Wisata

Wisata Kuliner Halal di Taman Valkenet Malabar Bandung

Senin, 12 Desember 2022 - 16:10 | 37.34k
Destinasi wisata Kuliner Halal Aman Sehat (KHAS), di Taman Valkenet Malabar, Jalan Malabar Kecamatan Lengkong. (Foto: Humas Bandung)
Destinasi wisata Kuliner Halal Aman Sehat (KHAS), di Taman Valkenet Malabar, Jalan Malabar Kecamatan Lengkong. (Foto: Humas Bandung)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Kota Bandung kini memiliki destinasi wisata Kuliner Halal Aman Sehat (KHAS), di Taman Valkenet Malabar, Jalan Malabar Kecamatan Lengkong.

Kawasan wisata kuliner halal ini bisa menjadi rekomendasi warga Bandung maupun luar kota untuk menjajal ragam makanan produk UMKM yang sudah memiliki sertifikasi halal dari lembaga Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Advertisement

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan langsung destinasi wisata kuliner halal ini.

Yana menyebut kawasan KHAS di Taman Valkenet merupakan salah satu destinasi unggulan yang belum dimiliki Kota atau Kabupaten lainnya. Ia pun merasa bersyukur atas diresmikannya destinasi wisata kuliner halal ini.

“Alhamdulillah di Taman Malabar kita bisa wujudkan kawasan Kuliner Halal Aman Sehat atau KHAS,” ujar Yana, Senin (12/12/2022).

Kendati demikian, ia menyebut peresmian kawasan ini bukan dalam rangka Bandung menjadi ‘kota halal’. Akan tetapi peresmian ini merupakan upaya Pemkot Bandung untuk memfasilitasi para pelaku UMKM.

Destinasi-wisata-Kuliner-Halal-Aman-Sehat-a.jpgAcara peresmian destinasi wisata Kuliner Halal Aman Sehat (KHAS), di Taman Valkenet Malabar, Jalan Malabar Kecamatan Lengkong. (Foto: Humas Bandung)

Selain itu, hadirnya kawasan KHAS ini juga bisa lebih memudahkan wisatawan yang memang sedang berburu wisata halal tanpa perlu merasa kuatir akan produk kuliner yang diburunya.

“Secara teknis kalau para pelaku UMKM di kawasan ini terbiasa menjual produk halal, kan otomatis lebih memudahkan mereka saat nanti ada sertifikasi halal. Kita juga memantau terus perkembangan kawasan ini,” ungkapnya.

Sertifikat Halal juga menjadi tolak ukur wisatawan muslim bahwa makanan dan minuman yang mereka konsumsi dijamin kehalalan baik terkait bahannya, pengelolaannya, maupun penyajiannya.

Lebih jauh, pada perkembangannya, kehalalan tersebut bukan hanya lagi mengenai budaya atau agama, akan tetapi sudah menjadi bagian dari pasar global untuk memperluas segmentasi pasar consumer khususnya di bidang wisata kuliner.

Ia juga berharap, hadirnya destinasi KHAS dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung pasca pandemi Covid-19. Apalagi saat ini perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bandung sudah relatif sangat terkendali.

Destinasi-wisata-Kuliner-Halal-Aman-Sehat-b.jpgWali Kota Bandung, Yana Mulyana, saat peresmian kawasan wisata Kuliner Halal Aman Sehat (KHAS), di Taman Valkenet Malabar, Jalan Malabar Kecamatan Lengkong. (Foto: Humas Bandung)

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Atet Dedi Handiman menyebut, kawasan PKL Taman Valkenet Malabar merupakan lokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) binaan kolaborasi dari Pemkot Bandung dengan PT. Mayora Indah Tbk dan telah diresmikan pada 8 September 2018 silam dengan jumlah PKL kuliner sebanyak 18 orang.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan perlindungan konsumen, menambah rasa nyaman dan aman terutama bagi para wisatawan, meningkatkan perekonomian pelaku UKM (dalam hal ini Pedagang Kaki Lima). 

“Serta peningkatan kesadaran dan kepercayaan pada halal lifestyle di masyarakat Kota Bandung,” pungkasnya terkait adamya wisata kuliner halal di Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES