Wisata

Pemkot Malang Pastikan Segera Miliki Lima Unit Bus Macito

Minggu, 14 Agustus 2022 - 13:36 | 41.17k
Bus Macito yang tengah berkeliling Kota Malang. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Bus Macito yang tengah berkeliling Kota Malang. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPemkot Malang memastikan bakal menambah armada bus Malang City Tour (bus Macito). Hal itu setelah Dinas Perhubungan (Dishub) memasukkan rencana pengadaan unit bus di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2022.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, pihaknya dipastikan bakal mempunyai lima unit bus Macito yang diperuntukan bagi masyarakat Kota Malang.

Advertisement

Kini, Kota Malang yang telah memiliki satu unit bus Macito dan telah beroperasi, berarti bakal bertambah empat unit lagi. "Kita ada CSR dari Juragan99 itu ada dua. Kita tambah lagi dua unit, jadi kan 4 dan kita sudah punya satu yang beroperasi," ujar Sutiaji, Minggu (14/8/2022).

Sebelumnya, Sutiaji sempat berfikir untuk merombak bus Macito lama yang tak terpakai agar bisa dioperasikan. Akan tetapi, setelah dilihat bahwa biaya pembenahan terlampau tinggi atau hampir sama dengan biaya beli baru, maka Sutiaji memutuskan untuk membeli baru bus Macito.

Biaya perbaikan diperkirakan sebesar Rp800 juta dan jika memberi baru, biayanya yakni Rp1,2 miliar. Maka dari itu, jika membutuhkan dua unit bus Macito baru, Pemkot Malang membutuhkan biaya sebesar Rp2,4 miliar.

"Bukannya saya dengan dewan alergi program lama. Tapi ini informasinya kalau merubah Macito kan Rp800 juta, padahal beli baru Rp1,2 miliar," ungkapnya.

Kebutuhan Rp2,4 miliar nampaknya tak seutuhnya pada PAK 2022 ini. Sebab, kata Sutiaji, Dishub sudah melakukan perencanaan sebelum PAK yang dimana tinggal menambah anggaran yang kurang di PAK 2022 mendatang.

"Dishub ada tambahan Rp400 juta di sekarang (PAK). Sebelumnya sudah ada rencana pengadaan," tandasnya.

Sebagai informasi, Bus Macito merupakan kendaraan wisata gratis milik Kota Malang yang diperuntukan bagi masyarakat maupun wisatawan.

Saat ini, Kota Malang yang hanya memiliki satu unit Macito beroperasi di kawasan Splendid atau eks Lab Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang.

Para wisatawan maupun masyarakat Kota Malang akan dibawa mengelilingi sejumlah jalur wisata Heritage di Kota Malang menggunakan bus tersebut.

Mulai dari Kayutangan Heritage hingga Idjen Boulevard menjadi tujuan Bus Macito tersebut, Bus ini berkeliling setiap hari dengan jadwal jam yang telah ditentukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES