Wisata

Parade Paralayang Venue Gunung Menyan, Destinasi Wisata Dirgantara Banyuwangi

Minggu, 14 Agustus 2022 - 19:14 | 51.51k
Parade wisata dirgantara paralayang dengan Venue Puncak Gunung Menyan, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru. (Foto: Imam Hamdani/TIMES Indonesia)
Parade wisata dirgantara paralayang dengan Venue Puncak Gunung Menyan, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru. (Foto: Imam Hamdani/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Ada destinasi wisata dirgantara pertama di ujung timur Pulau Jawa yang wajib anda coba saat berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata dirgantara paralayang pertama kali di paradekan dalam agenda Banyuwangi Festival 2022, dengan Venue Puncak Gunung Menyan, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

Advertisement

Sedikitnya ada 40 atlet senior dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Jawa Tengah dan tak lupa atlet andalan Jawa Timur, mulai dari Malang, Surabaya, Sidoarjo, hingga Banyuwangi. Mereka tuntas menjajaki lanscap dengan ketinggian 730 Meter dari permukaan laut (mdpl), pada Minggu (14/8/2022). 

Parade-Paralayang-Venue-Gunung-Menyan-b.jpg

Ketua FASI Banyuwangi, Zidni Ilman Nafi’a mengatakan bahwa parade paralayang ini merupakan edukasi bagi masyarakat Banyuwangi, tepatnya Kalibaru. Bahwasanya mereka memiliki potensi epic pengembangan wisata dirgantara.

Kepada TIMES Indonesia, pria yang akrab disapa Gus Zidni itu menyampaikan, Gunung Menyan memiliki karakteristik tersendiri. Selain angin yang layak untuk terbang, ketinggian mencapai 730 mdpl menjadi favorit atlit berbagai daerah dan memacu mereka penasaran dan ingin mencoba untuk menaklukan.

"Hari ini ada 40 orang atlit yang terbang mengitari langit Kalibaru. Dan ini bukan hanya berasal dari Banyuwangi saja, tapi juga luar kota. Bahkan mereka bisa take off sampai 4 sampai 5 kali, itu kan luar biasa," ungkap Gus Zidni.

Parade-Paralayang-Venue-Gunung-Menyan-c.jpg

Sementara, Penasehat Fasi Banyuwangi, sekaligus ketua panita parade paralayang, George Oktavianus Mambo menyebut adanya venue Paralayang di Gunung Menyan Desa Kalibaru Wetan ini menjadi pemantik wisata dirgantara di Kabupaten Banyuwangi agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

"Karena cabang olahraga ini masih baru, dan di resmikan 11 Januari 2022 lalu, semoga bisa terus berkembang dan menjadi wisata dirgantara Banyuwangi semakin booming," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES