Wisata

Restoran Apung Jumbo, Bangunan Ikonik Hongkong Kini Pensiun

Kamis, 16 Juni 2022 - 05:51 | 70.14k
Jumbo Floating Restaurant, Hongkong di malam hari. (Foto: Cardcow)
Jumbo Floating Restaurant, Hongkong di malam hari. (Foto: Cardcow)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHongkong memiliki salah satu tujuan wisata dan kuliner ikonik. Tempat ini dikenal sebagai Jumbo Floating Restaurant atau Rumah Makan Apung Jumbo.

Tempat ini telah menjadi jujugan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri saat berkunjung ke kota tersebut.

Advertisement

Jumbo Floating Restaurant diketahui telah menjadi tempat idola berbagai keluarga untuk mengadakan jamuan makan malam mereka. Bahkan beberapa pasangan juga sering memesan makan malam romantis sambil menikmati keindahan laut di malam hari.

Rumah makan ini telah mengapung di semenanjung Hongkong selama kurang lebih 46 tahun. Sebelum dipindah, rumah makan apung ini bersandar di pelabuhan Aberdeen. Jujugan wisata yang juga rumah makan ini telah bersandar di tempat tersebut sejak 1976.

Rumah makan apung ini berhenti beroperasi pada awal 2020 akibat terjangan pandemi. Pada 29 Maret 2022 kemarin pemilik rumah makan apung tersebut mengumumkan bahwa mereka akan membawa rumah makan apung tersebut ke luar dari Hongkong.

Dua hari setelah pengumuman (1/6/2022) mendadak kapal tongkang yang dijadikan sebagai dapur rumah makan terbalik dan tenggelam. Pemilik rumah makan tersebut juga mengatakan bahwa mereka tak sanggup lagi membayar tingginya pajak yang diberikan pemerintah setempat dalam kondisi sepi seperti ini.

Beberapa langkah untuk menyelamatkan Jumbo Floating Restaurant telah dilakukan. Salah satunya yakni penggalangan dana yang ditujukan untuk menyelamatkan rumah makan tersebut agar tetap bisa tinggal di Hongkong. Namun semuanya menemui jalan buntu.

Mirisnya, pemerintah Hongkoh menolak pengajuan untuk menginvestasikan dana mereka untuk melestarikan rumah makan ynag telah menjadi bagian sejarah kota Hongkong tersebut. Dilansir dari The  Guardian, rumah makan ini menyediakan makanan Cantonese dan beberapa hidangan khas seafood.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui kemana rumah makan tersebut akan dipindah. Pihak jasa pindahan Jumbo Floating Restaurant Hongkong tidak membeberkan secara langsung kemana tujuan baru rumah makan tersebut. Mereka hanya mengatakan akan membawa rumah makan berbentuk seperti istana Cina tersebut ke luar negeri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES