Wisata

Eksplor Desa Guyangan Probolinggo, 10 Spot Wisata Dalam Satu Kawasan 

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 06:46 | 34.18k
Air terjun Dewi Rengganis merupakan salah satu air terjun yang ada di Desa Guyangan, Kabupaten Probolinggo.(FOTO: Rhoma Dona/TIMES Indonesia)
Air terjun Dewi Rengganis merupakan salah satu air terjun yang ada di Desa Guyangan, Kabupaten Probolinggo.(FOTO: Rhoma Dona/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jatim, memilik tagline "Endless Probolinggo", yang diartikan tidak ada habisnya untuk mengeksplor destinasi wisata Probolinggo. Nah, tagline itu diwujudkan oleh Desa Guyangan, Kecamatan Krucil, kabupaten setempat, yang menyediakan 10 spot wisata dalam satu desa.

Ya, Desa Guyangan merupakan salah satu desa di Kabupaten Probolinggo yang benar-benar memaksimalkan potensi alam yang dimiliki menjadi desa wisata. Berada di lereng utara Pegunungan Argopuro, tentu banyak spot yang bisa digali untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. 

Advertisement

Apa saja sih 10 spot wisata yang tersaji di Desa Guyangan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo?

1. Rest Area Guyangan

Desa-Guyangan-b.jpgRest Area Guyangan menyajikan taman bunga yang indah dan asri, di balik eksotiknya gunung Lemongan. (FOTO: Rhoma Dona/TIMES Indonesia)

Rest Area Guyangan adalah salah satu tempat peristirahatan bagi para pengunjung yang datang ke desa wisata Guyangan. Panorama gunung dan taman bunga menjadi primadona dan ciri khas Rest Area Guyangan. 

Sajian alam yang disuguhkan di tempat ini dapat membuat para pengunjung yang datang ke desa wisata Guyangan terpukau. Apalagi, sebelum memasuki Desa Guyangan, pengunjung disuguhkan pemandangan pegunungan Hiyang Argopuro dan gunung Lemongan. 

2. Pondok Susu 

Pondok Susu salah satu tempat kuliner bagi wisatawan yang datang ke desa wisata Guyangan. Panorama yang indah dihiasi dengan pemandangan taman serta pepohonan pinus di sekelilingnya, menjadi spot dan daya tarik untuk menikmati kesegaran susu yang disajikan di Pondok Susu. 

Tidak hanya itu, Pondok Susu juga menyediakan tempat akustik bagi pengunjung yang ingin bernyanyi.

3. Camping Ground 

Desa-Guyangan-c.jpgBagi pengunjung yang ingin menginap dengan suasana outdoor, pengelola desa wisata Guyangan menyiapkan camping ground. (FOTO: Rhoma Dona/TIMES Indonesia)

Camping Ground saat ini menjadi salah satu nilai tawar destinasi wisata outdoor. Desa wisata Guyangan, juga menyediakan hal itu. Lokasinya berada dekat dengan Rest Area Guyangan.

Bisa dibayangkan dong, asyiknya berkemah tapi dekat dengan fasilitas dasar yang ada di rest area seperti toilet, mushola, dan warung. Jadi, kita gak terlalu ribet harus bawa bayak bekal. So, kita tingga santai aja di dalam tenda. 

4. Air Terjun Jaran Goyang 

Di awal eksplorasi Desa Guyangan sebagai desa wisata, air terjun Jaran Goyang menjadi andalannya. Setelah dipoles menjadi destinasi wisata, air terjun Jaran Goyang langsung diserbu pecinta wisata alam.
Keberadaan air terjun tersebut telah diketahui penduduk lokal sejak tahun 1760. Suguhan alam dan bebatuan yang masih asri menjadi salah satu daya tarik air terjun Jaran Goyang.

5. Air Terjun Dewi Rengganis 

Konon, air terjun ini adalah tempat pelarian Dewi Rengganis dari kejaran kerajaan Majapahit kala itu. Alhasil, legenda tersebut dipercaya masyarakat setempat dan muncullah nama air terjun Dewi Rengganis. 

Air terjun ini masih "perawan", cocok bagi anda yang ingin menyusuri alam bebas dengan kesegaran air terjun yang jernih.

6. Taman Edukasi 99

Taman Edukasi 99 adalah salah satu tempat edukasi buah dan sayuran yang berada di pintu masuk air terjun Jaran Goyang. Tidak hanya itu, taman Edukasi 99 memiliki spot menarik bagi pengunjung. Seperti kolam pancing, perpustakaan, kolam ikan terapi, rumah herbal, rumah jus, ATV dll.

7. Air Terjun Watu Lesung 

Air terjun yang satu ini merupakan objek pendukung yang berada di Dusun Duren, Desa Guyangan. Alam yang masih asri serta keindahan perkebunan kopi menjadi daya tarik tersendiri di air terjun Watu Lesung.

8. Air Terjun Batu Rantai 

Air terjun Batu Rantai terletak di Dusun Gligir. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dimana air terjunnya dikelilingi batu seperti rangkaian rantai. Keunikan itulah yang menjadi daya tarik tersendiri air terjun Batu Rantai.

9. Situs Batu Petapaan 

Pada zaman dahulu, situs Batu Petapaan menjadi tempat persemedian para leluhur Desa Guyangan. Dimana mereka melakukan persemedian di tempat tersebut. Tempatnya dikelilingi beberapa air terjun dan goa untuk tempat mereka bersemedi.

10. Kebun Durian 

Kecamatan Krucil merupakan salah satu wilayah penghasil komoditas durian di Kabupaten Probolinggo. Nah, Desa Guyangan merupakan salah satu desa penghasilnya.

Untuk mendukung Desa Guyangan sebagai desa wisata, pemerintah desa setempat mengkonsep Dusun Lebbe menjadi kebun durian. Di dusun tersebut, pengunjung bisa belajar banyak tentang durian. Tentunya, sekalian memborong durian khas Guyangan. 

Bagaimana, penasaran untuk mengeksplor Desa Guyangan yang merupakan salah satu destinasi wisata Probolinggo? Jelajahi aja Kabupaten Probolinggo yang dijamin tidak akan ada habisnya, alias Endless Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES