Wisata

Indahnya Pemandangan Gunung Puthuk Siwur, Cocok untuk Pendaki Pemula dan Tektok

Minggu, 06 November 2022 - 15:00 | 26.21k
Puncak Gunung Puthuk Siwur yang memiliki ketinggian 1.429 Mpdl. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)
Puncak Gunung Puthuk Siwur yang memiliki ketinggian 1.429 Mpdl. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Mojokerto terkenal dengan destinasi wisata alam, sebab letak geografisnya yang berada di kawasan pegununangnya. Kota Majapahit itu banyak wisata pendakian yang memiliki sejuta keindahanya. Salah satunya wisata pendakian Gunung Puthuk Siwur.

Gunung Puthuk Siwur terkenal dengan trek yang lumayan landai. Pendaki pemula dan bagi kalian yang gemar mendaki tektok patut untuk mencobanya.

Advertisement

Pasalnya, gunung yang berada di ketinggian 1.429 Mdpl ini bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih tiga jam saja. Pas banget, bagi kalian yang suka tektok atau bagi kalian yang baru pertama kali mendaki gunung.

Pengunjung tak perlu khawatir soal harga tiket masuk. Masuk destinasi wisata ini cukup murah yaitu setiap pengunjung hanya dikenakan biaya Rp10 ribu saja.

Tempat ini juga cocok bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan. Di destinasi wisata yang dikelola oleh Perhutani ini juga menyediakan camping ground di empat titik berbeda dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Gunung-Puthuk-Siwur-2.jpgMuhammad Marjuki kagum dengan pemandangan keren yang disuguhkan Gunung Puthuk Siwur. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Pada area Camping Ground paling bawah atau Camping Ground 1 bisa ditempuh dengan waktu 30 menit saja. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pohon pinus yang menakjubkan. Ada juga gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai ria bersama keluarga tercinta.

Pengunjung juga tak perlu takut kehabisan bekal. Disini juga sudah tersedia warung-warung kecil yang siap melayani kalian selama 24 jam.

Kemudian di Camping Ground 2 kalian akan disuguhkan pemandangan gemerlapnya lampu-lampu Kota Mojokerto pada malam hari. Area ini terletak di atas ketinggian 1.293 Mpdl tepatnya di dekat goa bebek dengan area yang cukup luas juga.

Sementara itu, di Camping Ground 3 kalian akan disuguhkan pemandangan dengan view gunung Penanggungan serta gemerlapnya lampu-lampu dari kota yang berjuluk Mojopahit ini. Tentunya lokasi ini, lebih terbuka dibanding lokasi sebelumnya.

Nah, Camping Ground terakhir tepat berada di dekat puncak Gunung Puthuk Siwur. Dari sini pengunjung tak perlu summit, tinggal beberapa langkah saja pengungjung sudah bisa sampai ke puncak.

Gunung-Puthuk-Siwur-3.jpgPadang sabana pada trek pendakian Puthuk Siwur Mojokerto. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Dari puncak gunung Puthuk Siwur pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang memukai dari hamparan hijaunya pegunungan, gunung penanggungan, hingga luasnya kota Mojokerto.

Seperti yang diungkapkan oleh Muhammad Marjuki pedaki asal Ternate itu merasa puas akan pemandangan yang disuguhkan di atas Gunung Puthuk Siwur.

"Alam Mojokerto sangat keren sekali. Idah dan memanjakan mata," kata Marjuki kepada TIMES Indonesia, Minggu (6/10/2022).

Marjuki, pendaki yang hobi dengan tektok ini sangat merekomendasikan bagi pendaki pemula dan pendaki tektok untuk mencoba trekking ke Gunung Phutuk Siwur.

"Bagi kalian yang suka tektok, gunung ini sangat recomended untuk coba. Treknya ringan dan aman apalagi pemandangannya sangat indah," terang Mahasiswa Undar Jombang itu memaparkan keindahan Gunung Puthuk Siwur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES