Wisata

Wulan Kapitu, Kawasan Gunung Bromo Ditutup, Ini Alternatif Bagi Wisatawan

Selasa, 13 Desember 2022 - 18:32 | 91.58k
Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)
Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Memasuki Wulan Kapitu atau bulan ketujuh dalam Kalender Suku Tengger, kawasan Gunung Bromo akan ditutup bagi wisatawan. Namun, ada beberapa obyek wisata di kawasan tersebut yang tetap bisa dikunjungi dengan kendaraan bermotor.

Obyek wisata di Kawasan Gunung Bromo yang tetap bisa dikunjungi dengan kendaraan bermotor saat memasuki Wulan Kapitu adalah Gunung Penanjakan, Bukit Kedaluh atau Bukit Kingkong, dan Bukit Cinta.

Advertisement

Sementara wisata di Kawasan Gunung Bromo yang tak boleh dikunjungi dengan kendaraan bermotor adalah Gunung Bromo, Kaldera Lautan Pasir, Padang Savana, dan Mentigen.

Batasan kunjungan wisata di kawasan Gunung Bromo tersebut, diumumkan Balai Besar Taman Nasional Gunung Bromo atau TNBTS dengan nomor PG.ID/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2022 tentang Pembatasan Kunjungan Wisata Alam dan Kegiatan Masyarakat pada Wulan Kapitu 2023.

Kebijakan itu didasarkan pada surat Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo pada 5 Desember lalu. Ditujukan kepada Kepala Balai Besar TNBTS, surat itu berisi permohonan penutupan kawasan Bromo.

Berdasarkan surat tersebut, Kaldera Tengger TNBTS ditutup dari kendaraan bermotor dengan batas-batas yang telah ditentukan, sesuai dengan surat Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo.

Dari arah Probolinggo, batasan bagi kendaraan bermotor sampai di Cemorolawang. Dari arah Pasuruan, batasan bagi kendaraan bermotor sampai di Pakis Bincil. Sedangkan dari arah Kabupaten Lumajang dan Malang, batas bagi kendaraan bermotor sampai di Jemplang.

Namun dalam kondisi darurat atau emergency, kawasan yang ditutup bagi kendaraan bermotor masih bisa dilewati.

Penutupan dilakukan pada awal dan akhir Wulan Kapitu dalam Kalender Suku Tengger. Awal Wulan Kapitu bertepatan dengan Jumat (23/12/2022). Sedangkan akhir Wulan Kapitu bertepatan dengan Sabtu (21/1/2023).

Penutupan dilakukan selama 24 jam penuh. Yakni mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB pada hari berikutnya.

Wulan Kapitu, Bulan Suci Suku Tengger

Dikutip dari media sosial resmi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Wulan Kapitu atau bulan ketujuh dalam Kalender Suku Tengger merupakan bulan yang disucikan.

Pada Wulan Kapitu ini, para sesepuh Suku Tengger melakukan “laku puasa mutih” selama sebulan penuh.

Laku puasa mutih pada Wulan Kapitu dalam Kalender Suku Tengger ini dilakukan untuk menahan perilaku atau sifat keduniawian dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan sang Maha Pencipta. Itulah ritual Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo pada Wulan Kapitu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES