Wisata

Jarang Dapat Perhatian, Begini Kondisi Pantai di Ujung Barat Pacitan

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:50 | 59.80k
Kondisi pantai di ujung barat perbatasan Pacitan, Jatim-Wonogiri, Jateng. Saat ini sedang diperhatikan Pemkab Pacitan untuk dikelola dengan nama Pantai Nyawiji. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Kondisi pantai di ujung barat perbatasan Pacitan, Jatim-Wonogiri, Jateng. Saat ini sedang diperhatikan Pemkab Pacitan untuk dikelola dengan nama Pantai Nyawiji. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Di perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah, terdapat potensi obyek wisata yang bernama Pantai Nampu. Letaknya ada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan dan sebagian masuk Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. 

Selain jarang dapat perhatian dari pemerintah daerah, pantai ini masih sangat alami sehingga akses jalan dan fasilitasnya pun belum memadai. 

Advertisement

PLH Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkim Pacitan), Masruhin Muhammad mengatakan, pantai yang masuk wilayah Desa Widoro tersebut diganti nama dengan Pantai Nyawiji. 

"Untuk membedakan antara milik Pacitan dan Wonogiri, makanya Bupati Indrata Nur Bayuaji menamainya dengan Pantai Nyawiji," katanya saat ditemui TIMES Indonesia di lokasi, Selasa (5/7/2022). 

Masruhin menegaskan, status wilayah perbatasan Jatim-Jateng itu harus dipertegas. Mengingat potensi wisata di Desa Widoro sangat besar, sehingga memungkinkan untuk dikembangkan lebih serius nantinya.

Pantai-Nyawiji-a.jpg

"Saat ini, kami sedang meninjau terkait status tanah. Mana yang masih milik warga atau daerah. Supaya pengelolaannya ke depan lebih mudah," terangnya. 

Setelah status kepemilikan tanahnya jelas, ke depan Pemkab Pacitan tidak perlu ragu untuk bisa mengelola obyek wisata yang separuhnya saat ini masih menjadi milik Wonogiri. 

"Kalau di peta, Pantai Nampu milik Pacitan. Namun beberapa tahun yang lalu ada kesepakatan pembagian wilayah dua belah pihak di tengah-tengah perairan," jelas Masruhin. 

Terkait tindak lanjut, pihaknya masih akan menata komunikasi dengan semua pihak. Sebagai acuan awal Pemkab Pacitan untuk mengelola potensi wisata paling ujung barat tersebut. 

"Semoga dalam waktu dekat bisa selesai. Tugas kami hanya verifikasi status tanah. Soal pengembangan nanti tunggu langkah selanjutnya," ujar PLH Dinas Perkim Pacitan, Masruhin Muhammad.

Pantai-Nyawiji-b.jpg

Sementara itu, Sekdes Widoro Komadi hanya belum memiliki rencana untuk mengelola obyek wisata yang dinamakan Pantai Nyawiji itu. Ia sadar akan keterbatasan kemampuan Desa. Terlebih desa tersebut memiliki dua destinasi yang lebih dulu dikelola, baik pemkab maupun BUMDes, yakni Pantai Buyutan dan Banyu Tibo. 

"Mestinya Pemkab yang mengelola. Soalnya, wilayah pantai perbatasan seperti ini perlu perhatian yang lebih. Toh, kalau mau dikelola, ke depan pastinya akan lebih nyaman. Statusnya juga jelas," katanya terkait batas wilayah Pacitan-Wonogiri yang kini sedang diurus oleh Pemkab Pacitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES