Wisata

Intip Keasyikan Zona KIP, Wahana Baru di Pesona Ngiroboyo Pacitan

Senin, 27 Juni 2022 - 16:56 | 111.11k
Suasana live musik akustik di Zona KIP Pesona Ngiroboyo, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. (FOTO: Wildan for TIMES Indonesia)
Suasana live musik akustik di Zona KIP Pesona Ngiroboyo, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. (FOTO: Wildan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Berbicara wisata, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur seolah tak ada habisnya. Salah satunya Pesona Ngiroboyo yang kini punya Zona KIP (Kreatif, Inovatif, dan Produktif), yakni wahana baru paling asyik buat nongkrong. 

Zona KIP merupakan produk wisata baru yang dibangun oleh Klinik BUM Desa Jatim berkat dukungan penuh dari Sampoerna untuk Indonesia. Sedangkan Pesona Ngiroboyo dikelola oleh BUMDesa Subur Makmur. 

Advertisement

Selain menyuguhkan keindahan, wisatawan bisa bersantai ria menikmati kehangatan malam bersama teman-teman atau orang terdekat sambil menikmati alunan akustik dan berbagai hiburan lainnya. 

Pengelola Pesona Ngiroboyo, Wildan Nur Swi Harmoko mengatakan, bahwa konsep yang diusung adalah live musik akustik yang diadakan setiap akhir pekan. "Seminggu sekali kami adakan live musik akustik sambil nongkrong atau ngopi di Zona KIP," katanya, Senin (27/2022). 

Ngiroboyo-Pacitan-2.jpgLive musik akustik di Zona KIP Pesona Ngiroboyo ini digelar tiap seminggu sekali, yakni menjelang petang hingga malam hari. (FOTO: Wildan for TIMES Indonesia)

Wildan menambahkan, proses pembuatan wahana baru tersebut memakan waktu satu bulan dan saat ini dalam tahap penyempurnaan. Pengerjaannya membutuhkan biaya Rp100 juta lebih. 

"Kurang lebih sebulan, total biayanya Rp100 juta lebih. Saat ini masih tahap penyempurnaan namun sudah kami uji coba. Untuk kapasitas bisa menampung 50 orang," terangnya. 

Dengan adanya Zona KIP, ia berharap dapat meningkatkan ekonomi dan masyarakat setempat. Wahana baru ini diklaim mampu mendatangkan wisatawan di malam hari.  "Semoga ekonomi masyarakat tambah meningkat. Karena biasanya siang hari sekarang ada daya tarik baru, yakni wisata malam," jelas Wildan. 

Sebagai informasi, tahun 2022 ini Klinik BUM Desa Jatim memberikan bantuan Zona KIP kepada 6 desa wisata, yakni Poetoek Soeko, Mojokerto, Pantai Lon Malang, Sampang, Pantai Tambakrejo, Blitar, Plaza Bukit Surga, Nganjuk, Watu Rumpuk Mendak, Madiun dan Pesona Ngiroboyo, Pacitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES