Wisata

Tips Nyaman Liburan ke Wisata Terasering Panyaweuyan

Sabtu, 24 Desember 2022 - 08:21 | 56.05k
Lokasi objek wisata Terasering Panyaweuyan, Majalengka. (FOTO: Alonesia)
Lokasi objek wisata Terasering Panyaweuyan, Majalengka. (FOTO: Alonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Kunjungan wisata saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, diprediksi akan mengalami kenaikan. Agar tak terjadi kemacetan, polisi menyiapkan antisipasi, terutama pengaturan lalu lintas.

Jalur menuju objek wisata Terasering Panyaweuyan masih menjadi salah satu atensi. Sebab acapkali wisata yang ada di Kecamatan Argapura, Majalengka ini banjir pengunjung. Selain itu, bukan tanpa alasan mengapa jalur wisata Panyaweuyan jadi fokus.

Advertisement

Lokasi-objek-wisata-Terasering-Panyaweuyan-2.jpgLokasi objek wisata Terasering Panyaweuyan, Majalengka. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

Hal ini antaran jalan menuju wisata Terasering Panyaweuyan memang kecil. Jika mobil berpapasan harus menunggu salah satu lewat, karena jalan yang sempit. Di sisi bahu jalan terdapat jurang dan lembah yang terjal.

Untuk itu, pengendara mobil harus hati-hati melewati jalan ini. Meski jalannya sempit, tapi tetap memadai. Karena kawasan ini ditata sebagai jalan desa, bukan jalan kota.

Jalur Objek Wisata Terasering Panyaweuyan Diberlakukan Sistem Satu Arah

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan pada libur Nataru di Kabupaten Majalengka, beberapa rekayasa disiapkan. Khususnya di objek wisata Terasering Panyaweuyan.

"Untuk memperlancar arus lalu lintas menuju objek wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka. Kita akan memberlakukan sistem satu arah dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB," ujarnya, Sabtu (24/12/2022).

Pengunjung diimbau agar tidak berada di sekitar objek wisata Terasering Panyaweuyan, Kecamatan Argapura, Majalengka ini, setelah pukul 17.00 WIB.

"Semoga apa yang kita upayakan ini bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan," harap Edwin.

Daya Tarik Objek Wisata Terasering Panyaweuyan

Lokasi objek wisata Terasering Panyaweuyan ini terdapat di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Di lokasi ini, anda dapat melihat bukit dan lembah menghampar kebun daun bawang yang disusun secara berundak-undak.

Lokasi ini berada 2000 meter di atas permukaan laut. Hamparan tanaman sayuran di sekitar bukit memberikan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Ditambah, suasana di kawasan ini sangat sejuk khas pegunungan.

Terlebih diatas bukit juga terdapat fasilitas Mushola yang terlihat cantik dan mungil. Sehingga membuat pengunjung bisa tambah kerasan dan betah. Selepas beribadah shalat, pengunjung wisata Terasering Panyaweuyan bisa melepas penat di emperan mushola. 

Pemandangan semakin menakjubkan karena dapat melihat Gunung Ciremai yang berdiri di antara Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Maka tidak salah kalau kawasan ini menjadi wisata favorit untuk menghabiskan liburan bersama keluarga dan dengan orang terkasih.

Waktu Terbaik Mengunjungi Objek Wisata Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan juga merupakan lokasi yang cocok untuk melihat matahari terbit maupun tenggelam. Waktu yang cocok untuk mengunjungi Terasering Panyaweuyan adalah pertengahan bulan Desember.

Dimana tanaman sudah mulai hijau. Karena, petani sudah mulai menanam bawang pada bulan November. Ketika pertama kali melihat kawasan terasering itu, yang ada dalam pikirannya adalah keindahan ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa.

Sepanjang mata memandang, tampak keindahan alam yang luar biasa. Kalau dilihat kawasan ini seperti melihat bukit teletubbies, indah, hijau dan berbukit-bukit menakjubkan.

Jarak Tempuh Menuju Objek Wisata Terasering Panyaweuyan

Untuk menuju kawasan wisata Terasering Panyaweuyan sendiri, anda bisa menggunakan mobil atau motor. Jaraknya sekitar 15 Km dengan waktu tempuh antara 40-45 menit dari pusat Kota Majalengka.

Nah, bagi anda yang hendak liburan Nataru di Kabupaten Majalengka. Objek wisata Terasering Panyaweuyan bisa menjadi salah satu rekomendasi yang sangat cocok untuk menghilangkan penat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES