Wisata

Kebun Teh Jamus Ngawi Tawarkan Kesegaran Alam Lereng Gunung Lawu

Sabtu, 12 November 2022 - 15:22 | 16.06k
Kebun Teh Jamus Ngawi Tawarkan Kesegaran Alam Lereng Gunung Lawu
Suasana saat pengunjung menikmati hamparan hijau Kebun Teh Jamus Ngawi. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Berkunjung ke kebun teh bisa menjadi salah satu pilihan wisata yang menarik untuk dikunjungi bareng keluarga tercinta. Mengingat kebun teh biasanya terletak di dataran tinggi yang menyajikan udara sejuk dengan pemandangan yang eksotis. 

Nah, salah satu kebun teh andalan Jawa Timur yang wajib TIMES Lovers kunjungi yakni Kebun Teh Jamus. Selain udara yang segar, wisata alam yang terletak di lereng Gunung Lawu ini terkenal dengan pesona pemandangan yang masih asri. 

Di jamin bagi kalian yang berkunjung kesini tak pernah merasa menyesal. Hamparan perkebunan hijau sejauh mata memandang akan menambah sensasi liburan semakin menyenangkan. 

Secara geografis Kebun Teh Jamus terletak di Desa Gilikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Akses menuju wisata ini juga cukup mudah pengunjung bisa mengendarai kendaraan pribadi roda 2 atau 4 bahkan bisa juga berwisata ramai-ramai menggunakan bus.

Kebun-Teh-Jamus-Ngawi-a.jpgPengunjung bisa belajar tata cara memanen teh yang baik dan benar bersama petani. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Tapatnya dari arah kota Ngawi ke barat kurang lebih 45 kilometer sedangkan dari arah Sragen, Jawa Tengah ke timur kurang lebih 40 kilometer. Untuk menikmati indahnya pemandangan di Kebun Teh Jamus pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar 15 ribu perorang. 

Di Kebun Teh Jamus yang seluas 478 hektar ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan. Selain kebun teh, pengunjung juga bisa menikmati wahana yang disediakan seperti kolam renang, pendakian kebun, dan anekan swafoto lain menarik. 

Bagi kalian yang suka kegiatan 'outbond' di tempat ini sangat cocok sekali. Pasalnya, di tempat wisata ini terdapat permainan 'flying fox' dan aneka permainan lainnya. Maka tak jarang jika Kebun Teh Jamus sering digunakan sebagai kegiatan pramuka hingga camp area bersama keluarga tercinta. 

Yang tak kalah menarik, jika pengungjung datang sebelum pukul 12 siang. Pengunjung bisa melihat para petani teh yang setiap harinya panen. Pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana cara memanen teh yang baik dan benar. 

Para petani juga dengan penuh keramahannya mau mengajari para pengunjung untuk ikut memanen teh yang tersedia disana. Setidaknya ada beberapa jenis tanaman teh yang ada di kebun ini salah satunya teh hijau, teh putih, dan teh hitam.

Kebun-Teh-Jamus-Ngawi-b.jpgBanyak pilihan spot foto bagi pengunjung yang bisa dinikmati di Kebun Teh Jamus Ngawi. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Pengunjung juga bisa langsung mencicipi hasil dari kebun teh tersebut. Pasalnya di wisata itu juga banyak warung-warung yang menjajankan teh asli kebun itu. Bisa juga menjadi bahan oleh-oleh ketika berkunjung ke Kebun Teh Jamus. 

Rohmat Syarif salah satu wisatawan asal Sragen, Jawa Tengah mengaku terpukau akan keindahan yang disajikan di Kebun Teh Jamus. 

"Suasananya enak, udaranya sejuk sangat cocok sekali untuk bersantai ria setelah sepekan bekerja," kata Rohmat kepada TIMES Indonesia, Sabtu (12/11/2022). 

Hal senada juga diungkapkan oleh Novi Rahmawati wisatawan asal Ngrambe, Ngawi itu sering menghabiskan waktu libur ke kebun teh Jamus. "Sudah sering, karena dekat rumah tapi rasanya tidak membosankan. Udaranya sejuk dan pemandangannya bagus, jadi betah untuk berlama-lama disini," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES