Wisata

Pesona Alam Air Terjun Saluopa di Poso Sungguh Memukau

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 06:06 | 42.27k
Pesona Alam Air Terjun Saluopa di Poso Sungguh Memukau
Air Terjun Saluopa yang terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Pusulemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. (Foto: Sarifah Latowa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, POSOAir Terjun Saluopa adalah salah satu destinasi wisata unggulan yang terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Pusulemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. 

Pemandangannya luar biasa indah. Dikelilingi pepohonan rindang. Batuan alam yang tersusun rapi serta cantiknya pemandangan aliran air jernih meluncur deras dari atas gunung sekitar 25 meter.

Uniknya, Air Terjun Saluopa ini memiliki 12 tingkatan dan di setiap tingkatannya tersebut membentuk sebuah kolam kecil yang juga dapat digunakan untuk berenang atau sekedar berendam.

Dany salah satu wisatawan lokal berasal dari Kota Palu mengaku terpukau dengan keindahan alam Air Terjun Saluopa. Ia mengaku nyaman berkunjung ke tempat ini.

"Saya datang ke sini untuk menyaksikan pembukaan Festival Danau Poso. Tapi, saya dengar di tempat ini ada air terjun yang indah. Makanya saya sempatkan datang ke sini. Ini pertama kali saya melihat air terjun seindah ini. Luar biasa pemandangan disini sangat cantik," ujarnya. 

Air-Terjun-Saluopa-2.jpg

Tidak hanya wisatawan lokal yang berkunjung ke objek wisata ini, Dhasi wisatawan asal Swiss, sudah sebulan berada di Sulawesi Tengah untuk berjelajah wisata. Sebelumnya Dhasi sudah berkunjung ke Ampana dan Poso.

"Wow! Cantik sekali dan indah," ujarnya.

Saat ini Dhasi berada di Tentena untuk menikmati keindahan air terjun Saluopa. Apalagi destinasi wisata air terjun Saluopa merupakan objek wisata unggulan dalam gelaran Festival Danau Poso tahun ini.

Untuk masuk ke lokasi wisata, setiap pengunjung terlebih dahulu membeli karcis dengan harga sangat terjangkau. Hanya seharga lima ribu rupiah per orang. 

Pengunjung kemudian berjalan kaki sepanjang setengah kilometer menyusuri hutan kecil yang di kelilingi pepohonan besar dan rindang. Udaranya cukup segar dan hawanya sejuk.
 
Pengelola wisata, Syahrul yang juga petugas keamanan obyek wisata tersebut mengatakan, hampir setiap hari libur khususnya usai hari raya maupun weekend, lokasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya dari Kabupaten Poso tapi dari luar Sulawesi Tengah bahkan dari mancanegara. 

"Kalau libur hari raya, bisa mencapai ribuan pengunjung. Kalau liburan weekend, rata-rata seratus hingga dua ratus pengunjung,’’ ungkapnya.

"Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, cukup mengeluarkan uang sebesar 5000 rupiah anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun Saluopa," ucapnya.

Air-Terjun-Saluopa-3.jpg

Untuk sampai di air terjun Saluopa memang harus ditempuh melalui jalur darat selama satu setengah jam dari pusat Kota Poso atau 264 kilometer dari Kota Palu. Kalau dari Tentena, Kecamatan Pamona Utara ke air terjun Saluopa ini hanya berjarak 12 kilometer.

Objek wisata air terjun Saluopa ini menjadi salah satu yang ditonjolkan pada Festival Danau Poso tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES