Wisata

Jelang Libur Akhir Tahun, Wisatawan Mancanegara Mulai Berdatangan ke Yogyakarta

Rabu, 09 November 2022 - 19:18 | 22.06k
Jelang Libur Akhir Tahun, Wisatawan Mancanegara Mulai Berdatangan ke Yogyakarta
Suasana wisatawan domestik ketika berlibur di Titik Nol Kawasan Malioboro Kota Yogyakarta. (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap memiliki daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal itu terlihat dari pantauan bahwa wisatawan mancanegara sudah mulai mengunjungi beberapa objek wisata di Yogyakarta. Sejauh ini, wisatawan berasal dari Eropa.

“Kemarin dari Italia dan Spanyol masuk beberapa rombongan-rombongan yang terpantau cukup banyak selain juga dari Malaysia dan Singapura itu sendiri,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharja, Rabu (9/11/2022).

Namun demikian, Dinas Pariwisata DIY tetap memprioritaskan wisatawan domestik. Sebab, okupansi wisatawan domestik sejauh ini menurutnya cukup bagus. Kunjungan wisatawan ke DIY masih cukup tinggi. Karena itu, Singgih berharap libur akhir tahun 2022 dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Kunjungan wisatawan masih cukup tinggi. Kami berharap nanti sampai di akhir tahun dan semoga kondisi semakin lebih bagus," harap Singgih.

Dinas Pariwisata DIY tetap memprioritaskan wisatawan domestik. Sebab okupansi wisatawan domestik sejauh ini menurutnya cukup bagus. Selain itu, dukungan sarana dan prasarana sangat penting. Misalnya mengenai aksesbilitas dan pelayanan tiket.

“Tiket yang mahal pasti akan berpengaruh kepada kunjungan, tapi alternatif beberapa wisatawan bisa menggerakkan jalan darat, baik kereta api maupun transportasi umum lainnya. Seperti bus sekarang juga ada yang sangat nyaman, ada sleeper, dengan dukungan dari jalan yang cukup bagus ya, hanya 6,5 jam dari Jakarta, mungkin 3,5 jam dari Surabaya, saya kira jadi sebuah pilihan yang cukup efektif," ungkapnya.

Singgih berharap hal ini akan terus ada perbaikan artinya dari sisi transportasi, akses itu menentukan sekali. Selain itu, situasi global saat ini juga dinilai memiliki pengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke tempat wisata di Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES