Wisata

Desa Cintakarya di Pangandaran Pelopori Konsep Wisata Berlibur ke Rumah Nenek di Kampung

Kamis, 16 Juni 2022 - 04:31 | 67.31k
Salah satu goa yang ada di kawasan lokasi konsep wisata berlibur ke rumah nenek di kampung. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Salah satu goa yang ada di kawasan lokasi konsep wisata berlibur ke rumah nenek di kampung. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARANDesa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran menjadi pelopor konsep wisata berlibur ke rumah nenek di kampung.

Kepala Desa Cintakarya Wawang Darmawan mengatakan, konsep wisata berlibur ke rumah nenek di kampung itu atas masukan dari berbagai pihak.

Advertisement

"Desa Cintakarya jadi salahsatu tempat KKN mahasiswa/ mahasiswi dari berbagai kampus seperti UI, IPB, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan ITB," kata Wawang, Rabu (15/6/2022).

Wawang menambahkan, muncul gagasan membuat sebuah paket wisata yang unik dengan memanfaatkan tradisi yang ada di Desa Cintakarya.

"Konsep dan gagasan dari kalangan akademis itu lalu dikolaborasikan dengan HPI Pangandaran juga seluruh lingkungan warga masyarakat di RT 07 Dusun Karangkamulyan, Desa Cintakarya," tambah Wawang.

Lokasi wisata berlibur ke rumah nenek di kampung itu tepatnya di Blok Nyalindung.

"Pada sajian konsep wisata berlibur ke rumah nenek di kampung itu, wisatawan akan dikenalkan dengan kondisi alam yang ada di Desa Cintakarya," jelasnya.

Desa Cintakarya ini sebagai mitra Politeknik Kelautan Pangandaran dan saat itu Politeknik Kelautan Pangandaran memberikan pembinaan terhadap warga di lingkungan Blok Nyalindung, Dusun Karangkamulyan, Desa Cintakarya membuat program Mina Padi.

"Warga kami kemudian diajak studi bunding ke Sambe Rembe Sleman dan Desa Ponggok di Klaten," tutur Wawang.

Maksud dari berlibur ke rumah nenek di kampung pengunjung seperti di ajak pulang ke kampung nenek dan program Mina Padi ini bakal menyajikan caranya menanam padi dan menanam ikan di sawah.

"Program Mina Padi ini ada padi dan pengolahan ikan, jadi wisatawan nantinya bisa belajar menanam padi sampai makan nasi," papar Wawang.

Konsep ini dilakukan karena orang dari perkotaan belum tahu proses padi menjadi nasi atau dari mana asalnya nasi.

"Melalui konsep wisata berlibur ke rumah nenek di kampung pengunjung akan diberikan cara menanam padi atau bertani," sambung Wawang.

Selain itu wisatawan juga bakal diajari cara membajak sawah hingga waktu panen tiba. Pihak pengelola juga bakal mengenalkan kondisi alam yang ada dan dibawa ke area goa yang ada di Desa Cintakarya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES