtu, 14 Mei 2022 - 11:01 | 105.96k
Pantai Tiga Warna di kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC), tepatnya berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (FOTO: Defi Sasmita for TIMES Indonesia)
Pantai Tiga Warna di kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC), tepatnya berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (FOTO: Defi Sasmita for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPantai Tiga Warna merupakan salah satu pantai yang berada di dalam kawasan CMC (Clungup Mangrove Conservation), tepatnya di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Tiga Warna memiliki alam yang sangat indah, hamparan pasirnya berwarna putih, warna air dekat pantainya hijau toska, sedangkan warna air laut lainnya berwarna biru.

Advertisement

Mungkin karena hal tersebutlah pantai ini diberi nama Pantai Tiga Warna, menghadirkan gradasi warna alam yang terlihat sangat cantik dari ketinggian. Karena berada di kawasan konservasi, kebersihan dan keasriannya pun sangat terjaga dengan baik sama halnya seperti Pantai Clungup.

pantai-tiga-warna.jpg

Untuk menuju Pantai Tiga Warna, harus berjalan kaki terlebih dahulu dengan menyusuri kawasan hutan mangrove serta melewati beberapa pantai yaitu pantai clungup, pantai gatra setelah itu kita baru tiba di Pantai Tiga Warna.

Jika pengunjung menggunakan mobil, maka harus memakirkan kendaraan di bagian depan kemudian melanjutkannya dengan menggunakan ojeg untuk biayanya Rp.5000/orang. Bisa juga dengan berjalan kaki, jarak tempuhnya lebih dari 1 km hingga akhirnya tiba di Pos 1.

Sedangkan untuk pengguna motor, dapat langsung melanjutkan perjalanan hingga parkiran yang lokasinya dekat dengan Pos 1. Dilanjutkan berjalan hingga tiba di Pos 2. Di sini merupakan pos tiket serta pemeriksaan barang bawaan. Hal ini untuk menghindari sampah yang ditinggalkan dan menjaga kebersihan di sekitar pantai.

Jam operasional Pantai Tiga Warna dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 waktu setempat. Tiket masuk Pantai Tiga Warna dan pantai-pantai lain yang ada di sekitarnya cukup dengan membayar sebesar Rp. 10.000/orang.

Sedangkan untuk memasuki kawasan Pantai Tiga Warna, kita harus ditemani oleh seorang pemandu yakni 10 pengunjung ditemani oleh satu pemandu. Dengan biaya Rp. 150.000.

Selain itu kita di wajibkan untuk booking terlebih dahulu untuk ke pantai 3 warna mengingat jumlah pengunjung di batasi 100 orang dalam satu waktu dan max jam kunjungan hanya 2 jam.

Hal itu dimaksudkan untuk menjaga alamnya supaya tetap terjaga dengan baik, kita pun bisa melanjutkan dengan mengunjungi pantai-pantai lain yang ada di sekitarnya. Dengan ditemani seorang guide atau pemandu, masih harus melanjutkan perjalanan hingga akhirnya tiba di Pantai Tiga Warna.

tiga-warna-pantai.jpg

Meskipun dibatasi oleh waktu, pengunjung dapat melakukan beragam kegiatan seru selama berada di Pantai Tiga Warna seperti berkemah, dapat bersantai menikmati pemandangan pantai yang memiliki deburan ombak yang tidak terlalu besar serta snorkling dan diving.

Di sekitar pantai terdapat pos penyewaan peralatan untuk snorkeling dan diving sebesar Rp.25.000/orang. Pantai ini merupakan satu-satunya spot snorkeling yang ada di Malang. Menyelam di sini kamu tidak menggunakan sepatu katak, karena untuk mencegah kerusakan pada terumbu karang yang ada.

Di sekitar Pantai Tiga Warna terdapat sebuah bukit dengan view yang sangat indah. Bukit tersebut dilengkapi dengan sebuah gardu pandang yang dapat digunakan untuk berfoto. Selain itu beberapa pantai yang ada di sekitarnya pun dapat terlihat dengan jelas, gagahnya Pulau Sempu seakan melengkapi panorama alam yang tersaji.

Sepulang dari Pantai Tiga Warna pengunjung melakukan pengecekan kembali terhadap barang yang dibawa saat berangkat, apakah sampahnya dibawa atau ditinggal di pantai. Hal ini demi kedisiplinan serta tanggung jawab pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi Pantai Tiga Warna. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES