Wisata

Yadnya Kasada Segera Digelar, Ini Batasan bagi Pengunjung

Selasa, 31 Mei 2022 - 19:08 | 42.78k
Yadnya Kasada tahun ini bakal digelar oleh warga Tengger di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Diskominfo for TIMES Indonesia)
Yadnya Kasada tahun ini bakal digelar oleh warga Tengger di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Diskominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOYadnya Kasada tahun ini bakal diselenggarakan pada Rabu-Kamis (15-16/6/2022). Untuk mengurangi kerumunan saat ritual Suku Tengger itu berlangsung, wisatawan hanya boleh masuk sampai di Cemoro Lawang saja.

Tokoh masyarakat Tengger, Supoyo, mengatakan Yadnya Kasada tahun ini masih dalam masa pandemi Covid-19, meskipun sudah ada kelonggaran-kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah. Karena itu, wisatawan domestik maupun mancanegara hanya boleh masuk sampai di Cemoro Lawang saja.

Advertisement

"Tidak menghadiri ritual di dalam kawasan lautan pasir dan Pura Luhur Poten,” katanya.

Supoyo menerangkan, larangan tersebut sesuai dengan keputusan Paruman Dukun Pandita se-Kawasan Tengger. Jadi, area lautan pasir dan Pura Luhur Poten hanya khusus bagi mereka yang melaksanakan ritual Yadnya Kasada.

"Intinya tidak masuk ke lautan pasir dan Pura Luhur Poten mulai Rabu pagi hingga Kamis sore. Setelah itu bisa bebas seperti biasanya,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian, berharap agar upacara Yadnya Kasada yang dilakukan oleh masyarakat Tengger ini bisa memberikan keberkahan untuk kebangkitan ekonomi di kawasan setempat.

Menurut Yulius, meskipun hanya boleh sampai di Cemoro Lawang, namun pengunjung masih bisa menikmati Seruni Point dan Mentigen. "Bisa juga melihat aktifitas masyarakat Tengger dalam perayaan Yadnya Kasada," ujarnya.

Yulius menambahkan, untuk rangkaian Yadnya Kasada tahun ini juga akan dilakukan pengukuhan beberapa pejabat dari Forkopimda Provinsi Jawa Timur dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo sebagai Sesepuh Tengger.

Lalu, juga akan ada even "Eksotika Bromo" pada tanggal 11 dan 12 Juni 2022 di Kaldera Tengger. "Silakan bisa datang untuk menyaksikan Eksotika Bromo dengan tetap jangan abai protokol kesehatan,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES