Wisata

Wakil Bupati Sumba Timur: Desa Pinduhurani adalah Pintu Surga Pariwisata

Senin, 19 September 2022 - 17:15 | 102.42k
Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu (FOTO: Yudi Umbu TT Rawambaku)
Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu (FOTO: Yudi Umbu TT Rawambaku)

TIMESINDONESIA, WAINGAPUWakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu mengatakan Desa Pinduhurani, Kecamatan Tabundung Desa memiliki pesisir pantai yang sangat indah dan alami yang belum dikembangkan secara optimal. Namanya pantai Pinduhurani.

David bahkan menyebut, Desa Pinduhurani adalah pintu surganya pariwisata di Kabupaten Sumba Timur

Advertisement

“Berbicara soal obyek wisata, di Sumba Timur ada satu desa yang menjadi pintu surganya pariwisata Sumba khususnya di Kabupaten Sumba Timur,” ungkap Wakil Bupati Sumba Timur Senin (19/9/2022).

Pesisir pantai Pinduhurani ini berada di Kecamatan Tabundung yang bersebelahan dengan pantai Tarimbang sebagai salah satu ekowisata daerah yang sudah lama berlangsung

Desa Pinduhurani kata David, memiliki kawasan pantai yang luas sepanjang 2,6 Hektare serta indah dengan dua pintu batu karang yang disebut Pindu Hurani atau dalam bahasa indonesianya “Pintu Surga”.

Wakil-Bupati-Sumba-Timur-2.jpgIlustrasi pbyek wisata pantai Pinduhurani di Kabupaten Sumba Timur (FOTO: Yudi Umbu TT Rawambaku)

“Lokasi pesisir pantainya sangat bersih tidak ada sedikitpun sampah atau kotoran yang kita temui karena pantainya masih sangat bersih dan alami sedangkan perjalanan menuju destinasi wisata membutuhkan waktu 2,5 jam dari Kota Waingapu bisa dengan kendaraan bermotor,” tuturnya.

Selain itu, ucap David, dalam berbagai kesempatan saat bicara tentang potensi pariwisata di Pulau Sumba, dia meminta kepada Pemerintah Daerah, Kecamatan maupun Desa terus memperkuat branding pariwisata di wilayahnya dengan menonjolkan kekayaan alam budayanya.

“Ini kan salah satu upaya yang dilakukan contohnya Sumba Timur sudah pernah menggelar parade 1001 kuda Sandelwood yang dipadukan dengan festival tenun ikat tahun lalu,” tambahnya.

Wakil-Bupati-Sumba-Timur-3.jpg

Pihaknya terus mendorong pengembangan desa wisata sebagai salah satu langkah untuk kebangkitan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19 yakni Desa wisata sebagai destinasi dunia berdaya saing dan berkelanjutan serta mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

David berharap, tren pariwisata Sumba Timur kedepan lebih mengarah kepada pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan sebagai kekuatan pariwisata yang mengedepankan pelestarian budaya dan lingkungan. Termasuk pengembangan desa Pinduhurani. “Desa wisata memiliki peranan besar dalam mewujudkan hal tersebut karena pemerintah mendorong penuh pengembangan Desa wisata,” tutup Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES